7 Tips Untuk Usaha Kos-Kosan Ini Perlu Dipraktikkan secara Tepat

Usaha Kos-Kosan – Tidak dapat dimungkiri bahwa tujuan utama dari beberapa orang dalam memutuskan untuk mencoba usaha baru adalah aspek keuntungan yang banyak.

Salah satu contoh usaha yang dapat memberikan keuntungan yang banyak adalah usaha kos-kosan yang semakin marak pada masa sekarang. Hanya saja, usaha ini memerlukan persiapan yang matang sejak awal.

Usaha Kos-Kosan

Secara garis besar, persiapan untuk jenis usaha ini hampir sama seperti jenis usaha lainnya mulai dari persoalan modal hingga promosi. Hanya saja, setiap calon pemilik usaha ini perlu memperhatikan dengan lebih teliti terkait dengan pemilihan lokasi dan fasilitas yang dipakai. Jika ingin tahu secara detail, maka ketahui beberapa tips berikut:

1. Melakukan Riset Terkait Lokasi

Hal pertama yang perlu diperhatikan dan dilakukan secara teliti sejak awal adalah melakukan riset sederhana sebelum menentukan lokasi yang dipakai. Salah satu aspek yang dapat dijadikan sebagai pertimbangan utama sebelum memilih lokasi adalah jarak dari lokasi sekolah ataupun universitas terdekat. Pilih lokasi yang dekat dari tempat makan atau toko sembako.

2. Menyiapkan Modal Sesuai Kebutuhan

Selanjutnya, hal yang perlu dilakukan adalah melakukan perhitungan secara sederhana terkait berapa jumlah uang yang perlu dikeluarkan sebagai modal usaha. Walaupun begitu, untuk persoalan modal, setiap calon pengusaha sebenarnya dapat menyesuaikan dengan kebutuhan atau jumlah uang total masing-masing yang dimiliki. Selain itu, usahakan untuk membuat rincian tentang pengeluaran untuk usaha.

3. Mencoba Desain yang Unik

Salah satu aspek yang tidak kalah penting untuk dipikirkan dan disiapkan sejak awal untuk usaha kos-kosan adalah persoalan desain. Tidak dapat dimungkiri bahwa desain memiliki peran yang penting sebagai bahan pertimbangan utama sebelum memutuskan untuk memilih kos yang tepat. Selain itu, munculkan karakteristik dari kos agar semakin menarik pelanggan.

Baca Juga:  5 Hal Penting dalam Usaha Bebek Petelur yang Perlu Diketahui

4. Menentukan Fasilitas yang Dipakai

Jika memiliki rencana untuk memulai jenis usaha seperti kos-kosan, maka perlu memikirkan pula apa saja fasilitas yang akan ditawarkan. Oleh karena itu, sebaiknya pilih fasilitas yang dapat dikategorikan sebagai fasilitas untuk setiap kamar dan fasilitas yang dapat dinikmati bersama. Misalnya, tambahkan mesin cuci, kulkas, dan dapur sebagai fasilitas bersama.

5. Menawarkan Harga Sesuai Fasilitas

Sementara di sisi lain, jika memiliki rencana untuk menyediakan kamar kos dengan fasilitas yang berbeda-beda, maka siapkan harga yang ditawarkan. Pada jenis usaha kos-kosan ini, harga yang ditawarkan harus dibedakan terutama berdasarkan pada fasilitas yang dimiliki dalam kamar. Kamar berkamar mandi dalam tentu saja berbeda dengan berkamar mandi luar.

6. Melakukan Promosi Secara Online

Jika setiap persiapan mulai dari pemilihan lokasi, fasilitas, desain, hingga rencana penawaran harga sudah siap, maka silakan melakukan proses promosi. Promosi sebenarnya dapat dilakukan melalui dua metode yaitu secara offline melalui brosur ataupun metode lainnya secara online melalui sosial media. Namun promosi secara online memiliki peluang yang lebih besar sekarang.

7. Mengutamakan Kebersihan dan Kenyamanan

Terakhir, jika promosi sudah dilakukan dan telah memiliki beberapa pelanggan baru, maka terdapat aspek yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Aspek tersebut berkaitan dengan pelayanan sehari-hari yang dilakukan untuk setiap pelanggan kos yang perlu mementingkan kenyamanan dan kebersihan kos. Walaupun begitu, sebaiknya siapkan petugas kebersihan dan penjaga kos secara khusus.

Pada masa sekarang, memilih untuk memulai jenis usaha kos-kosan dapat dikatakan sebagai usaha yang dapat mendatangkan keuntungan yang banyak. Walaupun begitu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan secara teliti seperti beberapa tips yang dijelaskan di atas. Ada yang berkaitan dengan lokasi dan ada terkait dengan proses promosi.

Baca Juga:  Mencari Cara Mendapatkan Bantuan Modal Usaha dari Baznas

 

About Merry Rianna