Sebutkan Dan Jelaskan Ciri Ciri Makhluk Hidup

Sebutkan Dan Jelaskan Ciri Ciri Makhluk Hidup

Teman – teman, coba jelaskan ciri – ciri makhluk hidup dan peranannya dalam kehidupan! Ada 8 loh, apa saja ya? Mulai dari makan, bernafas, beradaptasi, hingga berkembang biak. Hayoo, apakah kamu sudah ingat? Materi ciri – ciri makhluk hidup kelas 3 SD ini memang tidak mudah, apalagi kalau kita belum pernah mendengar atau membacanya. Tapi tak perlu khawatir, yuk pahami 8 ciri – ciri makhluk hidup dan peranannya dalam kehidupan disini.

Ciri Makhluk Hidup

Makhluk hidup bukan manusia saja loh. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), organisme yang dapat berkembang biak dan dapat beradaptasi dengan lingkungannya, seperti bakteri, tumbuhan, hewan, dan manusia. Pada materi sebutkan ciri – ciri makhluk hidup kelas 3 SD, sudah pasti dijelaskan lebih rinci tentang topik ini.

Dengan belajar tentang ciri makhluk hidup dan peranannya dalam kehidupan, kita dapat memahami lingkungan hidup sehat yang dapat menunjang kesejahteraan. Tentunya keseimbangan ekosistem atau lingkungan hidup hanya dapat dicapai dengan inisiasi hidup berdampingan yang saling menguntungkan.

Ciri – Ciri Makhluk Hidup: Memerlukan Makanan

Semua makhluk hidup memerlukan makan dan minum untuk bertahan. Aktivitas ini merupakan sumber penghasil energi yang akan digunakan untuk aktivitas harian, pertumbuhan hingga perbaikan jaringan rusak. Fungsi tubuh dapat terhambat hingga mengarah pada kematian apabila tidak mendapatkan asupan makanan atau minuman selama beberapa lama.

Ciri – Ciri Makhluk Hidup: Bernafas

Aktivitas bernafas dapat dibilang merupakan salah satu ciri utama makhluk hidup. Bernafas adalah proses menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida. Di antara mengambil dan mengeluarkan udara tersebut, terdapat mekanisme otomatis di dalam tubuh yang menyalurkan oksigen ke berbagai tempat / organ supaya dapat berfungsi dengan baik. Hewan yang hidup di air memiliki insang yang digunakan untuk mengambil oksigen. Sementara itu, tumbuhan menggunakan pori – pori di daun dan lentisel di batang untuk bernafas.

Artikel Terkait

  • Cerita Baru Klinting, Seekor Naga pada Legenda Rawa Pening

    by Nadya Nafisah (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 3 November 2022 at 12:10 pm

    Halo Anak Nusantara! Seperti yang kita tahu, Indonesia memiliki banyak cerita rakyat dari berbagai daerah. Cerita rakyat adalah sebuah cerita yang berasal dari masyarakat di zaman dahulu. Penyebarannya dilakukan secara lisan, sehingga cerita rakyat berkembang dari mulut ke mulut. Oleh sebab itu, cerita rakyat merupakan salah satu warisan nusantara. Cerita rakyat biasanya mengandung cerita lokal The post Cerita Baru Klinting, Seekor Naga pada Legenda Rawa Pening appeared first on Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Candi Abang: Sejarah, Bentuk Bangunan, Mitos, & Fungsi

    by Dies Naris (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 3 November 2022 at 12:07 pm

    Candi Abang adalah sebuah candi bercorak Hindu yang terletak di Sleman Yogyakarta. Namun uniknya, candi ini tidak memiliki bangunan megah yang nampak, hanya berupa gundukan tanah yang cukup besar. Bahkan masyarakat sekitar sering menyebutnya sebagai Bukit Teletubies. Tetapi, siapa sangka di balik gundukan tanah tersebut menyimpan banyak sejarah yang menarik. Lalu bagaimana sejarah, lokasi, keunikan, The post Candi Abang: Sejarah, Bentuk Bangunan, Mitos, & Fungsi appeared first on Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Uniknya Candi Cetho, Candi di atas Lereng Gunung Lawu

    by Shania Aliyya (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 2 November 2022 at 12:03 pm

