Udang vaname merupakan salah satu variasi udang air tawar yang menjadi komoditas dengan nilai yang sepan besar. Kerumahtanggaan satu tahun, penjualan udang vaname dapat mencapai setakat 3,6 triliun rupiah. Membudidayakan udang vaname memang terbantah menguntungkan. Doang, ki ajek saja ada tantangannya pelecok satunya udang vaname mengambang.

Urang vaname yang mengambang mendandakan bahwa cak semau suatu ki aib nan akan menghentikan perkembangannya hingga bisa membuat mati. Karena itu, ebi vaname yang mengambang enggak dapat disepelekan.

Karenanya perlu langkah yang tepat cak bagi mengantisipasi benur mengambang dikolam, tentu peristiwa ini bisa menjadi anju pencegahan.


1. Penyebab Udang Vaname Mengambang

Anda harus mencari penyebab urang vaname mengambang terlebih adv amat karena ada banyak sekali situasi nan bisa menyebabkannya. Secara umum, udang vaname yang mengambang disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:


Kualitas Air Kolam


Penyebab utama nan menciptakan menjadikan ebi vaname mengambang adalah mereka lain bisa sukma di dalam air nan anda sediakan. Kualitas air kolam silam berkarisma terhadap kesehatan udang rebon vaname karena dari sinilah mereka dahulu dan hidup.

  • Hasil riset menunjukkan bahwa terserah lima penanda n domestik menentukan kualitas air tambak bagi udang vaname, yaitu klorofil-a, MPT, suhu permukaan, salinitas, dan kas dapur oksigen.
  • Seperti zat klorofil puas tanaman, klorofil-a juga merupakan suatu zat klorofil semenjak tanaman laut yang akan membuat organisme laut mendapatkan banyak vitamin. Dengan adanya zat yang satu ini, total plankton privat air akan meningkat sehingga membusut makanan bakal ebi.
  • MPT atau muatan partikel tersuspensi merupakan zat padat nan suka-suka di dalam air, termuat tanah, luluk, dan organisme itu sendiri. MPT ini merupakan ukuran terjadinya reaksi kimia di dalam air dan dapat mengganggu sistem produksi udang vaname.
  • Penelitian sudah menemukan bahwa master permukaan air memiliki pengaruh terhadap metabolisme urang vaname. Hal ini pula bisa mewujudkan udang vaname mengambang karena metabolisme nan enggak benar.
  • Tingkat garam atau sanilitas memiliki pengaruh terhadap kelangsungan hidup udang vaname. Semakin tinggi sanilitas, semakin bagus pula kualitas hidup udang vaname.
  • Sedangkan kandungan oksigen terkandung dalam air pula sangat berwibawa terhadap kualitas hidup urang vaname. Sonder oksigen, udang rebon vaname tidak akan mempunyai umur yang panjang.
Baca Juga:  Penyakit Berak Putih Pada Udang Vaname: Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi


Kesehatan Ebi Vaname

serangan penyakit udang vaname

Udang vaname nan tertumbuk pandangan suka mengambang juga bisa disebabkan oleh masalah kesehatan udang itu koteng. Urang vaname juga yaitu fauna yang bisa terserang penyakit.

Ada banyak sekali penyakit yang boleh menginfeksi udang vaname dengan gejala yang berbeda-selisih, mulai dari berat pinggul berputar atau lebih suka mengambang sampai kematian.

Penyakit pada benur vaname boleh disebabkan makanya bakteri dan virus. Infeksi bakteri plong udang vaname akan menyebabkan penyakit Early Mortality Syndrome atau EMS dan White Feces Disease atau WFD.

Gejala penyakit EMS dapat dikenali dengan mengaram putaran pencernaan udang vaname. Masalah yang disebabkan makanya bakteri vibrio parhaemolyticus ini akan membuat pencernaan udang vaname terlihat kosong, kulit pucat kesi, hingga kulit yang melunak.

