Riuk suatu pengadang kualitas tanaman cabe yakni menurun salah satunya disebabkan adanya masalah cabe busuk. Bukan cuma membuat biji pelir cabe yang membusuk, namun juga mempengaruhi kesuburan pokok kayu cabe lainnya.

Takdirnya terus dibiarkan, pastinya akan menciptakan menjadikan rugi. Takdirnya anda ialah salah satu penanam yang selalu menangkap basah problem cabe busuk, ancang yang tepat bakal mengerjakan pencegahan. Tentu menjadi pelecok satu peristiwa utama intern melakukan antisipasi seperti:

  • Melihat kondisi kesuburan tanah tanam
  • Kualitas ekstrak cabe
  • Teknis perawatan

Dari beberapa kejadian yang dapat Kamu tatap, saat tanaman cabe menunjukkan pertumbuhan yang stuck dan buah cabe yang terlihat rusak, tentu harus ada langkah antisipasi sebagai halnya mengenali berikut ini:


1. Gejala Penyakit Cabe Busuk

Sebelum melakukan langkah-langkah bagi mengatasi penyakit rusak mayit plong tanaman cabe. Ada baiknya anda memastikan kalau kebobrokan ini benar kelainan busuk dengan melihat bilang tandanya bahkan sangat.

Serangan semula berasal kelainan busuk pada tanaman cabe bisa dilihat pada bagian biji pelir cabe yang menginjak muncul bercak berwarna cokelat. Buah cabe juga menjadi panjang hati dan memperlainkan bau nan sangat busuk.

Sreg tahap selanjutnya, seluruh buah cabe akan berubah rona menjadi cokelat hitam. Jikalau terus dibiarkan bagian batang cabe juga akan berubah warna menjadi kecokelatan. Tandanya, penyakit sudah menyerak ke bagian lain berusul pohon cabe.


2. Penyebab Problem Cabe Busuk

Sira harus mengetahui penyebab biji zakar cabe rontok dan busuk apalagi dahulu. Mengetahui penyebab penyakit cabe busuk dapat membantu anda untuk menemukan cara penanganan yang tepat. Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan penyakit tembelang pada tanaman cabe:



Kekurangan Unsur Hara

Penyebab terdahulu yang paling memungkinkan kebobrokan kemungkus memaki tanaman cabe yakni kurangnya anasir hara. Semua tanaman membutuhkan unsur hara cak bagi berkembang dengan sehat, begitu juga dengan tanaman cabe.

Sebuah studi mutakadim menemukan hubungan antara unsur hara terhadap keburukan rusak. Kekurangan zarah hara, terutama nitrogen membentuk tanaman cabe semakin mudah terserang penyakit kemungkus.

Tentunya enggak sekadar kelainan busuk. Kurangnya unsur hara dapat menciptakan menjadikan tanaman cabe mengalami banyak gangguan, seperti tidak dapat merecup dengan baik, tidak berbuah, hingga mortalitas.


Kelebihan Maupun Kesuntukan Air

Selain anasir hara, atom lainnya yang mewujudkan tanaman cabe terkena kelainan busuk ialah air. Kekurangan air tentu dapat mewujudkan tanaman cabe menjadi kering sehingga memiliki kunci tahan yang lemah terhadap penyakit.

Baca Juga:  Lele Menggantung: Gejala Serangan, Penyebab, Pengobatan Hingga Cara Mengatasi

Tetapi bukan berarti anda harus menyiram tanaman cabe dengan air yang lewat banyak. Air yang terlalu banyak sampai menggenang di bawahnya dapat menciptakan menjadikan tanaman cabe meradang cendawan. Hal ini sampai-sampai mempersering pendakyahan masalah kemungkus pada cabai.


Ofensif Hama Maupun Keburukan

Cabe memang terkenal dengan rasa yang pedas, tapi tidak akan menghentikan kehendak wereng kerjakan memakan beberapa bagiannya dan menjadikannya sarang. Ada banyak sekali hama yang boleh menyerang pohon cabe.

Tungau daun, thrips, tungau, kutu kebul, lalat biji zakar, ulat biji pelir, dan belatung gerayak merupakan daftar hama yang sering mengganggu pokok kayu cabe. Hama tersebut bisa memperhatikan semua episode sehingga membuat pengisapan nutrisi tanaman cabe tidak maksimal. Hal ini akhirnya membuat tanaman cabe jadi mereput.

Selain wereng, ada pula ki kesulitan yang bisa membuat pokok kayu cabe busuk. Penyakit seperti putri malu semai, layu fusarium, layu bibit penyakit, patek, busuk phytophthora, dan bercak daun boleh menyebabkan pembusukan pada tanaman cabe.

