Yang Menjadi Salah Satu Penyebab Pencemaran Tanah Adalah

Yang Menjadi Salah Satu Penyebab Pencemaran Tanah Adalah

Penyebab dari Pencemaran Tanah –
Tanah termasuk ke dalam komponen abiotik dari lingkungan. Dilansir dari laman Wikipedia, komponen abiotik merupakan segala yang tidak bernyawa seperti tanah, udara, air, iklim, kelembaban, cahaya, hingga bunyi. Ketika terjadi pencemaran tanah maka secara tidak langsung juga akan mengganggu keseimbangan lingkungan alam.

Pencemaran tanah adalah kondisi di mana lingkungan tanah alami berubah karena disebabkan oleh bahan kimia buatan manusia yang masuk ke dalam tanah, baik itu di permukaan tanah ataupun di bawah tanah. Pencemaran yang masuk ke tanah dan mengendap, maka akan berubah menjadi zat beracun di tanah. Zat beracun di tanah tersebut dapat berdampak langsung terhadap manusia jika bersentuhan.

Ada berbagai hal yang menjadi penyebab dari pencemaran tanah, salah satunya ialah limbah industri. Sebelum masuk ke apa saja faktor penyebab pencemaran tanah, kita akan membahas apa saja dampak pencemaran tanah terlebih dahulu. Ketika pencemaran tanah terjadi, maka bisa menyebabkan berbagai kerugian.

Faktor penyebab dari pencemaran tanah, Sumber: adjar.grid.id
Faktor penyebab dari pencemaran tanah, Sumber: adjar.grid.id

Akibat Pencemaran Tanah

Jika terjadi pencemaran tanah, maka tentu saja berbagai dampak yang akan terjadi. Berikut beberapa akibat yang akan ditanggung bila sudah terlanjur terjadi pencemaran tanah.

1. Mengganggu Kesehatan

Jangan sampai lengah, pencemaran tanah yang terjadi dapat mengakibatkan gangguan kesehatan bagi manusia. Misalnya saja seperti kerusakan ginjal, hati, penyakit kronis, dan penyakit lainnya. Hal ini bisa disebabkan dari ketidaksengajaan menghirup gas dari tanah yang telah tercemar.

2. Menurunkan Hasil Pertanian

Dampak dari pencemaran tanah selanjutnya ialah dapat menurunkan hasil pertanian. Akibat dari tanah yang rusak akibat terkontaminasi limbah, banyak tanaman yang kekurangan nutrisi. Gagal panen menjadi salah satu dampak dari pencemaran tanah ini. Selain itu, tanaman budidaya menjadi cepat kering dan menguning.

Baca juga: Mengelola Sampah Rumah Tangga, Bagaimana Caranya?

3. Menurunkan Tingkat Kesuburan Tanah

Pencemaran tanah yang terjadi terus-menerus tanpa ada upaya untuk mengatasinya, lama-kelamaan akan menurunkan tingkat kesuburan tanah. Semakin lama kondisi tanah akan rusak, sehingga tidak bisa lagi digunakan untuk bercocok tanam. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui penyebab dari pencemaran tanah supaya dapat mencegah hal-hal ini.

Baca Juga:  Cfc Merupakan Sumber Polutan Pada Pencemaran

4. Memicu Pencemaran Lain

Pencemaran tanah juga dapat memicu timbulnya pencemaran lingkungan yang lain, seperti pencemaran udara dan air. Perlu Anda ketahui bahwa di bagian bawah tanah tersimpan cadangan air. Jika tanah mengalami pencemaran, maka secara otomatis air yang ada di bawah tanah tersebut juga mengalami pencemaran. Selain itu gas-gas dari pencemaran tanah yang dibuang ke udara, nantinya juga akan menyebabkan pencemaran udara.

Gagal panen akibat dari pencemaran tanah, Sumber: gatra.com
Gagal panen akibat dari pencemaran tanah, Sumber: gatra.com

Penyebab dari Pencemaran Tanah

Ada berbagai faktor yang bisa menjadi penyebab dari pencemaran tanah. Supaya pencemaran tidak menjadi semakin parah, Anda perlu mengetahui apa saja yang menjadi penyebab terjadinya pencemaran tanah. Berikut beberapa faktor yang menyebabkannya.

1. Limbah Industri

Limbah industri ini merupakan salah satu penyebab pencemaran tanah. Mulai dari industri kecil hingga industri besar, dapat menjadi penyebab pencemaran tanah. Setiap proses pengolahan yang terjadi di pabrik industri ini akan menghasilkan limbah. Apabila limbah industri tersebut tidak dikelola dengan baik, maka nantinya akan menyebabkan pencemaran.

Apapun itu jenis industrinya, jika pengolahan limbah atau sampahnya tidak baik nantinya tetap akan menyebabkan pencemaran tanah. Baik itu dari industri wisata, industri pakaian, atau industri yang lainnya.

