Klasifikasi Daun Sirih
– Daun kinang yaitu tumbuhan asli Indonesia yang batangnya menyebar atau merambat pada pokok kayu lain. Diperkirakan tanaman ini berasal berpokok kawasan Asia, nan tersebar di berbagai wilayah Afrika, Fuji, hingga menjangkau wilayah Asia lainnya. Daun kinang terdiri dari 4 spesies teragendakan daun sirih kuning, patera sirih hitam, daun sirih hijau dan patera sirih hitam.

Banyaknya tipe patera serasa mempengaruhi popularitasnya plong masyarakat Indonesia sehingga banyak ditemukan insan yang mengkonsumsi tumbuhan sirih ini.

klasifikasi Daun Sirih

Manfaat patera sirih ialah riuk satunya sebagai obat bagi memecahkan sakit gigi, menguatkan gigi, menghentikan mimisan, mengatasi risiko sakit batu ginjal, mengatasi kencing manis, dan banyak keefektifan lainnya.


Klasifikasi daun serasa

Kingdom
: Plantae ( Tumbuhan )

Superkingdom
: Trachebionta ( Tanaman berpembuluh )

Super Divisi
: Spermatophyta ( Menghasilkan biji )

Divisi
: Magnoliopsida ( Tumbuhan semenjak )

Papan bawah
: Magnoliopsida ( berkeping dua / dikotil )

Sub papan bawah
: Magnoliidae

Ordo
: Piperales

Famili
: Piperaceae ( tungkai sirih – sirihan )

Genus
: Piper

Spesies
:
Piper betle
L.

Morfologi Tanaman Daun Serasa

Akar

Akar patera sirih merupakan sejenis akar tunggang dengan bentuk bulat bujur telur dan warna coklat kekuningan. Akar tunjang tanaman ini bertaruk merambat atau merayap dan memiliki banyak tunas baru yang bertaruk di akar tunggang.

Batang

Layon berbentuk melingkar memanjang dan bisa mencapai jalal 5-15 m. Tumbuh dengan menyebar ke tanaman enggak di negeri tersebut. Di layon terwalak ruas-ruas, sulur dengan jarak terka-kira. 5-10 cm dan bagaikan lokasi untuk pertumbuhan kecambah baru. Warna batang ini kecoklatan sampai kehijauan.

Baca Juga:  Agar Tanaman Selalu Hijau Dan Subur Perlu Diberi

Daun

Daun sirih berbentuk oval ataupun bujur telur dengan warna hijau muda hingga mentah tua. Patera ini memiliki lebar 2-10 cm dan panjang 5-15 cm dan pada permukaan daun putaran bawah bercat zakiah. Bentuk daun galibnya kelihatan seperti mana dalaman di mana penguat daun disematkan.

Daun sirih adalah bagian yang paling umum dan penting dari konsumsi masyarakat, biarpun rasanya agak pahit dan lidah bergetar.

Anakan

Bunga patera sirih termasuk dalam jenis bunga bervariasi, yaitu poin-bijian di mana biji-bijian ini berdiri sendiri dan berada di ujung simpang yang menghadap daun tumbuhan. Pada anakan nekat biji-bijian memiliki aturan dengan panjang gagang sekeliling 1,5-3 cm dan ukuran benang sari pendek. Kepala anakan lebah ratulebah memiliki tiang penghidupan yang sedikit lebih panjang dari kepala anak uang jantan, yaitu sekitar 2,5 – 6 cm dan panjang cap dengan ukuran seputar 3-5 cm.

Buah

Buah daun sirih berbentuk seperti bentuk telur dengan ukuran boncel – katai, dengan ujung botak dan berwarna bubuk-abuk hingga hitam dan berwarna berbulu. Selain itu, di bagian internal buah berbentuk buntar, pipih, biji bercelup hitam dengan sekitar 10 sebatas 20 biji dalam suatu biji kemaluan.

Jenis Daun Serasa

Jenis Wulung

Sirih Wulung yaitu daun sirih yang langka. Sirih wulung juga disebut kinang keraton. Ciri utamanya adalah penampilan ungu daun ketika daun tersebut disinari dengan senter dari pangkal.

Tipe Lugu

Sirih tahir yaitu pokok kayu sirih dengan daun yunior dan bertotol berwarna masif. Daun sirih jati memiliki warna putih yang hilang di sukma tua dan diganti dengan plonco. Daun ini biasanya digunakan sebagai syarat seremoni

Baca Juga:  Latih Ulangan Akhir Bab Sejarah Indonesia

Macam Galuh

Ketika sirih biasa digunakan sebagai tanaman obat, sirih ini punya fungsi farik di Indonesia, merupakan sebagai tanaman solek.

Jenis Filipina

Sirih ini ialah keseleo satu sirih terik, sifatnya mirip sirih berma. Barang apa yang membuat perbedaan merupakan bahwa babak bawah Serasa Filipina tidak berwarna merah.

Tipe Gading

Serasa gading kerap disebut juga sirih kuning. Kinang ini mempunyai penampilan yang mirip dengan serasa hijau, bedanya yakni warnanya bertambah muda dan mengarah ke kuning seperti pupus daun. Sirih gading digunakan lakukan pengobatan.

Jenis Jalu

Sekiranya sirih gading memiliki warna kuning pada semua daun, sirih-taji memiliki corak kuning di bagian asal dan di tengah-paruh patera, sehingga menambahkan keanggunan tanaman sirih ini.

Variasi Irian

Lagi disebut sirih-lalapan, karena kinang jenis ini sering digunakan sebagai lalapan. Kinang memiliki karakteristik daun lebar

Keberagaman Hati

Tidak seperti sirih Irian dengan daun pepat, sirih hati adalah sirih yang dapat dianggap sirih terkecil. Ini karena buntang dan daun sirih lewat kecil, hanya sebesar koin 100 rupiah.

Spesies Hitam

Sirih hitam ialah jenis kinang yang memiliki banyak fungsi. Kinang hitam ini n kepunyaan karakteristik daun hitam walaupun telah mengalami proses pengeringan.

Keberagaman Merah

Ketika sirih perak biasanya hanya digunakan bak obat, Sementara itu kinang merah sering digunakan bagi sasaran pengobatan. Jadi sirih merah ini memiliki dua kemujaraban. Kinang Berma Sirih camar digunakan untuk dekorasi di rumah dan sekali lagi umpama pengobatan.

Jenis Bakat

Sirih talenta juga disebut sebagai sirih caling part 2, karena morfologinya hampir sepadan. Sirih darah lagi termuat kinang yang langka, bintang sartan enggak umum digunakan bakal pengobatan.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Pembagian Uraian Teks Kelelawar

Demikianlah Pembahasan mengenai
Klasifikasi patera sirih
mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk dia

Baca Juga Artikel Lainnya

  • 19 Manfaat Lada Putih untuk Kebugaran
  • 12 Manfaat Sahang Hitam dan Kandungan Embalau Hitam
  • Cabai : Kandungan Gizi Lada dan 15 Kemujaraban Sahang buat Kesehatan