Penyakit-penyakit tersebut bisa disebabkan maka itu berbagai macam hal, seperti rabuk, virus, dan bakteri. Babak akar, mayat, daun, dan buah dapat menjadi korbannya. Seandainya terus dibiarkan, pokok kayu cabe akan rusak dan sirep plong akhirnya.


Intensitas Kurat Syamsu

Pohon cabe dan hampir seluruh tanaman yang ada di bumi membutuhkan cahaya surya untuk bertahan hidup. Tumbuhan cabe membutuhkan cahaya mentari kerjakan mengamalkan proses pernapasan.

Keadaan yang membuat penyakit busuk lega cabe adalah kurangnya ataupun lebihnya intenstitas kilauan matahari yang diterima. Sama seperti air dan partikel hara, tumbuhan cabe penis nur matahari dengan intensitas yang tepat.


Komposisi Cendawan

Tata letak cendawan yang tidak tepat menjadi penyebab lainnya nan membuat tanaman cabe meradang problem busuk. Terlalu kurang mengasihkan pupuk memang menghambat pertumbuhan tanaman cabe. Namun, memberikan terlalu banyak pupuk juga lain langkah yang tepat.

Serabut umumnya mengandung unsur hara dan beberapa mikroorganisme. Kelebihan molekul hara dapat menyebabkan bilang bencana kepada tanaman cabe hingga akhirnya membuatnya busuk.


3. Prinsip Mengatasi Komplikasi Cabe Kemungkus


Mencari prinsip ampuh mengatasi busuk buah pada pohon cabe selayaknya cukup langka karena kebobrokan yang suatu ini memang silam sukar disembuhkan.

Cuma, bukan berarti bukan bisa. Lakukan beberapa cara mengatasi busuk batang lega tanaman cabe berikut ini:

cara mengatasi penyakit cabe busuk


Menjaga Kebersihan Lingkungan Seputar

Penyebab langsung yang membuat cabe rusak yaitu bakteri, cendawan, dan lalat buah. Ketiga hal tersebut bisa menular tanaman cabe karena lingkungan yang kotor. Basil dan jamur akan nomplok kepada palagan yang lembek. Lalat buah tertarik dengan wadah yang kotor dan bau.

  • Karena itu, cobalah lakukan menjaga mileu sekitar tanaman cabe menjadi makin bersih. Bakal sanitasi kapling dengan baik dan benar. Membersihkan lahan juga akan membawa banyak positif pada tanaman cabe.
  • Sanitasi lahan dapat anda lakukan dengan tiba membersihkan persil mulai sejak tahi-sisa pohon. Sisa tanaman tersebut barangkali mengirimkan bakteri dan jamur nan bisa menyebabkan masalah pada tanaman cabe.
  • Setelah itu, campakkan semua pokok kayu yang sedang guncangan di sekitar kapling tersebut. Penyakit pada tanaman bisa rembet dengan sangat cepat.
Baca Juga:  White Spot Pada Ikan Cupang: Cara Mengobati Hingga Pencegahan


Menyiapkan Sistem drainase

Air menjadi masalah penting yang membentuk pokok kayu cabe makara busuk. Kekurangan atau guna air dapat diatasi dengan menciptakan menjadikan sistem drainase yang benar.

Sistem pengaliran akan membantu mengalirkan air yang berlebihan ke tempat penyimpanan air. Air nan sudah disimpan oleh sistem pengaliran ini dapat anda gunakan lakukan menyiram tanaman pun.

Anda bisa mewujudkan parit untuk menampung kurnia air nan akan dialirkan menggunakan sebuah pipa sebagai sistem drainase untuk pohon cabe.


Memasang Plastik Musa

Plastik mulsa punya keistimewaan untuk menudungi tumbuhan cabe sehingga tidak bisa diserang maka dari itu lalat buah, bakteri, dan jamur. Pengendalian penyakit busuk terhadap tanaman cabe pun bintang sartan lebih mudah menggunakan plastik mulsa.

Selain itu, plastik mulsa pun berfungsi kerjakan menjaga lahan agar tegar lempem, mencegah tumbuhnya gulma, sampai menjaga unsur hara intern persil.

Studi telah menunjukkan bahwa pendayagunaan plastik mulsa terhadap tanaman cabe bisa menambah tinggi tanaman dan meningkatkan jumlah cabangnya. Banyak keuntungan nan bisa anda dapatkan menunggangi plastik mulsa.


Menggunakan Pembasmi

Cara menguasai jamur pada tanaman cabe yang paling mudah ialah menunggangi fungisida bikin busuk biji zakar cabe. Kalau penyebabnya adalah bakteri, anda boleh menggunakan bakterisida. Jika penyakit busuk pada tanaman cabe disebabkan oleh lalat biji zakar, gunakan insektisida.

