Sikap Akhir Gerakan Guling Belakang Adalah

Sikap Akhir Gerakan Guling Belakang Adalah





Kamis, 20 Januari 2022








Edit


Cara Melakukan Sikap Awal dan Akhir Gerakan Guling Depan
– Senam lantai adalah salah satu jenis olahraga yang memiliki variasi serta kombinasi gerakan paling banyak. Dalam konteks pendidikan kalian akan menjumpainya dalam bentuk meroda, roll depan belakang, lompat harimau, dan masih banyak lagi. Tapi, saya tertarik ingin membahas lebih dalam teknik dasar guling depan yang notabenya memerlukan unsur kelenturan tubuh.

Secara garis besar guling depan memiliki tiga tahapan utama yang saling berkaitan. Pertama adalah teknik awalan, lalu diikuti gerakan berguling, dan ditutup oleh teknik akhiran guling depan. Pembahasan dari tiap tahap pun bisa kita temukan dalam LKS maupun buku pedoman penjas. Di lain sisi, guru pun pasti telah mengajarkan kita materi tersebut tak hanya secara teori melainkan praktek pula.

Uniknya, bagaimana sikap awal dan sikap akhir gerakan guling depan harus sama. Misalkan memilih awalan jongkok maka sikap akhir kalian harus jongkok pula. Begitu juga jika kalian melakukan awalan berdiri. Sayangnya masih banyak siswa tak mengetahui peraturan dasar tersebut yang akhirnya menyebabkan kegagalan saat penilaian. Untuk meminimalisir kesalahan maka kita harus mempelajari teknik dasarnya terlebih dulu.

Pengertian guling depan adalah gerakan menggulingkan badan ke depan mulai dari bagian tengkuk, pinggang, panggul belakang, dan punggung. Kalian juga bisa menyebut jenis senam lantai satu ini dengan istilah Forward Roll. Meski terdengar mudah karena memiliki konsep dasar berguling namun tingkat kesulitanya menurut saya cukup tinggi.

Bagaimana sikap awal dan sikap akhir gerakan guling depan? inilah yang sering ditanyakan oleh siswa. Faktanya, model pertanyaan demikian justru sering muncul menjadi butir soal ujian yang sangat membingungkan. Tak sedikit siswa mengalami kegagalan ketika diminta menjelaskan teknik dasar dari tiap-tiap tahap. Apakah kalian salah satunnya? tak perlu cemas karena dalam artikel kali ini kita akan membahasnya secara detail.

Baca juga : Kesalahan yang Sering Terjadi Dalam Handstand

Berdasarkan buku pedoman penjas setidaknya ada dua cara melakukan guling depan yang benar. Yakni menggunakan sikap berdiri dan sikap jongkok baik ketika awalan maupun akhiran. Jika gerakan awal adalah jongkok maka sikap akhir gerakan guling depan juga harus dalam posisi yang sama. Untuk mengetahui seperti apa detailnya maka simaklah artikel di bawah sampai selesai.

Baca Juga:  Perbedaan Oppo A7 Dan Oppo F11

Asked by wiki @ 23/08/2022 in
Sejarah

viewed by 4055 persons

Asked by wiki @ 03/08/2022 in
Sejarah

viewed by 3082 persons

Asked by wiki @ 23/08/2022 in
Sejarah

viewed by 1737 persons

Asked by wiki @ 02/08/2022 in
Sejarah

viewed by 1588 persons

Asked by wiki @ 10/08/2022 in
Sejarah

viewed by 1232 persons

Asked by wiki @ 02/08/2022 in
Sejarah

viewed by 1227 persons

Asked by wiki @ 26/08/2022 in
Sejarah

viewed by 1020 persons

Asked by wiki @ 20/08/2022 in
Sejarah

viewed by 934 persons

Asked by wiki @ 08/08/2022 in
Sejarah

viewed by 933 persons

Asked by wiki @ 31/07/2022 in
Sejarah

viewed by 884 persons

Asked by wiki @ 03/08/2022 in
Sejarah

viewed by 874 persons

Asked by wiki @ 09/08/2022 in
Sejarah

viewed by 873 persons

Asked by wiki @ 12/08/2022 in
Sejarah

viewed by 872 persons

Asked by wiki @ 03/08/2022 in
Sejarah

viewed by 853 persons

Asked by wiki @ 01/08/2022 in
Sejarah

viewed by 847 persons

Sikap akhir guling ke belakang / Back Roll pada umumnya adalah sikap
(B)
jongkok.

Ketika kaki mendarat akibat selesainya ayunan kaki, maka ayunan badan akan menuju posisi jongkok, dengan kedua tangan lurus di hadapkan ke depan sebagai keseimbangan.

Pada posisi awal badan berada pada posisi jongok dengan kedua tangan di belakang kepala, lalu berguling ke belakang, hingga kedua telapak tangan tersebut mengenai matras, dan bersiap melakukan tolakan.

Kaki diayunkan, dan badan tetap membulat hingga kaki tersebut mendarat pada matras. Kaki yang menjadi tumpuan akan membantu badan berayun ke sikap jongkok dengan lutut ditekuk.

Sikap akhir guling belakang pada umumnya adalah

a. telungkup.

Baca Juga:  Perbedaan Konstitusi Dengan Undang Undang Dasar Adalah

b. jongkok.

c. miring / tidur.

d. berdiri.

Sikap / posisi akhir pesenam saat melakukan gerakan guling ke belakang pada umumnya adalah (b) jongkok, dengan kedua tangan sejajar, lurus ke depan sebagai keseimbangan.

Penjelasan

Maksud dari soal:
posisi terkahir dari gerakan guling belakang.

  • a. Pilihan telungkup

    =

    salah.

Sebab, setelah kaki diangkat, dan berputar ke belakang. Maka kemudian akan bertumpu pada matras, sedangkan kepala diangkat.

Gerakan mengguling yang baik, saat kaki menyentuh matras, maka akan segera menuju ke posisi jongkok, jika telungkup, berarti kaki kita gagal menupu, dan mengangkat kepala.

Maka, gerakan tersebut jadi tidak sempurna, dan menandakan kesalahan langkah sebelumnya, atau kelenturan, dan kekuatan otot yang perlu dilatih.

Gerakan terakhir setelah kita berhasil menupu kaki, dan mengangkat kepala adalah dengan sikap menyeimbangkan badan berupa jongkok.

  • c. Miring / tidur = salah.

Pada gerakan miring merupakan tahap setelah kita menjatuhkan punggung ke matras. Jadi kita belum berguling. Kalaupun setelah berguling, sikap terakhir yang benar bukan tidur.

Pada gerakan kaki menupu, badan mulai diangkat, namun pada kondisi itu, biasanya tubuh akan bergoyang karena telah berguling. Sehingga perlu melakukan sikap keseimbangan dengan jongkok sambil meluruskan dan meraptkan tangan ke depan.

Jawabannya

  • Buku cetak PJOK halaman 215, poin 2 dan langkah gambar ke 7.
  • Penjelasan di atas.

Maka, jawaban yang benar untuk soal jenis no 6 adalah
(B) jongkok.

Sikap akhir guling ke belakang pada umumnya adalah

✅ Posisi / sikap (B) Jongkok 🥇 dengan lutut ditekuk dan tangan lurus ke depan untuk menyeimbangkan diri.

Jawaban untuk soal no 6 Bab 6 PJOK kelas 7 ini terdapat pada buku cetak pada halaman 215 pada poin 2, tentang Aktivitas Pembelajaran Senam Lantai Back Roll, dalam langkah ke 4, dan gambar ke 7.

Baca Juga:  Keluaran Hongkong 6d Malam Ini Live Tercepat

Pada penjelasan di atas, menerangkan tentang ketika kaki diayunkan ke belakang melewati bagian kepala, dengan dibantu tolakan tangan, kaki dilipat. Lalu saat kaki tersebut mendarat ke matras menuju ke sikap terakhir berjongkok.

Jawaban telah tertera dan sesuai dengan buku sehingga dinyatakan BENAR.

Sikap Akhir Gerakan Guling Belakang Adalah

Source: https://rcfamily.info/106534/sikap-akhir-dari-gerakan-roll-belakang-adalah/

About Merry Rianna