Mesin Yang Disebut Juga Dengan Fotokopi Jarak Jauh Adalah

Mesin Yang Disebut Juga Dengan Fotokopi Jarak Jauh Adalah

Sebelum adanya handphone atau smartphone, orang-orang dulu banyak menggunakan Faximile / Faximili / Fax sebagai alat komunikasi untuk berkirim atau menerima dokumen karena dianggap ringkas, cepat dan dapat mengerjakan berbagai pekerjaan hanya dalam satu mesin.

Adapun cara penggunaan faximile sendiri bisa dibilang mudah dan pengirimannya juga lumayan cepat. Walaupun sudah jarang ditemukan, faximile masih digunakan oleh beberapa perusahaan termasuk orang-orang hingga saat ini.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh apa yang dimaksud dengan faximile, apa saja fungsinya dan bagaimana cara kerja mesin faximile bisa simak penjabarannya seperti berikut ini.

Daftar Isi

  • Pengertian Faximile
  • Fungsi Dari Faximile
  • Cara Kerja Faximile
  • Cara Menggunakan Mesin Faximile
    • 1. Menghidupkan Mesin Faximile
    • 2. Mengirim Dokumen Faximile
    • 3. Menerima Dokumen Faximile
  • Jenis Mesin Faximile
    • 1. Thermal Paper Fax
    • 2. Plain Papaer Fax
    • 3. Laser Fax



Pengertian Faximile


Faximile atau biasa disebut faximili adalah mesin gabungan antara
telepon, scanner, printer,
dan
mesin fotocopy. Alat ini mampu mengirim maupun menerima pesan dalam bentuk dokumen melalui jaringan internet atau kabel telepon analog.

Faximile ini juga sering disebut sebagai mesin fotokopi jarak jauh atau
telecopier, karena dokumen yang dikirim dan diterima sama persis dengan aslinya.

Tidak sama seperti kita yang hanya menerima
softcopy
atau file melalui aplikasi canggih saat ini seperti
Email, Whatsapp, Messenger
, dan sebagainya. Faximile akan mengirimkan dokumen dengan bentuk fisik atau yang biasa disebut dengan
file hardcopy.



Fungsi Dari Faximile


Keutamaan fungsi faximile ini adalah sebagai alat pengirim maupun penerima pesan dalam bentuk dokumen fisik. Biasanya, alat ini digunakan untuk mengirimkan dokumen rahasia ataupun dokumen penting sehingga tidak perlu melalui banyak perantara dalam proses pengirimannya.

Baca Juga:  Sholat Adalah Tiang Agama Bahasa Arab

Dibandingkan pengiriman melalui jasa kurir dan aplikasi canggih seperti
Email, Whatsapp, Line, Messenger, dan sebagainya, penggunaan faximile ini lebih aman dipakai dan tidak mudah untuk diretas. Karena fungsinya yang lebih aman dan tidak mudah diretas, serta waktu mengirim maupun menerimanya juga tidak terlalu lama.

Karena kebanyakan dokumen yang dikirim maupun diterima bersifat penting, faximile sering dimanfaatkan oleh perusahaan, instansi, dan lembaga, khususnya lembaga pertahanan dan perbankan. Hal itu juga menghindari resiko berbahaya seperti diretas, apabila dikirim melalui jaringan internet.

Selain mengirim maupun menerima dokumen secara fisik, faximile juga berfungsi sebagai alat komunikasi melalui panggilan telepon. Faximile juga mampu meng-scan
dokumen ataupun melakukan fotokopi. Ini juga yang menjadi keuntungan menggunakan faximile, memungkinkan dokumen terkirim seperti dengan bentuk aslinya.


Cara Kerja Faximile

Untuk dapat berkirim dokumen, tentu saja baik pihak si pengirim maupun penerima harus memiliki mesin faximile. Adapun proses yang berjalan dibaliknya yaitu si pengirim harus memasukkan dokumen ke dalam mesin feeder lalu menekan nomor faximile tujuan.


Catatan
: Nomor faximile adalah kumpulan angka unik sebagai pengenal antar perangkat fax 1 dengan lainnya. Nomor ini juga berfungsi sebagai identitas pengirim maupun penerima.

Kemudian mesin faximile akan melakukan scanning dokumen lalu dirubah menjadi sinyal listrik dengan bilangan biner. Setelah itu sinyal listrik akan dikirimkan melalui saluran kabel telepon kedapa mesin faximile penerima.

Selanjutnya mesin faximile penerima akan mentranslasikan sinyal listrik berupa biner tadi kedalam bentuk dokumen yang sama persis ketika awal dikirimkan. Terakhir mesin fax penerima akan langsung mencetak dan keluar berupa hardcopy.



Cara Menggunakan Mesin Faximile


Penggunaan faximile ini bisa dibilang mudah, walaupun untuk pertama kali sangat membingungkan. Berikut adalah cara-cara penggunaan faximile:

Baca Juga:  Buku Apa Yang Tidak Dibaca Dari Awal



1. Menghidupkan Mesin Faximile


Di Indonesia, faximile dihidupkan dengan menggunakan tenaga Listrik (PLN) dengan tegangan power konsumsi 220 V ac 50-60Hz. Untuk mulai menghidupkan mesin faximile, maka langkah yang harus dilakukan adalah :

  • Pertama kita sambungkan steker pada stop kontak yang tersedia. Maka, faximile akan mulai hidup dan bisa lihat indikator pesan pada layar display.
  • Lalu masukan kabel
    jack
    telepon pada mesin bagian yang tertulis “Line”. Angkat gagang handset, apabila sudah terdengar nada tone, maka faximile sudah bisa digunakan. Atau bisa mencobanya dengan menekan tombol
    sp-phone
    atau monitor untuk mendengarkan nada tone.

Ingat, sebelum menggunakan faximile, Anda juga perlu memasukkan kertas thermal yang digunakan untuk faximile ke dalam tempatnya. Dengan cara, Anda bisa membuka bagian cover tempat kertas dan memasukkan gulungan kertas thermal pada posisi yang sesuai.



2. Mengirim Dokumen Faximile


Untuk mengirim dokumen melalui mesin faximile ada dua cara yang bisa kita lakukan, yaitu:


  • Manual

Masukan dokumen yang akan dikirim dengan posisi tulisan dokumen yang menghadap ke bawah atau membelakangi si pengirim. Lalu, angkat gagang handset sampai terdengar nada tone dan masukan nomor faximile yang akan dituju.


Jangan lupa untuk menekan jumlah halaman dokumen yang akan dikirim kepada penerima. Jika, sudah terdengar nada faximile atau beef panjang, tekan tombol START. Maka, faximile akan bekerja. Tunggu hingga dokumen terkirim dengan melihat pada display DOCUMENT SENT.


  • Otomatis

Masukan dokumen yang akan dikirim dengan letak tulisan yang membelakangi si pengirim. Masukan nomor faximile yang akan dituju dan tekan tombol START. Maka, faximile akan bekerja dan tunggu hingga dokumen terkirim.



3. Menerima Dokumen Faximile



  • Manual

Apabila penerima menggunakan faximile sebagai dua fungsi, yaitu untuk mengirim dokumen dan telepon, bisa mengubah aturan TEL menjadi RECEIVE MODE. Angkat gagang handset apabila sudah terdengar nada dering.

Baca Juga:  Suatu Proses Sosial Disebut Asosiatif Jika


Setelah itu pastikan apakah terdengar suara beep panjang atau bukan, jika suara manusia maka lanjutkan pembicaraan. Namun, jika terdengar beep panjang, tekan START. Apabila display sudah menunjukkan tulisan RECEIVING, maka dokumen sudah mulai dicetak oleh faximile. Dan tunggu hingga semua dokumen tercetak dalam bentuk fisik.


  • Otomatis

Cara ini sangat mudah, penerima hanya perlu mengaktifkan RECEIVE MODE pada posisi “ON”. Atau pada posisi FAX ONLY.

Jenis Mesin Faximile

Berikut adalah beberapa jenis faximile yang familiar digunakan dan sering kita jumpai. Diantaranya yaitu :

1. Thermal Paper Fax

Thermal Paper Fax adalah jenis mesin fax yang menggunakan gulungan kertas ataupun wallpaper sebagai bahan inputannya. Namun mesin ini terbilang jarang, karena tidak semua instansi memerlukannya.

2. Plain Papaer Fax

Plain Paper Fax adalah jenis mesin fax yang menggunakan ukuran kertas A4 atau kertas paper serta memerlukan perlengkapan seperti catridge dan ribbon film.

3. Laser Fax

Laser Fax adalah jenis mesin fax ayng sudah dilengkapi dengan fasilitas printer dan scanner.


Jadi itulah pembahasan kita mengenai apa itu Faximile dan bagaimana cara kerjanya. Menariknya mesin faximile ini memang lambat laun mulai ditinggalkan sejak beralihnya digitalisasi atau perubahan dokumen yang dulunya teks diubah menjadi digital (softcopy).

Namun dalam beberapa instansi pemerintahan dan perbankan mesin ini sengaja dipertahankan dengan alasan tersendiri sesuai kebutuhan.

Adapun contoh mesin faximile  yang banyak beredar dipasarkan di Indonesia seperti  Brother FAX-2840, Panasonic, KX-FT 501, Panasonic KX-MB2085, Canon Prima MX497, Epson 1565.

Mesin Yang Disebut Juga Dengan Fotokopi Jarak Jauh Adalah

Source: https://www.amesbostonhotel.com/faximile-adalah/

About Merry Rianna