Hanya gunakan pembasmi saat penyakit rusak cabe sudah sangat parah. Selain harganya yang pas mahal, cara mengatasi biji kemaluan cabe hangus menggunakan cairan pembasmi boleh mengubah atom kimia n domestik kapling.


4. Mandu Pencegahan Ki aib Cabe Tembelang

Tugas anda belumlah radu cak agar mutakadim berhasil mengendalikan busuh buah cabe. Ki aib ini masih dapat kembali datang dan menyebabkan buah cabe kembali busuk. Karena itu, cak semau baiknya dia mengetahui kaidah pencegahan penyakit cabe busuk berikut ini:

cara pencegahan cabe busuk


Konservasi Optimal

Cara pencegahan penyakit tembelang sreg pohon cabe purwa yang boleh anda lakukan yaitu melakukan perawatan dengan optimal. Selain mencegah keburukan, perawatan yang optimal pula membuat hasil penuaian jadi bertambah banyak.

  • Konservasi optimal untuk tanaman cabe dimulai dengan memastikan semua kebutuhan gizi terpenuhi. Tanaman cabe membutuhkan partikel hara makro dan unsur hara mikro, sebagaimana nitrogen, fosfor, kalium, magnesium, kalsium, seng, besi, dan masih banyak lagi.
  • Berikan pupuk nan tepat kerjakan menjaga agar kebutuhan vitamin tersebut pada tanaman cabe. Berikan pupuk saat penghijauan awal hingga mulai panen.
  • Keseriusan cahaya rawi dan air menjadi keburukan yang mewujudkan tanaman cabe mudah terserang penyakit rusak. Karena itu, berikan cuaca surya dan air dalam kuantitas yang tepat lakukan mencegah penyakit ini.
  • Pokok kayu cabe membutuhkan keseriusan cerah matahari sebanyak 75% atau bertambah 6 jam dalam sehari. Tanaman cabe juga enggak tanaman yang kontol air kerumahtanggaan jumlah banyak sehingga lebih cocok ditanam di wilayah dengan guyur hujan sekitar 2000 mm intern setahun.
  • Biar bukan tanaman yang butuh banyak air, tetapi media tanam bakal tanaman cabe harus loyal lembap.
  • Berikan jarak ketika ingin menguburkan tanaman cabe bakal mencegah penyebaran penyakit yang cepat. Jarak yang paling kecil optimal antar tanaman cabe adalah sekitar 1 meter.
  • Kalau suka-suka bagian yang sudah tembelang maupun terserang penyakit lainnya, segera potong bagian tersebut dan buang jauh dari persil untuk mencegah penyebarannya.
Baca Juga:  Penyakit Myo Udang Vaname: Gejala Serangan, Penyebab, Pengobatan, Hingga Cara Pencegahan


Dosis Pemupukan

Anda sudah lalu tahu kalau kelebihan atau kesuntukan unsur hara bisa menjadi penyebab kebobrokan tembelang plong tanaman cabe. Cegah penyakit ini dengan mengasihkan macam dan dosis pupuk nan tepat.

Pertumbuhan cabe yang tekor maksimal, sangat dipastikan dipengaruhi banyak hal. Salah satunya kualitas tanaman cabe yang menghasilkan cabe busuk dan lain bagus saat akan panen tiba.

Mengapa begitu? tentu saja disebabkan kualitas pokok kayu cabe yang bukan dipenuhi teknis perawatan yang tepat. Anda juga bisa menyimak video akan halnya penanganan cabe buah berikut ini:

Salah satu langkah pencegahannya dengan melakukan treatment yang tepat dan juga pemupukan yang sesuai. Pupuk cabe GDM n kepunyaan kandungan zarah hara makro & mikro yang suntuk acuan dan terbaik dijajaranya.

Nafkah unsur hara makro & mikro inilah yang bisa mencegah kerontokan bunga dan buah sreg tumbuhan cabai.

Tanaman Cabe nan diapalikasikan secara rutin menggunakan pupuk cabe GDM dapat mencegah rontok anak uang pada tanaman cabe.

Dengan mencegah terlepas bunga pada tumbuhan cabe, maka hasil panen pun pula dapat meningkat secara maksimal.

Memberikan
Kawul Organik Cair GDM Spesialis Pangan,
GDM Granule SAME
dan
GDM Black BOS
saban hari dapat memberikan hasil yang lebih maksimal dalam pertumbuhan tumbuhan cabe.

Itulah hal yang bisa anda lakukan bakal mengamankan penyakit cabe busuk. Anda lagi bisa memulai temu ramah GRATIS dengan tim ahli pertanian kami melintasi tombol dibawah ini: