Pengeluaran Keringat Menyebabkan Peningkatan Pengeluaran Panas Tubuh Secara

Pengeluaran Keringat Menyebabkan Peningkatan Pengeluaran Panas Tubuh Secara

Pengeluaran keringat dalam mengatur suhu tubuh terjadi akibat dari kerjasama antara kelenjar keringat dan pembuluh darah dengan hipotalamus di otak.
Pertama, saat rangsangan dengan cuaca panas muncul menyebabkan peningkatan suhu pembuluh darah; kedua, rangsangan tersebut memakan diterima hipotalamus dan memberikan respon dengan mengaktifkan pusat pendingin di otak;
ketiga, hipotalamus akan mengaktifkan proses pendinginan suhu dengan cara merangsang pengeluaran keringat oleh kelenjar keringat serta merangsang pelebaran pembuluh darah;
keempat, pengeluaran keringat dan pelebaran pembuluh darah dapat menurunkan suhu tubuh sehingga kembali seimbang. Rangkaian tersebut dapat bekerja sebaliknya saat terdapat rangsangan berupa rendahnya suhu tubuh sehingga pengeluaran keringat dihentikan.

Tubuh manusia memiliki cara untuk mengeluarkan hasil metabolisme tubuh, antara lain dengan mengeluarkan keringat dan urine. Pengeluaran keringat dan urine berbanding terbalik pada kondisi suhu tinggi dan suhu rendah.

Ketika tubuh berada pada lingkungan dengan suhu yang tinggi atau saat cuaca panas, maka pori-pori kulit akan membuka untuk mengeluarkan keringat. Pada kondisi ini air di dalam tubuh sudah banyak dikeluarkan oleh keringat, sehingga ginjal akan memproduksi sedikit urine. Artinya ketika suhu tinggi, jumlah pengeluaran keringat meningkat sementara pengeluaran urine menurun.

Sebaliknya, ketika tubuh berada pada lingkungan dengan suhu yang rendah atau saat cuaca dingin, maka pori-pori kulit akan menutup untuk menjaga agar tubuh tetap hangat. Pada kondisi ini keringat akan sedikit dihasilkan, sementara air di dalam tubuh banyak dikeluarkan melalui urine. Artinya ketika suhu rendah, jumlah pengeluaran keringat menurun sementara ginjal akan memproduksi banyak urine.

KOMPAS.com
– Keringat adalah salah satu hasil sistem ekskresi manusia. Kita biasanya berkeringat paling banyak pada area ketiak, wajah, punggung, telapak tangan, dan juga telapak sepatu.

Baca Juga:  Hukum Memakai Jilbab Tidak Menutup Dada

Tahukah kamu faktor apa saja yang memengaruhi pengeluaran keringat pada tubuh? Untuk mengetahuinya, yuk kita simak penjelasan berikut ini!

Faktor yang memengaruhi pengeluaran keringat pada tubuh manusia adalah suhu, aktivitas, emosi, dan hipotalamus pada otak.

Pada cuaca yang panas, manusia biasanya menggunakan baju yang tipis agar tidak kepanasan. Saat suhu lingkungan panas, tubuh kita akan mengeluarkan keringat.

Dilansir dari National Center for Biotechnology, saat suhu lingkungan lebih tinggi dari suhu kulit, panas akan dibuang keluar tubuh melalui keringat yang disekresikan kelenjar ekrin ataupun apokrin.

Hal ini dilakukan untuk membuang panas dari dalam tubuh, untuk menghindari kerusakan organ akibat panas. Keringat tersebut didapat dari air dalam tubuh, inilah mengapa saat cuaca panas kita sering haus karena air dalam tubuh dikeluarkan dalam bentuk keringat.

Baca juga: 13 Penyebab Keringat Dingin, Termasuk Gejala Serangan Jantung?

Pengeluaran keringat dipengaruhi oleh faktor aktivitas tubuh yang dilakukan. Misalnya kamu hanya diam dikamar, memainkan ponsel sembari berbaring maka kamu tidak akan banyak berkeringat kecuali jika cuaca panas.

Lain halnya saat kamu melakukan pekerjaan otot yang berat, seperti berlari, bersepeda, dan bersih-bersih rumah. Pekerjaan otot akan menghasilkan keringat, semakin berat pekerjaan otot maka akan semakin banyak keringat yang dikeluarkan oleh tubuh.

Kondisi emosi seseorang sangatlah memengaruhi pengeluaran keringat pada tubuhnya. Dilansir dari Healthline, manusia biasanya mengeluarkan banyak keringat ketika merasa marah, takut, malu, gelisah, dan juga stress secara emosional.

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI
Cara kerja hipotalamus dalam mengatur pengeluaran keringat

Hipotalamus adalah bagian tengah otak yang berfungsi dalam homeostatis atau mempertahankan suhu tubuh.

