Ingin Tahu Modal Jualan Tahu Crispy? Berikut Rinciannya

Jualan Tahu Crispy – Cemilan atau makanan ringan menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menguntungkan. Seperti halnya dengan jualan tahu crispy yang punya peminat banyak. Cemilan ini terbilang cukup populer di berbagai kalangan, mulai kaum muda hingga tua.

Modal Jualan Tahu Crispy

jualan tahu crispy

Apalagi, tahu merupakan makanan yang familiar dimakan setiap harinya untuk lauk pauk ataupun sebagai makanan ringan. Untuk memulai jualan makanan ini diperlukan modal yang lumayan banyak. Modal tesebut juga termasuk bpengeluaran tetap dan pengeluaran bulanan. Lantas, berapa modal yang diperlukan. Di bawah ini akan dijelaskan rincian modalnya.

Pengeluaran Tetap Jualan Tahu Crispy

Pengeluaran tetap ini adalah sejumlah biaya yang dikeluarkan sekali saat awal membuka usaha tersebut. Biasanya berkaitan dengan peralatan yang bakal digunakan untuk berjualan serta kebutuhan lainnya tanpa harus membelinya setiap bulan. Apa saja kira-kira? Berikut rinciannya:

1. Gerobak

Gerobak menjadi hal penting dalam berjualan tahu. Apalagi jika ditempatkan di pinggir jalan atau pusat makanan di suatu wilayah, maka gerobak sekaligus menjadi penandanya. Harga gerobak beraga jenis. Namun, harga gerobak yang terbilang bagus dan berkualitas ada di kisaran harga 1,5 juta rupiah.

2. Kompor Gas dan LPG

Tahu crispy identik dengan makanan yang digoreng. Jadi, dibutuhkan kompor dan LPG atau tabung gas untuk mendukung aktivitas menggorengnya. Kompor yang digunakan sebaiknya juga yang besar dilengkapi dengan gasnya juga. Hal ini lantaran, dalam sekali menggoreng jumlah tahu yang digoreng biasanya banyak. Untuk perkiraan biayanya untuk alat ini yakni sekitar 400 ribu rupiah.

3. Penggorengan

Penggorengan juga termasuk alat untuk jualan tahu crispy. Tanpa penggorengan maka seseorang akan kesulitan untuk menggoreng tahunya. Biasanya, penggorengan yang digunakan pun berukuran besar. Mengingat, jumlah tahu yang digoreng dalam sekali memasak yakni terbilang banyak, sehingga butuh penggorengan yang besar. Perkirangan harganya yakni 200 ribu rupiah.

Baca Juga:  Strategi Usaha Konter HP Ini Agar Mendapatkan Keuntungan yang Lebih

4. Alat Pelengkap

Yang dimaksud dengan alat pelengkap di sini adalah wadah untuk bumbu tambahan, spatula, alat peniris minyak, etalase, capitan,kursi dan sebagainya. Kesemua alat tersebut penting untuk diperhatikan guna menambah kemudahan saat berjualan. Untuk perkiraan harga semua alat pelengkap berada di kisaran 800 ribu rupiah. Harga ini bisa naik atau turun tergantung dari kebutuhan yang diperlukan serta lokasi belanja yang diambil.

Biaya Bulanan Jualan Tahu Crispy

Biaya bulanan ini adalah sejumlah anggaran yang dikeluarkan untuk operasional setiap bulannya. Bahan-bahan juga termasuk dalam golongan ini. Karena harus disediakan dan hal utama untuk berjualan. Lantas, bagaimana rinciannya? Berikut penjelasannya:

1. Bahan-bahan

Bahan-bahan untuk jualan ini terbilang cukup banyak, meski terlihat sederhana. Selain tahu sebagai bahan utamanya, ada tepung terigu dan beras, baking powder, gula, garam, bumbu rasa-rasa, tepung bumbu, minyak dan lainnya. Untuk itu, setidaknya perkiraan biayanya kurang lebih 900 ribu untuk setiap bulannya. Jumlah ini bisa disesuaikan tergantung kebutuhan dan lokasi belanjanya. Jadi, tidak terpatok dengan anggaran tersebut.

2. Operasional

Biaya operasional menyangkut biaya-biaya yang dikeluarkan setiap bulannya. Seperti halnya dengan sewa tempat, karena biasanya ada tempat-tempat khusus yang digunakan untuk berjualan dengan jumlah pelanggan yang lebih banyak. Selanjutnya, listrik dan air juga termasuk dalam biaya ini. Untuk perkiraannya yakni sekitar 800 ribu rupiah. Biaya tersebut dapat berubah sesuai dengan wilayah dan kondisi lingkungannya.

3. Gaji

Jika menggunakan karyawan, gaji juga patut diperhitungkan dalam biaya bulanan. Biasanya, untuk penggajian karyawan dapat disesuaikan dengan jumlah jam kerja setiap bulannya. Namun, rata-rata gaji bagi karyawan yang menjaga stan ada di angka 1 juta rupiah setiap bulannya dengan waktu kerja 6 hari kerja seminggu. Lalu, dalam satu hari punya 6 jam kerja.

Baca Juga:  7 Tips Untuk Usaha Kos-Kosan Ini Perlu Dipraktikkan secara Tepat

Nah, itulah modal jualan tahu crispy yang perlu diperhatikan. Meski terlihat sederhana, ternyata ada detail-detail yang patut penting untuk  diketahui. Apalagi simulasi modal jualan di atas diperuntukkan bagi seseorang yang tidak berjualan sendiri alias menggunakan bantuan karyawan. Bila berjualan sendiri, maka tinggal mengurangi pengeluaran gaji. Begitu pula jika jualannya berada di rumah sendiri, biaya sewa tempat juga tidak termasuk di dalamnya.

 

About Merry Rianna