WFD atau White Feces Disease akan membuat urang vaname terlihat mengeluarkan kotoran yang bercat jati dengan sistem pencernaan nan rusak. Keburukan ini mewujudkan benur vaname tidak bisa berjalan di dalam kolam dan terdesak mengambang.

Kebobrokan lainnya pada udang vaname yang disebabkan maka dari itu virus merupakan Infectious Myonecrosis Virus ataupun IMNV, White Spot Syndrome Virus atau WSSV, Taura Syndrome Virus ataupun TSV, dan Infectious Hypodermal and Hematopoetic Necrosis atau IHHNV.

Penyakit IMNV bisa dilihat dari fisik udang yang menjadi putih, sedangkan bagian suku dan ekor menjadi sedikit kemerahan. Perubahan warna tersebut membentuk kaki udang menjadi rewel.

WSSV boleh dia kenali dengan melihat tubuh udang yang muncul tutul-bintik salih kecil dikarapas. Udang juga terlihat tidak agresif makan karena penyakit ini.

Penyakit TSV akan takhlik jangat udang memutih dan muncul bercak berwarna hitam. Terakhir, penyakit IHHNV membuat otot udang rebon tidak bisa berfungsi dengan baik, terutama otot kaki.

Penanganan makin terhadap kualitas kesehatan ebi vaname, boleh Engkau lakukan dengan mengetahui secara lengkap
Penyakit Udang Vaname dan Cara Tanggulang.


Kondisi Guru

Suhu air dan kejadian sekitar dulu berwibawa terhadap insan atma nan tinggal di kerumahtanggaan air tersebut. Kondisi suhu air tersebut juga bisa mempengaruhi udang vaname. Salah suatu keadaan yang terpengaruh mulai sejak ebi vaname karena kondisi suhu adalah Sistem metabolisme.

Baca Juga:  Makanan Ikan Gabus Agar Cepat Besar: Jenis, Kandungan Nutrisi dan Penunjang Kualitas

Perubahan suhu nan terjadi secara tiba-start dapat membuat udang rebon vaname makara stress sehingga mengganggu kesehatannya. Peristiwa ini membuat urang vaname akan mengambang.


2. Cara Mengatasi Udang Vaname Mengambang

Ia harus segera mengatasi  udang vaname mengambang karena sangat berbahaya untuk kelangsungan hidup mereka dan boleh takhlik anda mengalami ketakberuntungan. Berikut ini adalah beberapa cara membereskan udang vaname mengambang nan dapat anda buat:


Tata Air Tambak

Pendirian mengatasi udang rebon vaname agar bukan mengambang pun yang bisa anda kerjakan pertama kali yakni melakukan manajemen air tambak dengan baik. Kualitas air lalu berarti buat udang vaname karena menjadi penyebab terdahulu berbagai problem.

Penyelenggaraan air yang baik akan menghasilkan air dengan kualitas yang baik lagi. Sira sudah lalu mengetahui takdirnya ada lima aspek dalam menentukan kualitas air empang. Cak semau pula ukuran untuk kelima aspek itu internal tabel berikut ini:


Selain mengatur parameter di atas, ada beberapa hal tak pula yang harus dia perhatikan. Anda harus memperhatikan kebersihan air tambak juga. Air tambak nan cemar akan membuat benur vaname mudah stress.


Pengaturan Transendental Pakan

Otoritas pola makan nan tepat lagi bisa mengatasi benur vaname yang mengambang. Karena itu, anda harus bisa mengatak pola pakan yang tepat kerjakan udang vaname.

Selain menguasai udang vaname mengambang, memberi pakan yang tepat kembali membuat keimunan udang vaname meningkat sehingga lebih abadi menandingi penyakit.

Bakal mengatak pola pakan yang tepat cak bagi udang vaname, anda harus mengerti kebutuhan nutrisi ternak nan satu ini terlebih suntuk.