Hipotalamus mengontrol pengeluaran keringat dengan mendeteksi suhu tubuh dan memberikan perintah pada pembuluh kapiler di kulit.

Baca Juga:  Peranan Bumd Terhadap Peningkatan Kemakmuran Rakyat Indonesia Antara Lain

Dilansir dari Arizona State University, saat hipotalamus merasakan suhu tubuh panas, ia akan mengirimkan sinyal ke kapilari untuk melebar dan kelenjar keringat mengeluarkan keringat serta panas.

Sebaliknya jika hipotalamus mendeteksi suhu tubuh yang rendah, ia akan mengirim sinyal untuk menyempitkan kapilari. Penyempitan ini dilakukan untuk mengisolasi panas agar tidak keluar, kelenjar keringatpun akan menutup dan tidak mengeluarkan keringat.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berikutnya


deret penjelas dari mengapa harus hemat listrik ?​


Q = m . c . �� T Q = 0,8 . 4200 . 50 = ?


Sebuah bidang miring dengan panjang 10 m, dan tingginya 5 m, digunakan untuk mendorong beban ke sebuah truk. Bila gaya yang dikeluarkan sebesar 250 N …

maka berat benda yang didorong naik sebesar​


A.4CM²=…M²B.72KM/JAM=…..MS​


Sebuah besi panjang 1m pada suhu 20° berapa panjang besi setelah 21°C Setiap 1°c besi memuai 1cm bantu jawabb​


Pada pesawat sederhana terdapat bagian penting yaitu tumpu, kuasa, dan beban. Kuasa pada pesawat sederhana adalah …. a. titik terjadinya kesetimbang …

an b. gaya yang bekerja untuk memindahkan beban c. tempat tumpuan beban yang bersifat tetap d. gaya yang muncul pada beban ​


Gaya mendatar 50 N mmenggerakkan balok di atas meja dengan kelajuan kcnştan 2 m/s. Besar usaha yang dilakukan gaya terhadap balok selama 6 s adalah 3. …

100 J b. 150 J 300 J d 690 J​


7 Tuliskan besaran dan satuan dari pertanyaan berikut! a. Massa sebuah apel adalah 200 b. Tinggi badan siswa A adalah gram. 150 cm. c. Suhu air mendid …

ih adalah 100 Celcius. d. Berat badan Rino 45 kg. e. Waktu yang 15 menit. dibutuhkan untuk memasak telur rebus​

Baca Juga:  Jaringan Pada Daun Yang Secara Efisien Menyerap Cahaya Matahari Adalah


Jelaskan hubungan antara massa jenis dengan susunan partikel zat! pliss Kaka” mohon bantuannya ya​


B. Selesaikanlah soal HOTS berikut dengan benar! Sebuah benda diluncurkan dari titik A menempuh lintasan ABCDEF kemudian menabrak pegas tak bermassa d …

i titik E kemudian berhenti sepenuhnya pada titik F seperti yang Diketahui lintasan BC dan DEF merupakan lintasan yang licin, sedangkan lintasan CD adalah kasar. Bagaimana usaha yang dilakukan oleh gaya gesek pada sistem tersebut? Jelaskanlah pendapatmu! terlihat pada gambar berikut! D EF C www​


Angin muson dapat menghasilkan curah hujan bila membawa kelembaban tinggi akibat melewati suatu wilayah perairan yang luas. Salah satu ciri dari angin …

muson adalah …​


scara berurutan peristiwa yang terjadi pada sel x dan y adalah​


Pada persilangan intermediet. Kucing abu abu (Hh) disilangkan dengan kucing abu-abu (Hh). Jika dalam persilangan tersebut dihasilkan 8 keturunan. Maka …

jumlah kucing putih adalah…(pakai langkah-langkah)​


fase yang ditunjukkan oleh huruf p dan Q secara berurutan adalah​


maanfaat ponsel :Dampak negatif :Dampak positif Manfaat Surat :Dampak negatif :Dampak Positif :DALAM BENTUK PARAGRAF UNTUK PRESENTASITerima kasih​


Bantu kk 🙁 dikumpul besokTematik.Kelas.5Mapel:Biologi​


siapa yang menciptakan plastik pertama kali serta jelaskan kenapa diciptakan nya plastik terimakasih ​


mohon dijawab ya kak, terimakasih ​


Bagaimana perbandingan genotipe pada persilangan monohibrida dan dihibrida? Jawab:​


LENGKAPILAH BAGIAN-BAGIAN TUBUH IKAN BERIKUT!​

Pengeluaran Keringat Menyebabkan Peningkatan Pengeluaran Panas Tubuh Secara

Source: https://kafesentul.com/pengeluaran-keringat-menyebabkan-peningkatan-pengeluaran-panas-tubuh-secara

About Merry Rianna