Apa Perbedaan USB Type A, Type C, Micro, dan Lighting?


Charger dan kabel data menjadi perangkat yang sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap pengguna smartphone. Berbagai tipe
USB (Universal Serial Bus)
bermunculan seiring berkembangnya teknologi pada gadget yang dirilis. Misalnya saja seperti charger Type C yang semakin banyak digunakan di ponsel pintar keluaran terbaru.

Tapi tidak hanya Type C saja yang sering digunakan, masih ada Type A, Micro, serta Lighting. Lalu, apa sih perbedaannya? Daripada penasaran terus, berikut HIPPO berikan perbedaan keempat USB tersebut.

Perbedaan USB Type A, Type C, Micro, dan Lightning

USB Type A

USB A


USB Type A
adalah tipe yang sangat umum digunakan sampai saat ini. Bentuknya persegi dengan dimensi yang lebih lebar. Pastinya kamu akan gampang menemukannya di perangkat laptop, desktop, serta periferal lainnya. Bahkan, masih ada adaptor perangkat mobile yang memakai sambungan tipe USB ini.

Tidak hanya digunakan pada komputer atau perangkat mobile saja, di beberapa konsol game pun juga masih tetap memakai jenis Type A. Mulai dari PS, Nintendo Wii, XBox, DVD, Blu-Ray Player, sampai TV dilengkapi port USB Type A. Biasanya port tersebut dipakai untuk sambungan kontroler atau gamepad.

USB Type C

ZIG Type-c

Nah, untuk
USB Type C, sekarang penggunaannya sudah tidak asing lagi. Kebanyakan smartphone keluaran terbaru kelas menengah ke atas sekarang ini menggunakan charger Type C. Bentuknya berbeda dengan Type A, karena lebih oval dan simetris.

Karena bentuknya lebih simetris, kamu bisa menggunakannya dari sisi atas maupun bawah. Jadi tidak usah bingung lagi membedakan mana yang bagian atas mana yang bawah. Tapi, tidak hanya itu saja kelebihan USB Type C.

Baca Juga:  Sistem Politik Di Negara Inggris Adalah

Tipe USB ini dapat mengalirkan daya sekaligus memindahkan data lebih cepat daripada jenis USB lainnya. Belum lagi Type C ditambahkan ke laptop-laptop jenis ultrabook agar bisa mengisi daya dan memindahkan data sekaligus.

USB Micro

Hippo Cable Zig Micro

Selain charger Type C, smartphone dan perangkat lainnya, seperti powerbank juga ada yang menggunakan
USB Micro. Jenis yang satu ini memiliki bentuk yang lebih pipih dan lebar dibandingkan 2 tipe sebelumnya.

Pastinya kamu tidak akan kesulitan menemui tipe ini karena memang digunakan di beberapa perangkat yang sering kita gunakan. Sebagian ponsel pintar kelas menengah ke bawah masih tetap memakai tipe Micro. Bahkan kamera digital pun juga menggunakan USB Micro untuk pengisian daya baterai dan transfer data.

USB Lightning

Hippo Cable Zig Lightning

Kalau charger Type C banyak digunakan di berbagai gadget,
USB Lightning
dihadirkan hanya untuk pengguna produk Apple. Tipe yang satu ini digunakan untuk menyambungkan perangkat mereka, entah iPhone, iPad, ataupun iPod ke komputer, powerbank maupun adaptor listrik.

Tipe ini memiliki desain yang simetris, mirip seperti Type C sehingga bisa dicolok ke port tanpa memperhatikan sisi atas atau bawah. Tersedia secara khusus untuk pengguna perangkat mobile dari Apple, koneksi Lightning membuat penggunanya semakin gampang bertukar kabel charger, terutama pengguna iPad dan iPhone.

Itulah beberapa tipe USB yang biasanya digunakan pada charger selain charger Type C. Ada baiknya kamu memiliki cadangan kabelnya agar kamu tidak kebingungan mencari tipe yang sama saat sedang diperlukan. Tidak semua teman-temanmu memiliki tipe yang sama denganmu, kan? Dari tipe USB di atas, mana sih yang sering kamu pakai?