Pemasaran Yang Tepat Untuk Produk Kerajinan Bertema Etnik Berada Di

Pemasaran Yang Tepat Untuk Produk Kerajinan Bertema Etnik Berada Di

Jika Anda adalah seorang perajin produk kerajinan, maka Anda harus mengetahui strategi pemasaran produk kerajinan yang baik dan tepat sasaran. Memiliki produk kerajinan dengan desain yang unik dan kualitas bahan yang bagus saja tidak cukup, Anda juga harus memiliki strategi pemasaran yang tepat sasaran.

Untuk menjangkau calon pelanggan, ada beberapa
strategi pemasaran
yang bisa Anda lakukan. Jangan sampai produk kerajinan yang memang bagus dan berkualitas tidak terjual dengan maksimal hanya karena kekurangan dalam pemasaran.

Yuk simak penjelasan mengenai strategi pemasaran produk kerajinan yang baik dan tepat sasaran di bawah ini!

Strategi Pemasaran Produk Kerajinan

Dalam menjalankan bisnis, Anda diharuskan mempunyai strategi untuk memasarkan produk atau jasa yang akan dijual agar Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Maka dari itu, sebagai pebisnis produk kerajinan, Anda harus memiliki strategi pemasaran yang baik.

Berikut ini adalah langkah-langkah strategi pemasaran produk kerajinan yang bisa Anda ikuti untuk memaksimalkan hasil penjualan:

1. Menentukan Target Pasar

Banyak pelaku usaha
produk
kerajinan memiliki idealisme yang tinggi dan akhirnya terjebak dengan hasil produk kerajinan yang menumpuk karena tidak sesuai dengan selera pasar. Dalam setiap bisnis, menentukan target pasar sangat penting karena jika sudah memiliki target pasar maka produk yang akan dijual bisa disesuaikan dengan kebutuhan pasar yang dituju.

Target pasar dapat ditentukan sebelum Anda mulai memproduksi suatu produk atau memutuskan untuk menjalankan sebuah bisnis. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan perkembangan selera konsumen pada bidang bisnis yang Anda jalankan, pada kasus ini bidang produk kerajinan. Perkembangan zaman serta gaya hidup dari konsumen dapat memengaruhi selera konsumen dalam membeli suatu produk.

Baca Juga:  Apakah Dampak Dari Dosa Yang Dibuat Oleh Kain

Baca Juga:

Mengenal 5 Perbedaan Strategi Pemasaran Jasa dan Produk

2. Pastikan Produk yang Dijual Unik

Setelah menentukan target pasar, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat produk yang unik sehingga dapat menarik perhatian konsumen. Unik yang dimaksud di sini adalah produk yang Anda jual memiliki keunggulannya tersendiri dibandingkan dengan produk dari kompetitor Anda. Produk yang unik juga memiliki daya saing yang kuat sehingga mampu bertahan di tengah persaingan bisnis yang ada.

Memiliki produk yang unik berarti memiliki perbedaan dengan produk yang ada di pasaran. Selain dari kegunaannya, perbedaan tersebut dapat meliputi bentuk, warna, material, atau bahkan harga. Keunikan ini akan membedakan produk Anda dan membuatnya lebih istimewa dari produk kompetitor Anda.

Anda harus kreatif ketika menciptakan produk agar bisa disukai konsumen, hal ini akan membuat bisnis Anda terus berkembang dan
branding
dari bisnis yang dijalankan akan semakin meningkat. Jika diperlukan, Anda dapat meminta masukan maupun saran dari pelanggan setia Anda mengenai produk seperti apa yang mereka butuhkan.

Jika produk kerajinan Anda adalah produk yang harus dibuat secara khusus atau membutuhkan jumlah minimum tertentu untuk diproduksi, maka Anda dapat menggunakan sistem pre-order ketika memasarkannya.

Baca Juga:

Kelebihan Pemasaran Online dibanding daripada Cara Promosi Offline

3. Lakukan Promosi

Ketika produk sudah sesuai dengan keinginan target pasar, selanjutnya Anda dapat melakukan promosi agar calon pelanggan bisa mendapatkan informasi mengenai produk kerajinan yang Anda jual. Promosi yang dilakukan harus sesuai dengan target pasar yang sudah ditentukan sebelumnya.

Buat konsep promosi yang menarik untuk mendapatkan perhatian calon pelanggan atau target pasar yang telah Anda tentukan sebelumnya. Jika Anda belum memiliki konsep promosi, berikut ini adalah beberapa cara agar Anda bisa mengembangkan konsep promosi yang tepat sasaran:

  • Cari referensi yang relevan dengan target pasar Anda. Misalnya, jika targetnya adalah ibu-ibu, cari tahu apa yang disukai oleh ibu-ibu dan keuntungan apa yang produk Anda tawarkan kepada mereka agar mereka mau membeli produk Anda.
  • Lakukan analisis terhadap bagaimana kompetitor Anda memasarkan produknya. Amati, tiru, dan modifikasi konsep yang mereka lakukan, pastikan konsep yang Anda buat lebih
    fresh
    dan dapat lebih
    engage
    dengan calon pelanggan.
Baca Juga:  Faktor Yang Mempengaruhi Besarnya Kekuatan Elektromagnet Pada Kumparan Adalah

Melakukan promosi produk tanpa konsep yang jelas dan tidak sesuai dengan target pasar hanya akan membuang uang Anda secara sia-sia. Jadi, pastikan konsep promosi yang akan Anda lakukan sudah direncanakan dengan matang, dimulai dari segi konsep, keuangan, hingga eksekusinya.

4. Manfaatkan Internet

Perkembangan internet
saat ini telah membuat banyak platform yang dapat dijadikan sebagai sarana yang tepat dalam melakukan kegiatan pemasaran. Selain lebih murah, cara ini juga terbukti ampuh untuk mempromosikan suatu produk. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan internet untuk memasarkan produk kerajinan Anda.

Anda bisa membuat akun media sosial di berbagai platform terkenal seperti Instagram, Facebook, TikTok dan Youtube. Isi akun media sosial ini dengan konten-konten menarik seputar produk kerajinan Anda. Selain itu, Anda juga bisa membuat
website
khusus untuk memasarkan produk kerajinan Anda.

Jika Anda menggunakan
website, pastikan Anda memaksimalkan strategi
Search Engine Optimization
(SEO) Anda dalam memasarkan produk Anda. Jika perlu, pasang iklan produk kerajinan Anda di media sosial yang telah Anda buat untuk meningkatkan
brand awareness.

5. Mengikuti Pameran dan Bazar

Bisnis produk kerajinan Anda tidak akan berkembang secara signifikan jika tidak diperkenalkan ke masyarakat luas. Semakin banyak orang yang mengenal produk Anda, maka penjualan akan semakin meningkat.

Untuk meningkatkan penjualan, Anda bisa mengikuti pameran kerajinan atau bazar. Dengan mengikuti acara tersebut, Anda berkesempatan untuk memamerkan produk Anda sehingga calon pelanggan dapat mengetahui bentuk dan fungsinya. Selain itu, Anda dapat membangun hubungan untuk mengembangkan produk Anda dengan mengikuti acara seperti itu.

Baca Juga:

Mengenal Lebih Dalam Strategi Komunikasi Pemasaran

Nah, jika Anda membutuhkan
pinjaman dana tunai
untuk melakukan pemasaran atau mengembangkan bisnis, Anda dapat melakukannya di
Modalku. Untuk mendaftar, Anda dapat klik
di sini. Semoga strategi pemasaran produk kerajinan yang kami sampaikan dapat membantu Anda, ya!

Baca Juga:  Seorang Pengamat Di Stasiun Ruang Angkasa

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di


blog.modalku.co.id

. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2022. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku
di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik
di sini.

Pemasaran Yang Tepat Untuk Produk Kerajinan Bertema Etnik Berada Di

Source: https://blog.modalku.co.id/bisnis/sektor-umkm/strategi-pemasaran-produk-kerajinan/

About Merry Rianna