Sebutkan 4 Macam Motif Ekonomi

Sebutkan 4 Macam Motif Ekonomi.

Hubungan nggak sih, elo nonton sebuah film bergenre detektif atau kriminal, di mana cak semau sebuah genosida misterius terjadi?

Kerjakan menentukan siapa kira-sangka pelakunya, pihak detektif dan polisi berusaha menerka-nerka motif pemusnahan.

Motif yakni alasan mengerjakan sesuatu. (Arsip Zenius)

Terimalah, motif di situ, maksudnya adalah motif si pelaku sampai menghabisi nyawa incaran. Boleh dibilang, seperti alasan mengapa pelaku melakukan pembunuhan tersebut.

Terimalah, nggak saja di bidang kriminalitas saja, istilah “motif” juga berkali-kali digunakan pada mata tuntunan Ekonomi papan bawah 10 untuk ceratai motif ekonomi.

Memangnya, segala apa itu motif ekonomi? Yuk, kita bahas apa nan dimaksud dengan motif ekonomi serta macamnya di artikel boleh jadi ini.


Signifikasi Motif Ekonomi

Berbunga pola tadi, kita dapat simpulkan, bahwa motif itu memiliki arti alasan bagi seseorang untuk berbuat sesuatu. Jadi, kira-kira segala apa sih motif ekonomi itu?

Pengertian motif ekonomi.
Pengertian motif ekonomi. (Arsip Zenius)

Dari tulang beragangan di atas, Sobat Zenius bisa lihat, motif ekonomi merupakan sebuah alasan atau dorongan buat berbuat tindakan ekonomi.

Tindakan ekonomi di sini maksudnya aktivitas yang dilakukan makanya seseorang untuk memenuhi kebutuhan sehingga bisa mencapai kesejahteraan. Tindakan tersebut nggak sahaja dilandasi dengan motif ekonomi, tapi juga prinsip ekonomi.

Tadi kita sudah tahu nih apa itu motif ekonomi, bagaimana dengan mandu ekonomi? Apa sih perbedaan motif ekonomi dan prinsip ekonomi?

Motif ekonomi tadi itu mendorong adanya tindakan ekonomi. Padahal prinsip ekonomi adalah sebuah prinsip atau penilaian yang digunakan kerjakan menakar apakah pengorbanan dan hasil yang didapatkan itu sama atau nggak.

Bagaikan goresan, galakan melakukan tindakan ekonomi itu boleh berpunca pecah diri koteng maupun lingkungan asing. Oleh karena itu,
ada dua sumber akar dorongan  motif ekonomi, yakni motif intrinsik dan motif ekstrinsik.

Takdirnya motif intrinsik itu yakni dorongan dari dalam diri sendiri untuk mendapatkan barang dan jasa, motif ekstrinsik itu kebalikannya, adalah berpangkal luar.

Sampai sini, kira-kira elo sudah cak semau bayangan belum, terka-kira gimana sih komplet motif ekonomi?

Coba deh, gue cak bertanya elo sekarang, elo beli nafkah itu biasanya kenapa sih? Apakah karena lapar? Atau memang mau hanya?

Lampau, elo beli hadiah cak bagi sang
doi, itu buat segala? Cak agar
doi
lebih sayang dan menghargai elo kah?

Eh, jangan-jangan elo belum mempunyai
doi
ya? Jikalau belum, sama dong kayak gue. Tinimbang kita mangut bareng, mending kita lanjur saja, ngebahas tanya aneh-aneh motif ekonomi dan contohnya.


Macam-Spesies Motif Ekonomi

Alasan kita ibarat manusia melakukan tindakan ekonomi itu suntuk bermacam-keberagaman.

Cak semau tindakan nan memang kita lakukan karena kita perlu menetapi kebutuhan semangat, dan ada juga yang mungkin dilakukan supaya kita kian berharta.

Ada lagi alasan lain lagi, misalnya ada seorang dukun yang lego obat dengan harga murah, buat mendukung masyarakat yang membutuhkan.

Dari lengkap motif ekonomi di atas, kita adv pernah bahwa dorongan mengamalkan tindakan ekonomi itu begitu berbagai.

Baca Juga:  Kinemaster Mod Apk Unlimited Diamond

Nah, motif ekonomi ini secara umum bisa dibagi menjadi lima macam. Silakan kita bedah suatu per satu.

Memenuhi Kebutuhan

Ini adalah motif ekonomi yang sangat mendasar untuk menunaikan janji kebutuhan elo seorang. Di inferior 10, elo belajar bahwa yang namanya kebutuhan itu cak semau banyak banget macamnya, dilihat semenjak kebulatan hati, waktu, dan sifatnya.

Kerjakan penjelasan lebih lanjut mengenai kebutuhan sosok, elo dapat baca artikel di bawah ini ya.

Baca Juga:
Kebutuhan Individu: Pengertian, Macam-macam, dan Contohnya – Materi Ekonomi Inferior 10

Sekarang coba lihat ilustrasi di sumber akar ini.

Motif ekonomi untuk memenuhi kebutuhan sendiri
Motif ekonomi kerjakan memenuhi kebutuhan seorang. (Pertinggal Zenius)

Di situ, elo bisa lihat, ada cak semau Cangkang Justin (buya-bapak berjas) yang lagi kelaparan. Melihat adanya cikar nasi goreng, Pak Justin serempak tergiur untuk membeli nasi goreng bagi mengenyangkan perutnya.

Dalam kasus ini, Paket Justin melakukan kegiatan ekonomi, dengan motif lakukan memenuhi kebutuhan dirinya akan makanan.

Dalam motif ekonomi, kebutuhan itu nggak melulu pertanyaan kas dapur saja ya. Lebih lagi, kebutuhan manusia itu ada banyak, seperti kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.

Kebutuhan primer sudah jelas ya. Misalnya, ketika elo lapar, elo akan membeli rezeki. Momen elo haus, elo beli air minum di warung.

Sedangkan kebutuhan sekunder, yakni kebutuhan yang bisa elo penuhi setelah menetapi kebutuhan primer. Misalnya, elo membeli motor lakukan pergi ke jawatan, agar lebih
sat set sat set.

Bikin kebutuhan tersier, itu berkarakter mewah, dan lazimnya dipenuhi sehabis kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Contohnya, pergi liburan ke Eropa.

Sebagai karangan, motif ekonomi cak bagi memenuhi kebutuhan itu nggak sekadar pertanyaan beli ini itu namun ya.

Misalnya, orang jompo elo yang melakukan tindakan ekonomi dengan berkreasi, bertujuan mendapatkan uang, yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pula.

Itulah beberapa contoh motif ekonomi intern jiwa sehari-waktu. Sekiranya nanti di ujian elo menemui cak bertanya yang berbunyi, “contoh motif ekonomi dalam umur sehari hari adalah …”.

Elo dapat menjawab dengan lengkap-lengkap motif ekonomi yang sudah kita bahas tadi. Selanjutnya, kita bahas motif ekonomi sosial.

Sosial

Motif ekonomi yang paling tinggi nilainya adalah motif sosial ini. Soalnya, motif sosial nggak hanya mementingkan keuntungan maupun kebutuhan diri sendiri, melainkan cak bagi kebaikan dan kesentosaan orang tak sekali lagi.

Dari pernyataan tersebut, tebak-duga elo dapat nggak memikirkan segala apa saja contoh motif sosial? Coba deh, elo lihat ilustrasi di radiks ini.

Motif ekonomi untuk sosial.
Motif ekonomi bikin sosial. (Arsip Zenius)

Yap, salah satu paradigma motif sosial dalam ekonomi adalah dengan berdonasi. Contohnya, berdonasi untuk tembuni sebangsa kita nan sedang diterpa gangguan.

Pada hakikatnya, bentuk tindakan ekonomi apapun yang tujuannya lakukan membantu orang lain, dapat dikategorikan memiliki motif sosial.

Jadi, bisa disimpulkan, bahwa motif sosial mendorong basyar bikin berbuat baik demi kesentosaan bersama.

Mendapatkan Profit

Kalau mendengar kata “profit”, rasanya serempak jadi ingat sama yang namanya uang jasa ya. Memang betul, bahwa salah satu motif berbuat kegiatan ekonomi itu bagi mengejar uang.

Baca Juga:  Download Driver Printer Canon E410 Windows 10

Misalnya, seseorang berwarung dan bekerja di kantor, semua lakukan mendapatkan penghasilan.

Namun, jangan keseleo lho, profit itu nggak selamanya selalu internal bentuk persen. Sesekali, elo juga dapat mendapatkan keuntungan n domestik bentuk koalisi dan fasilitas tertentu.

Motif ekonomi untuk mendapatkan profit.
Motif ekonomi cak bagi mendapatkan profit. (Kopi Zenius)

Misalnya nih, ada Pak Jhony yang bekerja di suatu perusahaan. Untuk jasanya, ia tentu mendapatkan gaji setia setiap bulan.

Selain itu, kamu juga mendapatkan fasilitas riil sarana kantor dan asuransi kesehatan.

Itulah contoh berusul motif profit.
Next, kita telaah tanya penghargaan ya.

Mendapatkan Penghormatan

Apresiasi di sini bisa bermacam-macam, misalnya seperti penghormatan dari orang lain, atau bahkan pujian bergengsi.

Misalnya, terserah koteng wanita muda bernama Minah yang bekerja dengan gigih melebarkan bisnisnya, buat mendapatkan pengakuan sebuah majalah niaga.

Motif ekonomi untuk mendapatkan penghargaan.
Motif ekonomi bagi mendapatkan penghormatan. (Arsip Zenius)

Wah, pasti Minah berbangga banget ya, kerja kerasnya sejauh ini diakui sampai diberi apresiasi nan menakjubkan.

Siuman ya, Sobat Zenius. Apresiasi ini sebenarnya nggak semata-mata tanya
title
atau pengakuan doang, dapat juga berwujud rasa hormat dan pujian juga.

Kita lanjut ke motif yang gandeng dengan perolehan kekuasaan di putaran lebih lanjut, ya.

Baca Lagi:
Peran Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi – Materi Ekonomi Kelas bawah 10

Memperoleh Kekuasaan

Kekuasaan di sini nggak semata-mata tentang politik negara saja. Seseorang bisa berbuat tindakan ekonomi bagi memperoleh yuridiksi baik di n domestik pertemanan ataupun keluarga, lho.

Motif Ekonomi untuk memperoleh kekuasaan.
Motif Ekonomi untuk memperoleh kekuasaan. (Arsip Zenius)

Selain itu, di parasan menggalas dan industri, seseorang sekali lagi bisa berusaha memperoleh dominasi dengan menambahkan jumlah cagak usaha mereka, hendaknya dapat tanggulang pasar dengan kian luas.

Sobat Zenius, untuk penjelasan lebih lanjut mengenai pendirian dan motif ekonomi, Zenius menyempatkan materi dan eksemplar soal nan
recommended
banget bikin elo cek. Langsung sekadar elo klik
link
di dasar ini.

Video:
Mandu dan Motif Ekonomi

Video materi prinsip dan motif ekonomi Zenius Education.
Yuk, nonton video materi Prinsip dan Motif Ekonomi, sekarang! (Arsip Zenius)

Oke, Sobat Zenius. Kita sudah membahas 5 tipe motif ekonomi dan contohnya, nih. Sekarang, biar penerimaan elo makin mantap, kita coba bakal contoh soal dan tatap pembahasannya,
kuy.


Cermin Tanya Motif Ekonomi

Berikut ini bilang abstrak soal dan pembahasannya.

Sempurna Soal 1

Berikut yang termasuk intern motif ekonomi bagi pengusaha ialah …

A. Menerima karyawan setinggi-tingginya.

B. Memproduksi barang sebanyak-banyaknya.

C. Mencari laba ataupun profit sebanyak-banyaknya.

D. Menggaji biaya produksi paling-paling.

E. Memiliki hutang sebanyak-banyaknya.

Pembahasan:

Seorang pengusaha tentu bosor makan berusaha untuk mendapatkan keuntungan dan mengembangkan bisnisnya.

Dilihat semenjak pilihan jawaban di atas, pilihan A, B, C, dan E, tambahan pula bisa merugikan pemanufaktur.

Misalnya, menerima pegawai sebanyak-banyaknya, terlebih bisa takhlik pengeluaran berlebih banyak dan pekerjaan juga nggak efisien.

Selain itu, memproduksi barang sebanyak-banyaknya lagi nggak selalu baik lho, karena bisa bahkan melebihi permintaan dan menjadi nggak laku saat dijual.

Lalu bagi biaya produksi dan hutang, seorang pengusaha haruslah mengukur berapa biaya produksi dan bila teradat hutang yang diperlukan agar mendapatkan keuntungan nan sesuai.

Baca Juga:  Adobe Acrobat Full Version Free Download for Windows 10

Bintang sartan, dapat disimpulkan bahwa jawaban yang etis adalah
C.

Contoh Soal 2

Motif ekonomi yang memerosokkan bani adam bikin melakukan baik adalah …

A. Motif pemenuhan kebutuhan

B. Motif sosial

C. Motif mendapatkan keuntungan

D. Motif apresiasi

E. Motif yuridiksi

Pembahasan

Tadi kita mutakadim mempelajari, bahwa motif ekonomi yang takhlik bani adam berbuat baik demi kesejahteraan adalah motif sosial ya, Sobat Zenius.

Maka, jawabannya yaitu
B.

Contoh Tanya 3

Berikut ini nan yakni motif ekonomi faktual dominasi adalah ….

A. Pak Rudi menjual motor buat membayar biaya sekolah anak-anaknya.

B. Dohyun membeli salak kerjakan menahan laparnya.

C. Erika memilih bekerja di perusahaan tambang karena gajinya samudra.

D. Siska mentraktir teman kelasnya agak dipilih menjadi pembesar kelas.

E. Adi menjual roti bakar kerjakan mengumpulkan dana sumbangan korban air sebak.

Pembahasan

Di antara seleksian jawaban tersebut, nyana-kira nan mana nih yang bertujuan bakal mendapatkan kekuasaan?

Untuk jawaban A dan B, Pak Rudi dan Dohyun melakukan kegiatan tersebut buat menunaikan janji kebutuhan mereka.

Sedangkan bagi jawaban C, Erika memilih perusahaan tersebut karena profit berupa gaji yang besar.

Habis cak bagi E, Adi menjual roti bakar agar mendapatkan uang bikin disumbangkan ke alamat banjir. Berfaedah, kegiatan Adi dilandasi motif sosial.

Nah, untuk jawaban D, Siska mengongkosi teman-temannya, agar mendapatkan suara, sehingga dia dipilih menjadi pembesar inferior dan mendapatkan yuridiksi.

Perumpamaan coretan, apabila Siska memodali padanan-temannya sepatutnya nggak dipilih menjadi komandan kelas, itu teguh termasuk motif kekuasaan ya. Karena sreg dasarnya, motif yuridiksi melandasi seseorang bertindak sesuatu dengan tujuan anak adam lain mengikuti keinginannya.

Maka, jawaban yang tepat yakni
D.

Abstrak Soal 4

Sebutkan 4 macam motif ekonomi!

Pembahasan:

Pada artikel ini, kita mutakadim membahas 5 varietas motif ekonomi. Jadi, kalau elo menemukan soal ini di testing, pastinya nggak jadi ki aib dong?

Hayoo … masih ingat nggak apa saja motif yang mutakadim kita pelajari? Gue sebutkan suatu per satu ya.

  • Motif kebutuhan → untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.
  • Motif sosial → bagi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  • Motif mendapatkan profit → bakal mendapatkan keuntungan baik kerumahtanggaan bentuk komisi, fasilitas, koalisi, dan lain sebagainya.
  • Motif mendapatkan pujian → kerjakan mendapatkan piagam, rasa sembah, dan lain sebagainya.
  • Motif mendapatkan yuridiksi → mendapatkan kekuasaan baik di tingkat anak bini, persahabatan, maupun politik.

Baca Kembali:
Ilmu Ekonomi dan Permasalahannya – Materi Ekonomi Kelas 10

*********

Oke Sobat Zenius, itulah pembahasan singkat adapun motif ekonomi . Kalau elo ingin mempelajari materi Ekonomi lainnya dengan makin dalam dan asyik, coba deh nonton video materi Zenius dan akses soal-soalnya.

banner zenius ekonomi

Pastikan elo
gelondong in
akun Zenius elo ya cak agar bisa akses video dan soalnya. Sampai di sini tinggal artikel kali ini, dan sampai jumpa di kata sandang selanjutnya!

Sebutkan 4 Macam Motif Ekonomi

Source: https://www.zenius.net/blog/motif-ekonomi

About Merry Rianna