    Kerajaan merupakan cikal bakal terbentuknya negara Indonesia. Sebelum menjadi republik, Indonesia terdiri dari banyak kerajaan yang cukup berjaya pada masanya. Salah satu yang cukup terkenal adalah Kerajaan Majapahit.  Majapahit memiliki banyak peninggalan yang hampir tersebar di seluruh pulau Jawa. Bentuk peninggalan beragam jenisnya bisa dengan prasasti maupun candi. Meskipun tidak sepopuler candi prambanan atau borobudur, The post Uniknya Candi Cetho, Candi di atas Lereng Gunung Lawu appeared first on Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Tari Topeng Cirebon : Sejarah, Pola Lantai & Propertinya

    by Media Museumnusantara (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on 5 Oktober 2022 at 11:41 am

    Halo anak Nusantara! Indonesia adalah negara yang memiliki banyak sekali budaya tradisional, seperti tarian, sastra, atau mungkin bangunan. Kali ini, Museum Nusantara akan membahas tentang Tari Topeng Cirebon. Yuk ikuti Museum Nusantara untuk mengetahui tarian tradisional satu ini lebih jauh!  Sejarah Tari Topeng Cirebon Menurut sejarah, Tari Topeng Cirebon sudah ada sejak abad ke 10 The post Tari Topeng Cirebon : Sejarah, Pola Lantai & Propertinya appeared first on Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia.

Ciri – Ciri Makhluk Hidup: Bergerak

Manusia dan hewan memiliki aktivitas pergerakan yang tinggi. Kendati tidak terlalu nampak, tapi tumbuhan pun demikian. Hal ini menunjukkan ciri – ciri makhluk hidup bergerak. Pada hewan dan manusia, alat gerak adalah kaki, sirip, sayap, dan sebagainya. Sementara itu, gerakan pada tumbuhan terjadi akibat aktivitas hormon serta rangsangan dari lingkungan.

Baca Juga:  Cara Melihat Nomor Rekening Cimb Niaga

Ciri – Ciri Makhluk Hidup: Peka Terhadap Rangsang

Setiap makhluk hidup memiliki sistem saraf yang dapat digunakan untuk menangkap perubahan atau rangsangan dari lingkungan. Rangsangan ini dapat berupa bau, cahaya, suhu, rasa, dan sebagainya. Ciri – ciri makhluk hidup peka terhadap rangsang ini juga ditunjukkan oleh tumbuhan. Apabila batang tumbuhan patah atau tergores, maka akan keluar getah sebagai respon untuk segera mengeringkan luka.

Ciri – Ciri Makhluk Hidup: Tumbuh dan Berkembang

Tumbuh kembang dialami oleh semua makhluk hidup. Baik dari segi ukuran hingga fungsi tubuh, proses ini merupakan kejadian alami yang menunjukkan aktivitas internal. Ciri – ciri makhluk hidup tumbuh dan berkembang nampak jelas pada manusia yang terlahir kecil dan keterbatasan fisik kemudian dewasa hingga lansia. Pada hewan, pertumbuhan dapat menghasilkan penampilan fisik yang sangat berbeda, semisal dari ulat menjadi kupu – kupu. Sementara itu, tumbuhan nampak dari tahapannya dari benih hingga berwujud pohon.

Ciri – Ciri Makhluk Hidup: Adaptasi

Selain ciri – ciri makhluk hidup tumbuh dan berkembang, adaptasi juga merupakan salah satu keterampilan khusus pada hewan, manusia, dan tumbuhan. Kepekaan makhluk hidup terhadap rangsangan menyebabkan mereka mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan. Dengan demikian, makhluk hidup dapat bertahan pada kondisi yang sulit. Ciri – ciri ini nampak dari tumbuhan kaktus yang memiliki daun berbentuk duri untuk mengurangi penguapan di tempat kering.