2. Limbah Rumah Tangga

Selain limbah industri, limbah rumah tangga juga bisa menjadi penyebab dari pencemaran tanah. Air bekas cucian piring ataupun pakaian apabila dibuang ke tanah, tanah tersebut akan terkontaminasi. Jika dibiarkan terus-menerus, limbah deterjen tersebut akan semakin menumpuk. Pada akhirnya nanti akan semakin kecil kemungkinan organisme pengurai dapat hidup.

Baca juga: Manfaat Membersihkan Sungai (Cintai Lingkungan)

3. Penggunaan Pupuk Kimia dan Pestisida Berlebihan

Penggunaan pupuk kimia dan cairan pestisida yang berlebihan dapat mengikis unsur hara alami yang ada di tanah. Jika terus dibiarkan hal tersebut dapat menyebabkan tanaman gagal berkembang dan merusak tanah. Tanah yang sudah rusak akan susah bahkan tidak bisa untuk digunakan sebagai media bercocok tanam lagi.

Baca Juga:  Jelaskan Perbedaan Interaksi Dalam Komunitas Dengan Interaksi Dalam Ekosistem

4. Penggundulan Hutan

Penggundulan hutan dapat membuat lahan menjadi kering, dan nantinya tanah yang kering tersebut tidak akan bisa lagi menjadi tanah yang subur. Jika tanah sudah kering dan tidak bisa lagi menjadi subur, maka akan menimbulkan berbagai masalah yang serius.

5. Bencana Alam

Untuk faktor penyebab pencemaran tanah yang satu ini bukanlah ulah dari manusia. Meski begitu, bencana alam juga bisa membuat tanah tercemar, misalnya saja seperti banjir dan gunung meletus. Secara tidak langsung, akibat dari bencana tersebut berpengaruh terhadap kondisi tanah.

6. Sampah Plastik

Sampah plastik juga dapat menjadi masalah bagi kesuburan tanah. Apalagi di Indonesia sendiri sampah plastik ini masih menjadi permasalahan serius yang perlu ditangani. Semua pihak perlu turun langsung untuk mengendalikan sampah plastik, termasuk kita sebagai masyarakat yang menginginkan lingkungan yang sehat.

Salah satu penyebab pencemaran tanah adalah limbah industri, Sumber: sehatq.com
Salah satu penyebab pencemaran tanah adalah limbah industri, Sumber: sehatq.com

Cara Mengatasi Pencemaran Tanah

Setelah mengetahui apa saja yang menjadi faktor penyebab dari pencemaran tanah, sekaran Anda perlu mengetahui apa saja solusi dari pencemaran tanah tersebut. Ada beberapa langkah yang bisa Anda terapkan untuk mengurangi terjadinya pencemaran tanah di bumi tercinta ini. Berikut beberapa solusi yang bisa Anda terapkan untuk mengurangi pencemaran tanah:

  • Mengurangi penggunaan plastik dan beralih menggunakan berbagai produk yang lebih ramah lingkungan.
  • Membuang sampah ke tempat pembuangan yang telah disediakan dan menghindari membuang sampah ke tanah.
  • Menggunakan pupuk yang lebih ramah lingkungan, misalnya saja seperti pupuk kompos.
  • Melakukan remediasi yang bertujuan untuk memecah maupun mendegradasi zat pencemar serta dijadikan sebagai bahan yang tidak beracun, atau bisa juga untuk mengurangi kadar racun yang ada seperti karbon dioksida.
  • Melakukan bioremediasi yang bertujuan untuk mengurangi polutan yang ada pada suatu lingkungan.
  • Jangan lupa untuk melakukan kegiatan reboisasi yang berguna untuk menjaga lingkungan dari pencemaran tanah.
  • Lakukan sistem 3R yaitu
    Reduce, Reuse, Recycle. Anda bisa mengurangi penggunaan produk-produk yang tidak ramah lingkungan, gunakanlah kembali produk yang bisa dipakai ulang, serta mendaur ulang produk-produk yang dapat didaur ulang.
Baca Juga:  Berikut Ini Beberapa Upaya Untuk Mengatasi Pencemaran

Itulah tadi informasi yang telah PT Eticon Rekayasa Teknik sampaikan mengenai akibat, penyebab, serta solusi dari pencemaran tanah. Mari mulai cintai lingkungan dari hal-hal yang mudah terlebih dahulu, misalnya saja dengan menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan. Kita bisa membangun masa depan yang lebih cerah dengan bumi yang sehat dan lingkungan yang bebas dari pencemaran.

Yang Menjadi Salah Satu Penyebab Pencemaran Tanah Adalah

Source: https://eticon.co.id/penyebab-dari-pencemaran-tanah/

About Merry Rianna