Untuk Membersihkan Benda Benda Kotor Kita Menggunakan Air

Untuk Membersihkan Benda Benda Kotor Kita Menggunakan Air

Rumah yang tampak bersih dan rapi belum tentu benar-benar bebas dari kuman jika cara membersihkan rumah tidak dilakukan dengan tepat. Pasalnya, ada beberapa benda yang sekilas terlihat bersih meski sebenarnya rentan menjadi sarang kuman.

Keberadaan kuman di rumah memang sulit dihindari. Meskipun telah dibersihkan, kuman masih dapat tertinggal dan menempel di berbagai tempat atau sela perabotan rumah. Kuman juga dapat berkembang biak dengan sangat cepat dan bahkan tak kasat mata.

Cara Membersihkan Rumah sesuai Jenis Benda

Terkadang, ada beberapa benda di rumah yang tampak tidak kotor saat dilihat sekilas, sehingga tidak dibersihkan. Padahal jika tidak dibersihkan, benda-benda ini bisa menjadi sarang kuman berkembang biak.

Berikut ini adalah beberapa jenis benda yang bisa menjadi sarang kuman dan perlu Anda perhatikan saat membersihkan rumah:

1. Saklar lampu dan gagang pintu

Saklar lampu dan gagang pintu termasuk benda di dalam rumah yang paling sering disentuh. Sayangnya, kedua benda ini sering kali terlewat untuk dibersihkan. Hal ini bisa menyebabkan kuman bertahan lebih lama dan menumpuk pada saklar lampu dan gagang pintu.

Guna mencegah penumpukan kuman, Anda disarankan membersihkan saklar lampu dan gagang pintu dengan lap yang telah diberikan sedikit cairan disinfektan seminggu sekali.

2. Bak dan spons cuci piring

Peralatan dapur, terutama bak dan spons cuci piring, kerap menjadi tempat berkumpulnya kuman. Tak hanya karena lembap, sisa makanan yang tertinggal juga dapat mempercepat tumbuhnya bakteri pada bak dan spons cuci piring.

Agar tidak menjadi sarang kuman, Anda perlu membersihkan bak cuci piring dengan cara menyikatnya 2 kali seminggu menggunakan 1 liter air yang telah dicampurkan 1 sendok makan pemutih.

Untuk membersihkan spons, Anda dapat merendamnya dalam air yang telah dicampurkan cairan pemutih selama 5 menit. Anda juga bisa memanaskan spons di dalam microwave selama 1 menit untuk membunuh kuman.

Baca Juga:  Bahan Yang Digunakan Untuk Mengukir Adalah

Namun, pastikan spons dalam keadaan basah sebelum memanaskannya agar tidak terbakar di dalam microwave.

3. Bak mandi

Beragam jenis kuman, seperti bakteri, jamur, dan protozoa, dapat bertahan hidup di tempat penampungan air, seperti bak mandi, dan menyebabkan dindingnya menjadi licin.

Jika digunakan, air bak mandi yang telah terkontaminasi kuman tersebut bisa menyebabkan terjadinya masalah kesehatan, seperti iritasi kulit, iritasi mata, atau bahkan diare saat tidak sengaja terminum. Bak mandi yang jarang dibersihkan juga bisa menjadi sarana nyamuk demam berdarah untuk berkembang biak.

Oleh karena itu, Anda disarankan membersihkan bak mandi dengan cara mengurasnya seminggu sekali. Bila perlu, gunakan juga cairan disinfektan untuk menyikat dinding bak mandi agar lebih bersih.

4. Mesin cuci

Benda di rumah selanjutnya yang kerap terlewat untuk dibersihkan adalah mesin cuci. Tak jarang mesin cuci langsung dimatikan setelah selesai digunakan. Padahal, kebiasaan tersebut dapat membuat mesin cuci menjadi tempat kuman berkembang biak.

Untuk mencegah hal tersebut, bersihkan dinding bagian dalam mesin cuci dengan lap yang telah diberikan cairan disinfektan setiap kali selesai digunakan.

Bila memungkinkan, gunakan juga air hangat untuk mencuci baju di dalam mesin cuci. Tak hanya menjaga mesin cuci tetap bersih, penggunaan air hangat juga dianggap lebih efektif untuk membunuh kuman yang menempel di pakaian kotor.

Saat membersihkan benda-benda di atas, Anda disarankan menggunakan masker untuk mencegah terhirupnya debu atau kuman ke dalam mulut dan hidung. Anda juga harus mencuci tangan dengan sabun setelah membersihkan rumah guna mencegah risiko berpindahnya kuman dari tangan ke dalam mulut.

Namun, jika Anda mengalami keluhan setelah membersihkan rumah dari kuman, seperti bersin, hidung tersumbat, mata bengkak, tenggorokan terasa gatal, atau mengi, periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga:  Warna Kerudung Yang Cocok Untuk Baju Warna Peach

Untuk membersihkan benda benda kotor kita menggunakan air

Untuk membersihkan benda benda kotor kita menggunakan air

Lihat Foto

Ilustrasi.

