Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbarui Antara Lain

Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbarui Antara Lain

Bola.com, Jakarta –
Sumber daya alam (SDA) merupakan kekayaan alam di suatu tempat yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan dan kelangsungan hidup.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, sumber daya alam adalah potensi alam yang dapat dikembangkan untuk proses produksi.

  • 4 Manfaat Begadang bagi Kesehatan, Timbang Untung Ruginya
  • Macam-Macam Kandungan Gizi dan Manfaat Natto untuk Kesehatan
  • Lirik Lagu How Do I Say Goodbye – Dean Lewis

Sumber daya alam berperan penting dalam pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan antara lain hewan, tumbuh–tumbuhan, dan SDA non-hayati, seperti minyak, logam, dan gas alam.

Berdasarkan kelestariannya,
sumber daya alam
ada dua macam, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang dapat dibudidayakan atau dikembangbiakkan. Sumber daya alam tentu akan bisa lestari atau tidak dapat habis.

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis
sumber daya alam
yang dapat diperbarui, seperti dilansir dari
emodul.kemdikbud.go.id, Selasa (26/10/2022).

Hewan

Hewan dikembangbiakkan dengan beranak dan bertelur. Hewan atau binatang dapat dibedakan menjadi tiga, yakni:

1. Hewan Liar

Hewan liar merupakan hewan yang hidup bebas di alam baik di perkampungan, hutan, sungai, maupun di laut. Hewan liar tidak dapat dipelihara manusia.

Keberadaan hewan-hewan liar sangat penting untuk menjaga keseimbangan alam. Namun, hewan liar seperti kijang, gajah, harimau, dan buaya justru banyak diburu manusia.

Baca Juga:  Manfaat Reaksi Redoks Dalam Kehidupan Sehari Hari

2. Hewan Piaraan

Hewan piaraan merupakan hewan yang biasa dipelihara manusia untuk kesenangan atau hobi, seperti kucing, burung, hamster, anjing, dan sebagainya.

3. Hewan Ternak

Hewan ternak merupakan hewan yang sengaja dikembangbiakkan untuk kebutuhan konsumsi maupun industri. Contoh hewan ternak antara lain sapi, kerbau, kuda, kambing, ayam, dan itik.

Tumbuhan

Tumbuhan dikembangbiakkan dengan biji, tunas, dan spora. Selain itu bisa dengan cangkok, stek, okulasi, dan mengenten. Tumbuhan atau tanaman dapat dibedakan menjadi empat macam, yaitu:

1. Tanaman Pertanian

Tanaman pertanian merupakan tanaman hasil pertanian yang meliputi hasil sawah, tegal, dan ladang. Contoh tanaman pertanian: padi, sayur-sayuran, buahbuahan, gandum, dan ubi.

2. Tanaman Perkebunan

Tanaman perkebunan terdiri dari tanaman perkebunan di dataran tinggi dan dataran rendah. Contoh tanaman perkebunan di dataran tinggi adalah cengkih, teh, dan tembakau.

Sedangkan contoh tanaman perkebunan di dataran rendah adalah kelapa, karet, tebu, dan kelapa sawit.

3. Tanaman Hutan

Tanaman hutan merupakan tanaman yang tumbuh di hutan. Tanaman hutan biasanya tidak dipelihara manusia. Tanaman hutan banyak diambil kayunya sebagai bahan bangunan dan perabot rumah tangga.

4. Tanaman Air

Tanaman yang banyak dimanfaatkan antara lain rumput laut dan alga. Rumput laut dimanfaatkan untuk membuat agar-agar.

Sedangkan alga ada yang langsung dikonsumsi. Ada pula jenis alga tertentu yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku obat-obatan, kosmetik, dan industri makanan.

Air

Air merupakan sumber daya alam lestari. Air tidak akan habis, meski digunakan terus-menerus. Air merupakan kebutuhan mutlak setiap orang untuk bertahan hidup.

Air dapat berupa air sumur, air sungai, air danau, dan air laut. Air dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga:  Jaringan Apa Saja Yang Terdapat Pada Batang Dan Akar

Seperti minum, mandi, dan mencuci. Untuk kebutuhan ini diperlukan air bersih. Air dalam jumlah yang banyak dapat dimanfaatkan untuk mengairi sawah, memelihara ikan, pembangkit listrik, sebagai sarana transportasi dan olahraga.

Tanah

Tanah merupakan lapisan bumi yang paling atas. Tanah yang subur daat dimanfaatkan untuk menanam berbagai jenis tumbuhan.

Tanah liat dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai perabot rumah tangga, batu bata, dan berbagai macam jenis kerajinan.

Udara

Udara merupakan benda gas yang terdiri dari berbagai zat seperti oksigen dan karbondioksida. Udara yang sehat mengandung banyak oksigen.

Udara yang sehat banyak dibutuhkan manusia untuk bernapas. Di kota-kota besar udaranya sudah banyak yang tercemar. Udara juga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan olahraga seperti terjun payung.

Matahari

Matahari merupakan sumber daya alam lestari. Sinar matahari menjadi sumber tenaga bagi makhluk hidup di bumi.

Sumber:
Kemdikbud

Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbarui Antara Lain

Source: https://www.bola.com/ragam/read/4693720/jenis-jenis-sumber-daya-alam-yang-dapat-diperbarui

About Merry Rianna