Ciri – Ciri Makhluk Hidup: Ekskresi

Aktivitas makan dan minum makhluk hidup tentunya akan menghasilkan zat sisa yang perlu dibuang. Ekskresi adalah proses pengeluaran zat sisa atau racun. Apabila tidak dikeluarkan, zat tersebut dapat mengganggu fungsi tubuh. Pada manusia dan hewan, hal ini diwujudkan dalam perilaku buang air besar, kecil, kentut, dan sebagainya. Sementara itu, ekskresi pada tumbuhan terjadi melalui organ stomata yang melakukan penguapan air apabila terkena sinar matahari.

Baca Juga:  Cara Untuk Mengurangi Polusi Udara Karena Karbon Dioksida Adalah

Ciri – Ciri Makhluk Hidup: Berkembangbiak

Reproduksi adalah salah satu upaya mempertahankan keturunan spesies. Dengan demikian, seluruh makhluk hidup di dunia berkembangbiak. Manusia dan mayoritas hewan berkembang biak dengan proses fertilisasi dari sel sperma yang membuahi sel telur. Sementara itu, proses berkembangbiak pada tumbuhan dapat berjalan secara seksual maupun aseksual (vegetatif).

Peranan Makhluk Hidup dalam Kehidupan

Setelah memahami ciri makhluk hidup, sebaiknya kita juga belajar peran mereka dalam kehidupan. Makhluk hidup terbagi menjadi 3 kelompok, yaitu manusia, hewan, dan tumbuhan. Masing – masing memiliki peran sehingga tercipta ekosistem yang sehat dan terpadu. Berikut adalah peranan makhluk hidup mulai dari manusia hingga tumbuhan.









Peranan Makhluk Hidup dalam Kehidupan: Manusia

Sebagai makhluk yang memiliki kendali atas pemikirannya, manusia berperan sebagai penjaga kelestarian dan keseimbangan lingkungan. Hal ini diwujudkan melalui perilaku menjaga kebersihan dan tidak merusak ekosistem, seperti membuang sampah di tempatnya, tidak menebang pohon sembarangan, serta tidak melakukan perburuan liar.

Peranan Makhluk Hidup dalam Kehidupan: Hewan

Hewan merupakan salah satu makhluk hidup yang memiliki aktivitas tinggi. Hal ini menyebabkan, hewan sebagai komoditas yang sangat berharga dalam kehidupan. Berbagai hewan memiliki peran masing – masing pada ekosistem kehidupan, seperti rantai makanan untuk makhluk hidup lain, bahan obat – obatan, meringankan pekerjaan manusia, dan sebagainya.




Peranan Makhluk Hidup dalam Kehidupan: Tumbuhan

Tumbuhan memiliki berbagai peran yang tidak kalah penting. Perannya yang paling mencolok adalah kemampuan dalam produksi oksigen. Salah satu ciri makhluk hidup adalah bernafas, sehingga baik hewan dan manusia membutuhkan asupan oksigen dari tumbuhan. Selain itu, tumbuhan dapat menjadi sumber makanan, obat – obatan, dan menjaga dari resiko bencana, seperti tanah longsor.

Baca Juga:  Tanaman Yang Cocok Tumbuh Di Dataran Rendah Adalah

Demikian ulasan tentang sebutkan ciri – ciri makhluk hidup dan peranannya dalam kehidupan. Setelah membaca penjelasan di atas, apakah kamu sudah bisa menjawab pertanyaan jelaskan ciri – ciri makhluk hidup kelas 3 SD? Jangan lupa simak pengetahuan menarik lainnya dalam
Studio Literasi, ya.

Sebutkan Dan Jelaskan Ciri Ciri Makhluk Hidup

Source: https://studioliterasi.com/ciri-ciri-mahkluk-hidup/

About Merry Rianna