KOMPAS.com –
Kamar mandi adalah salah satu ruangan yang setiap hari kita kunjungi. Ternyata, benda-benda yang sering kita gunakan di kamar mandi, menyimpan kuman berbahaya. Berikut daftar benda paling kotor di kamar mandi, beserta cara membersihkannya.

1. Tempat sikat gigi

Dianggap sebagai benda paling kotor dibandingkan seluruh benda di kamar mandi. Pasalnya, tempat sikat gigi penuh dengan kuman. Kuman ini tidak hanya berasal dari sikat gigi, tetapi juga karena tempat sikat gigi biasanya diletakkan di luar lemari, maka bakteri dari area lain dalam kamar mandi, mudah singgah.

Cara membersihkannya:
Anda dapat membersihkannya sekali seminggu dengan mesin pencuci untuk membunuh kuman. Selain itu, Anda bisa menggunakan air hangat dan sabun. Untuk menjaganya tetap bersih, seka tempat sikat gigi dengan tisu disinfektan minimal dua kali seminggu.

2. Toilet

Benda terkotor kedua di kamar mandi adalah toilet. Bagaimanapun juga, toilet menyimpan banyak kuman, dan juga menyebarkannya ke seluruh ruangan kamar mandi, terutama pada dudukan toilet. Saat Anda menyiram, air yang mengalir menciptakan aerosol dan cipratannya memindahkan kuman dari dudukan toilet ke lantai, handuk, dinding, keran, dan bahkan tempat sikat gigi.

Cara membersihkannya: Saat menyiram, turunkan penutup toilet. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi penyebaran kuman dari toilet.

3. Keset

Jika Anda tidak menggantung keset untuk mengeringkannya setelah digunakan, maka area yang hangat dan basah dari keset menjadi titik sempurna bagi jamur untuk berkembang.

Cara membersihkannya: Semua keset dari karet dapat dicuci menggunakan mesin cuci atau direndam dalam pemutih yang dicampur air. Anda juga dapat mencuci keset dari karet dengan campuran air dan cuka. Keset lainnya harus dicuci sekali dalam seminggu dan benar-benar dikeringkan untuk menjaga bakteri dan jamur bersarang di ujungnya.

Baca Juga:  Modal Utama Untuk Meraih Kesuksesan Diantaranya Adalah

4. Kepala pancuran

Studi yang dilakukan oleh University of Colorado menunjukkan bahwa kepala pancuran dapat menjadi tempat berkembang biak bagi biofilm atau bakteria tipis yang melekat pada permukaan. Bakteri ini dapat mengontaminasi air yang keluar dari pancuran.

Cara membersihkannya: Rendam kepala pancuran dalam air hasil penyulingan setiap malam, kemudian bilas dengan air dingin.

5. Keran dan pembuka keran

Di samping toilet, bakteri juga dapat muncul dari keran. Keran adalah area yang paling banyak disentuh di dalam kamar mandi. Orang-orang menyentuh pembuka keran sebelum mereka mencuci tangan mereka. Hal ini membuat bakteri yang berbahaya menempel di permukaannya.

Untuk membersihkan benda benda kotor kita menggunakan air

Untuk membersihkan benda benda kotor kita menggunakan air

Lihat Foto

www.mymove.com

Ilustrasi kamar mandi.

KOMPAS.com
– Kamar mandi merupakan salah satu ruangan di dalam rumah yang setiap hari kita kunjungi.

Ternyata, benda-benda yang sering kita gunakan di kamar mandi menyimpan begitu banyak kuman berbahaya.

Hal ini tentu akan mempengaruhi kesehatan setiap orang yang menggunakannya jika tidak dibersihkan dengan baik.

Berikut ini benda paling kotor di kamar mandi yang harus Anda bersihkan:

1. Dudukan toilet

Untuk membersihkan benda benda kotor kita menggunakan air

Untuk membersihkan benda benda kotor kita menggunakan air

Lihat Foto

goodhousekeeping.com

Dudukan toilet.

Tak dapat dimungkiri, dudukan toilet merupakan benda paling kotor di kamar mandi dan menyimpan banyak kuman di dalamnya.

Saat Anda menyiram setelah digunakan, air yang mengalir akan menciptakan aerosol dan cipratannya dapat memindahkan kuman dari dudukan toilet ke lantai, handuk, dinding, keran, serta wadah sikat gigi.

Oleh karena itu, saat menyiram, turunkan penutup toilet. Dengan begitu, Anda dapat meminimalisir penyebaran kuman dari toilet.

2. Wadah sikat gigi

Untuk membersihkan benda benda kotor kita menggunakan air

Untuk membersihkan benda benda kotor kita menggunakan air

Lihat Foto

nymag.com

Wadah sikat gigi.

Selain dudukan toilet, wadah sikat gigi juga menyimpan banyak kuman berbahaya.

Untuk Membersihkan Benda Benda Kotor Kita Menggunakan Air

Source: https://toptenid.com/untuk-membersihkan-benda-benda-kotor-kita-menggunakan-air

About Merry Rianna