Udang rebon vaname membutuhkan protein, legit, fruktosa, kalsium, dan fosfor. Anda bisa mengawasi atak kebutuhan nutrisi udang vaname privat tabel ini:


Udang vaname memang membutuhkan protein dalam besaran nan banyak untuk mewujudkan kulitnya yang keras. Selain itu, memenuhi kebutuhan kalsium dan fosfor dapat membentuk udang rebon vaname yang lebih afiat.


Memantau Kualitas Aerator

Aerator merupakan suatu alat yang berfungsi untuk memecahkan oksigen terlarut di privat air dan mendistribusikannya kepada udang vaname. Singkatnya, kualitas aerator bisa menciptakan menjadikan pasokan oksigen untuk benur vaname jadi bertambah banyak.

Ketika kandungan oksigen terlarut atau DO di internal air sangat banyak, udang vaname juga kian segak. Keadaan ini dapat membentuk udang vaname agar enggak mengambang juga.

Baca Juga:  Makanan Ikan Cupang: Jenis, Kandungan Nutrisi, Waktu Pemberian Hingga Pemberian Vitamin Ikan.

3. Faktor Penunjang Udang Vaname Lebih Bugar

Ada kejadian tak pun yang bisa mencium agar udang vaname menjadi lebih segak dan enggak gemar mengambang lagi. Memiliki udang rebon vaname yang sehat tentu menjadi impian banyak peternak karena akan menghasilkan untng yang banyak pula.


Pemilihan Jenis Pakan

Memilih varietas pakan yang tepat dapat kontributif hendaknya ebi vaname lebih sehat dan bukan mengambang lagi. Ada banyak pakan yang dapat anda berikan bakal urang vaname. Semata-mata, anda harus memberikan pakan yang sesuai dengan kebutuhan vitamin udang vaname.

Ada banyak sekali pakan yang sudah dibuat menyepadankan kebutuhan nutrisi berpokok udang vaname sehingga anda tidak perlu lagi membuat formula pakan sendiri.

Pemilihan tipe pakan nan sira lakukan tinggal menyepadankan ukuran pakan dengan ukuran mulut dan tampah udang. Semakin lautan udang, semakin besar pula ukuran pakan nan harus dia berikan.


Pengaplikasian Probiotik Urang Vaname

Prinsip lainnya nan dapat menunjang benur vaname menjadi lebih bugar yaitu mengasihkan suplemen alias probiotik. Anda boleh menerimakan suplemen organik cairan GDM spesialis kolam secara rutin kepada udang vaname.

suplemen organik cair gdm spesialis ikan 5ltr

Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan
mampu meningkatkan kekebalan sistem imun udang vaname dengan
Pelengkap Organik Enceran GDM Spesialis Perikanan.

Produk ini dapat merangsang pembentukan kekebalan badan. Sehingga udang rebon vaname lain mudah terserang penyakit akibat parasit, jamur dan bakteri. Manfaat
Komplemen Organik Hancuran GDM Spesialis Perikanan
ialah :

  • Menjaga kualitas air tambak
  • Mengoptimalkan plankton sebagai pakan alami ebi
  • Meningkatkan kekebalan udan terhadap serangan berbagai penyakit.
  • Menyetarafkan bibit penyakit dalam usus udang.
  • Meningkatkan kecernaan pakan dan daya serap nutrisi pakan.
  • Menggesakan panen dan menghemat pakan.

Ada dua cara pemberian
Suplemen Organik Larutan GDM Spesialis Perikanan
kepada benur vaname, yaitu untuk empang yang makin berpangkal 1 hektar dan balong nan tekor bermula 1 hektar.

  1. Langsung aplikasikan kedalam air balong dengan dosis 6 ml/m3 volume air tambak seminggu sekali
  2. Kemudian dicampurkan dengan pakan, dosis 10 ml/kg pakan

Udang vaname mengambang harus segera beliau atasi karena berpotensi menyebabkan kematian. Kematian udang vaname berarti kemalangan bakal anda.  Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan tim ahli perikanan kami secara GRATIS melalui kenop dibawah ini: