Pada keadaan protokoler, telur ayam akan mulai menetas pada hari ke 22. Saat itulah bibit ayam jago yang plonco berangkat lahir. Ada sesuatu yang riuk kalau telur ayam belum sekali lagi menetas setelah 22 hari.

Bagi operasi pembibitan ayam, telur ayam yang belum boleh menetas tidak hanya dipengaruhi oleh kondisi lingkungan kandang dan indukan yang tidak mau mengeram. Tapi dulu bisa dipastikan kualitas telur ayam juga dipengaruhi komposisi pakan maupun usia produktif mandung sreg umumnya.

Telur ayam sederhana menetas tentu akan berbahaya bakal ayam yang di dalamnya serta niaga piaraan ayam anda. Jika bibit ayam baru gagal menetas, anda pasti akan mengalami kerugian. Karena itu, sira harus memaklumi dan bisa mengatasi telur ayam nan bukan menetas.


1. Kenali Penyebab Telur Ayam aduan Bukan Menetas

Masa menetas telur ayam yang legal adalah minus terbit 22 hari. Jika telur ayam enggak lagi menetas momen sehabis 22 masa, maka sira harus berburu penyebabnya. Bilang kejadian ini bisa menyebabkan telur ayam tidak menetas:


Indukan Tidak Mau Mengerami

Penyebab telur ayam tak menetas pertama yang harus anda perhatikan adalah indukan ayam yang tak mau mengerami telurnya. Tujuan telur ayam harus dierami yakni bagi menjaga suhu sepatutnya tetap hangat.

  • Periode ayam mengerami telur yakni sekitar 21 periode. Terkadang suka-suka induk ayam aduan yang enggak mengerami telurnya dalam 21 hari tersebut. Ini akan membuat suhu telur ayam menjadi lebih dingin.
  • Terserah banyak penyebab ayam aduan tidak ingin mengerami hingga waktu telur ayam menetas, seperti ayam aduan mengikuti perilaku ayam lainnya dan ayam kehilangan vitamin tertentu. Induk ayam aduan nan kehabisan nutrisi tertentu, seperti mana kalsium, bahkan boleh menargetkan telurnya sendiri.
  • Kamu kembali harus mengawasi ciri-ciri ayam nan bukan mau mengerami telurnya koteng. Ayam yang tidak mau mengerami telurnya menunjukkan aturan nan kebingungan, makan lebih sedikit, dan sedikit lebih bernafsu.
Baca Juga:  Cara Membuat Tanah Subur Dalam Polybag


Suhu Kandang Bukan Normal

Suhu menjadi hal yang paling berpengaruh terhadap pertumbuhan telur ayam jantan. Sebuah riset sudah lalu menunjukkan bahwa suhu kandang habis berpengaruh terhadap pertumbuhan ayam di n domestik telur.


Umur Penyimpanan Telur Ayam jago

Umur penyimpanan telur ayam yang minus ideal juga menjadi hal yang menyebabkan telur ayam enggak menetas. Sebelumnya telah disebutkan kalau waktu penyimpanan telur ayam yang paling tepat adalah kehidupan 22 musim pada suhu yang tepat.

Penyimpanan telur yang paling cepat atau lama tentu membuat telur bukan akan bisa menetas. Selain itu, medan penyimpanan yang salah kembali menjadi penyebab telur ayam tidak bisa menetas.

Tempat penyimpanan yang tepat cak bagi mengerami telur ayam agar menetas adalah tempat nan tenang dan tenteram dari predator dengan suhu nan stabil setiap saat. Telur ayam juga harus diputar setiap beberapa jam sekali, minimal publik adalah setiap 3 sampai 4 jam sekali.


2. Faktor Penunjang Telur Ayam Menetas

Kerjakan membuat telur ayam menetas sreg waktunya, suka-suka beberapa faktor penunjang yang dapat membantunya. Sira harus mengekspor agar faktor penunjang berikut ini dapat masin lidah manfaatnya oleh emak ayam jantan alias telur yang semenjana dierami:


Menggunakan Mesin pengeram Bikinan

Kaidah mendukung inkubasi telur ayam yang dapat anda untuk mula-mula kali merupakan dengan memperalat mesin tetas telur tiruan. Seperti namanya, mesin tetas artifisial penting untuk menjaga telur hingga menetas.

Mesin pengeram bikinan punya pendirian kerja yang efisien untuk menjaga telur ayam, yaitu menjaga kelembapan, master, distribusi udara, dan pemutara telur secara otomatis. Keadaan ini bisa menciptakan menjadikan anda menghemat waktu dan tenaga untuk menggapil telur.

Supaya enggak hal yang paling berpengaruh, menjaga kelembapan seputar telur lagi berguna cak bagi menghasilkan sari ayam nan berkualitas. Kelembapan yang tepat kerjakan mengerami telur ayam jantan adalah sekitar 60% hingga 70%.

Dengan suhu yang cukup tinggi ketika membuat telur ayam menetas, tentu sulit menjaga kelengasan itu. Dengan mesin tetas buatan, dia boleh menjaga humiditas telur ayam mudah-mudahan taat tataran.

  • Menurut beberapa studi, temperatur minimum transendental untuk mengerami telur adalah seputar 37oC sampai 40udara murniC. Suhu yang stabil akan membantu pertumbuhan ayam jantan di dalam telur menjadi bertambah sehat.
  • Mesin tetas telur tiruan nan baik juga harus bisa menjaga revolusi awan yang baik dan mengarun telur setiap jam yang ditentukan.
  • Mandu kerja mesin pengeram buatan adalah dengan mengatur semua komponen yang diperlukan terlebih dahulu. Dalam mesin tetas tiruan terletak radas higrometer lakukan mengeset humiditas, thermostat buat mengatur temperatur, dan mesin pembalik telur secara faali.
  • Atur thermostat cak bagi mengeset temperatur selingkung 38oC dan higrometer untuk memastikan kelengasan selingkung 70%. Sebelum memasukkan telur ke dalam mesin, pastikan mesin tetas telur telah dalam keadaan bersih dan stelir.
  • Pada tahun pertama sebatas kelima anda memasukkan telur ke dalam mesin tetas, biarkan telur dalam posisi menjemukan dulu. Pron bila periode keenam, mulai atur pemutar telur secara otomatis setiap 3 jam sekali.
  • Puas hari ke 19, hapus mesin pemutar telur otomatis sehingga telur tidak perlu diputar juga. Pada hari ke 21 dan 22, telur ayam akan mulai menetas. Saat ayam mulai menetas, beliau dapat mengasingkan momongan ayam jago dari mesin tersebut.
  • Perhatikan bohlam mesin tetas telur otomatis itu karena rentan mati. Lampu tersebut nan menciptakan menjadikan guru mesin tetas telur jadi panas. Seandainya lampu tenang, segera ganti dengan lampu yang baru untuk menjaga temperatur tetap stabil.
Baca Juga:  Pemupukan Durian: Jenis, Dosis, Kandungan Nutrisi, dan Cara Memupuk


Pembaruan Variasi Pakan

Selain menggunakan mesin tetas otomatis, engkau kembali harus mencela nutrisi emak ayam. Memberikan induk ayam dengan pakan yang tepat akan membantu proses pengeraman telur menjadi bertambah baik.

Sebelum menerimakan pakan kepada indung ayam jago, anda harus mengetahui kebutuhan nutrisinya terlebih dahulu. Induk ayam membutuhkan zat putih telur, kalsium, vitamin D, dan fosfor dengan komposisi berikut ini:


Ayam yang sedang dalam hari produktif untuk menghasilkan telur membutuhkan protein dan energi nan cukup banyak. Kini, anda harus menyamakan pakan yang akan dia berikan dengan kebutuhan gizi tersebut.

Umumnya, cak semau 3 pakan yang stereotip diberikan cak bagi ayam, yaitu milu, beras hancur, dan pakan esensi. Inilah komposisi nutrisi berbunga ketiga pakan tersebut:


Menyerahkan protein dan zat kapur nan lebih dari kebutuhan ayam habis disarankan agar ayam memiliki cadangan gizi yang lebih banyak. Kamu juga bisa memberikan suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin D.


Membuat Kondisi Kandang yang Ideal

Untuk juga kondisi kandang yang ideal semoga emak ayam dan telurnya boleh terlatih dengan baik. Cak bagi membuat kandang yang ideal, dia harus memperhatikan objek bakal takhlik kandang ayam. Alamat terbaik untuk kandang ayam adalah buluh dan tiang.

Pastikan setiap ayam dan telurnya mendapatkan penggaris. Sreg belebas tersebut, ayam aduan akan mengerami telurnya. Berikan setiap bilah jarak sekeliling 2 cm agar setiap ayam memiliki ruang buat bersirkulasi.

Kandang ayam yang baik pula memiliki tingkapan yang bagus, kebersihan yang selalu terjaga, dan suhu yang baik.

Karena itu, untuk ventilasi udara agar arus udara terlatih dengan baik. Selalu bersihkan pula kandang ayam dengan teratur hendaknya bukan ada bibit penyakit dan virus yang akan membentuk ayam aduan sakit.

Baca Juga:  Ketahui Hama Dan Penyakit Menyerang Buah Nanas Beserta Pengendaliannya


3. Pengaplikasian Probiotik Lakukan Mencium Kualitas DOC


DOC merupakan bibit mandung yang berumur minus mulai sejak 10 hari. Nutrisi yang anda berikan kepada ayam jantan yang mentah lahir sangat berpengaruh terhadap perkembangannya momen sudah dalam masa produktif.

Takdirnya anda memberikan nutrisi yang bukan tepat, maka ayam akan menghasilkan telur yang tidak berkualitas dan tidak bisa menetas. Karena itu, berikan nutrisi nan tepat kepada bibit ayam yang mentah menetas.

suplemen organik cair gdm spesialis ternak 5ltr

Riuk satu caranya yaitu dengan memberikan probiotik yang tepat untuk bibit ayam jantan. Berikan
Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan
seharusnya ayam berkembang dengan makin baik lagi. Suplemen Organik Cairan GDM Spesialis Peternakan mengandung berbagai bakteri baik yang dapat melicinkan pencernaan ayam aduan sehingga makannya lebih pajuh. Sekiranya ayam makan dengan lahap, maka semua nutrisi yang diperlukan akan tercukupi.

Berikan
Suplemen Organik Larutan GDM Spesialis Peternakan
dengan dosis sekitar 0,3 ml buat DOC di campurkan ke air minum sehari cukup sekali namun di sore hari. Pemberian
Suplemen Organik Cairan GDM Spesialis Peternakan
bisa di berikan di umur DOC 5 hari setelah chick in. Bakal mendapatkan hasil yang lebih maksimal, anda harus memberikan
Pelengkap Organik Cair GDM Spesialis Peternakan
setiap waktu sampai mandung panen.

Itulah bilang hal yang bisa kamu lakukan jika ada telur ayam nan lain bisa menetas. Jika Anda mau berkonsultasi lebih adapun ini, Sira boleh menghubungi tim tukang peternakan kami melewati tombol dibawah ini: