Mengenal Bunga Camellia Lebih Dekat – AsriPortal.com

Bunga camellia dikenal bak bunga tumbuhan hias. Nan menjadikan camellia berciri tersendiri yaitu rajah kelopaknya yang pendek dan pesek, membuat mahkota bunga terlihat unik dengan bentuknya yang membulat. Camellia merupakan sebutan untuk genus yang terdiri mulai sejak 100-300 varietas bunga, yang penentuan total pastinya memicu perdebatan. Tipe tanamannya ditemukan di Asia Timur dam Daksina dari Himalaya Timur ke Jepang dan Indonesia.

Rente Camelia memiliki tampilan yang mengurung dan mempesona. Warnanya sangat anggun. Selintas begitu juga bunga mawar.

Bunga ini dibawa oleh kelasi Portugal ke Eropa dan menyebar di benua itu. Pencalonan genusnya diberikan maka dari itu botanis Linnaeus plong tahun 1735, atas nama botanis Yesuit Georg Joseph Kamel, yang bekerja di Filipina. Camellia pas terkenal di Asia Timur. Di Tiongkok, Camellia dikenal dengan nama ‘chahua’ yang artinya ‘bunga teh’, sedangkan di Jepang disebut ‘Tsubaki’. Warna camellia berada di radius sejati dan merah, dengan bunganya datang dalam berbagai tona dan tingkat rona pink. Camellia asfar juga ada, namun saja ditemukan di China Selatan dan Vietnam.

Saat ini, ada seputar 3000 anak uang Camellia hasil nikah silang. Camellia juga dibedakan jenisnya bersendikan formasi pelupuk bunganya. Ada jenis single, dengan kelopak yang tersusun tak bertumpuk sama dengan bunga aster, taruk-double dengan pelupuk lebar di eksterior dan bagian tengahnya terdiri dari gundukan kelopak bertambah kecil dengan putik yang terlihat, dan double, yang memiliki kelopak bertajuk-tumpuk sama dengan bunga mawar atau anemon, dan umumnya putiknya tak tertentang.

Bunga camellia berkelopak double.
Bunga camellia berkelopak double.
Bunga camellia berkelopak single.
Bunga camellia berkelopak single.

Menariknya, ada spesies pohon camellia yang diproses kerjakan pembuatan minuman, dan lain dikenal dengan bunganya, yakni C. Sinensis yang daunnya protokoler dikeringkan untuk dijadikan teh. Sedangkan, jenis bunga camellia lainnya nan terkenal menjadi tanaman solek ialah Camellia japonica, Camellia oleifera, dan Camekkua sasanqua. Hasil perkawinan silangnya pun menghasilkan jumlah besar kultivar.

Baca Juga:  Cara Budidaya Tanaman Cabe Di Polybag
Teh dari daun bunga camellia.
Teh dari daun bunga camellia.

Ada sekitar 40 tanaman bunga Camellia Japonica di kebun depan pintu masuk flat kaca milik Edward Kristianto, pehobi anggrek asal Ceduk, Bandung. Pokok kayu bunga Camellia dengan kelopak double itu pun ukurannya beragam, ada nan mungil, hanya sekitar 20 cm, hingga yang mengaras 2 m lebih. Sebagiannya telah berbunga, dengan bentuk kelopak menggelepur mirip mawar, namun bentuknya membulat. Menariknya, bunga itu unjuk bukan di pucuk tanaman, melainkan di relung antara daun dan batang.

Bunganya memiliki diameter 5-10 cm, dan warnanya bermacam-keberagaman berusul biram, putih, dan pink, dengan berbagai tone dan tingkat warna berlainan. Di antara bunga-bunga yang mekar, ada lagi rente nan masih membentuk kuncup. Edward menjelaskan, ia memperolehnya lebih bersumber dua dasawarsa suntuk. “Saya memperolehnya bersumber Perth, Australia, masa 1990 lalu,” Edward menjelaskan. Menurutnya, pada awalnya ia hanya memiliki 4 varieras, doang, karena hobi ia memburu tipe-diversifikasi lainnya di Australia alias Indonesia. Koleksinya semakin banyak, dan kini ia sudah memiliki 12 spesies, termasuk jenis ilegal nan merecup di gunung-gunung Indonesia. Dia juga melipatkan keberagaman-macam nan mutakadim ada.

Menurut Edward, camellia haram yakni jenis nan bisa bersikukuh lama. “Di Jepang, variasi camellia liar sayang digunakan untuk ikebana (seni merangkai bunga), karena dapat tak layu selama seminggu,” jelasnya. Sayangnya, kini sdah banyak hasil kawin silang, yang ketahanannya berkurang. Rata-rata saja 5 hari. Camellia menjadi tanaman solek di huma maju mulai tahun 1792, ketika sebuah kapal berpunca British East India Company mengangkut jenis Camellia yang dikenal dengan sebutan C. japonica Alba Plena. Kemudian, anak uang Camellia dipopulerkan di Australia. Di Indonesia, Camellia teristiadat ditanam di dataran tingkatan untuk tumbuh dan berbunga dengan baik.

“Di Bandung, ketinggian 600-700 m dpl, anakan tumbuh baik, belaka saya koalisi sekali lagi mendengar penduduk Bogor yang menanam Camellia di halaman rumahnya,” ungkap Edward. Sedangkan, semua tanaman nasib baik Edward merupakan hasil pergandaan melangkaui stek. Semua ditanam di jambang berukuran 2-20 1 (15-35 cm). Kerjakan penanamannya, gunakan kendaraan pot nan kebal petak humus dengan humus anam (pakis), dan sesekali ditambahkan pupuk guano. Camellia membutuhkan tanah dengan sistem pengaliran nan baik, gembur, menggunakan sepan bahan organik, dan mengandung sedikit asam, kelembabannya juga harus cukup. Anakan ini kembali harus dilindungi dari sinar surya terik dan angin kencang. Mudahmudahan kelembaban konsisten terjaga, daunnya perlu bosor makan-sering dibasahi.

Baca Juga:  Cara Menanam Dan Budidaya Jamur Tiram - AsriPortal.com

Pada tanaman yang plonco dipindahkan dari stek ke pot khas, tumbuhan akan mengeluarkan kuncup-kuncup bunga berjumlah tak rendah. Jika dibiarkan semacam itu saja, memang tidak berbahaya, semata-mata pertumbuhan bunga menjadi sedikit optimal karena tanaman akan mengasingkan banyak energi bakal menyuplai hara untuk semua bunga. Sehingga, lakukanlah penyiangan kuncup rente, hanya sisakan kuncup berukuran terbesar di setiap tandan. Juga bersabarlah menunggu anakan mekar, karena cak bagi siap mekar anakan membutuhkan periode nan layak lama, 3-4 bulan.

Setelahnya teristiadat menunggu 3-4 hari bagi bunga mekar sempurna. Saat ini, pun-juga lakukanlah penyiangan terhadap tanaman, cucuk semua cewek di anakan mula-mula, lampau biarkan petumbuhan vegetatif-nya. Ini bertujuan lagi-kembali bikin pendistribusian energi yang baik, dan meski di masa berikutnya bunga bisa merecup rupawan sempurna. Camellia wajib sering dipangkas, untuk muncul tunas-taruk dan cabang-cabang baru yang bertambah banyak. Sehingga, tanaman belakang hari merecup rimbun dengan bunga-anakan yang sani dan cuaca.

Kami juga menyediakan berbagai ragam diversifikasi bibit tanaman bunga camelia, tatap aneka produknya disini.






Source: https://bibitbunga.com/mengenal-bunga-camellia-lebih-dekat/

Artikel Terkait