Memahami Bacaan Dapat Dilakukan Dengan Cara

Memahami Bacaan Dapat Dilakukan Dengan Cara

5 Cara Mudah Mengingat dan Memahami Bacaan dalam Jangka Panjang

BLOG – 12 May 2022

Apakah kamu pernah merasa kesulitan dalam memahami isi bacaan seperti artikel, esai, dan jenis bacaan lainnya? Atau mungkin, kamu juga mengalami hal yang sama dalam membaca dan memahami materi pelajaran? Buat kamu yang akan menghadapi ujian semester pastinya butuh sekali cara cepat memahami bacaan agar lancar saat mengerjakan soal ujian. Lalu, apa yang bisa kamu lakukan untuk dapat lebih paham dan ingat detail isi suatu bacaan?

Nah, kali ini BPK PENABUR akan memberikan beberapa cara cepat memahami bacaan dan mengingat detailnya. Dikutip dari laman pahami, cara ini juga direkomendasikan dalam pembelajaran antara siswa dengan guru untuk membantu siswa lebih cepat memahami materi yang disampaikan. Apa saja cara tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini.

Cara cepat memahami bacaan dan mengingat detailnya

Ada lima cara mudah mengingat bacaan dan paham isi suatu bacaan tersebut. Cara yang dimaksud yaitu menggunakan kemampuan HOTS (Higher Order Thinking Skill) saat membaca. menerapkan teknik membaca
scanning, skimming, mind mapping,
dan pengulangan. Mari kita bahas selengkapnya.

Gunakan mode berpikir HOTS

Sebenarnya, jika tujuan kamu membaca adalah untuk mengingat dengan detail dan paham sepenuhnya terhadap isi bacaan, maka kamu tidak bisa hanya sekedar hafalan. Kamu butuh mode berpikir HOTS
(Higher Order Thinking Skill). Cara cepat memahami bacaan yang satu ini menjadi prinsip dasar supaya kamu mampu membaca intensif dan paham isi bacaan secara keseluruhan.

Melalui mode berpikir ini, kamu dituntut untuk ingat, mengerti, tahu cara mengaplikasikan, mampu menganalisa, hingga mampu mengevaluasi konsep-konsep dari materi yang kamu baca. Kamu harus sangat paham atas detail-detail bacaan yang kamu ingat. Sebelum membaca, kamu harus tahu terlebih dahulu apa yang kamu mau ingat dan hal apa yang mau kamu cari dari bacaan ini.

Baca Juga:  Kubus Abcd Efgh Dengan Panjang Rusuk 6 Cm

Teknik membaca scanning

Agar kamu bisa mengetahui apa yang kamu ingat dan hal apa yang mau kamu pelajari, kamu bisa menerapkan teknik membaca
scanning. Teknik membaca ini fiksu pada informasi tertentu saja, atau bisa dibilang teknik membaca loncat. Proses membaca kamu hanya mengarah pada detail khusus yang menurut kamu penting untuk diketahui. Mengapa teknik ini perlu dilakukan? Karena dalam satu waktu otak kita hanya bisa ingat 4-7 potongan informasi saja. Misalnya, kata, kalimat, nomor, atau angka. Maka dari itu, kamu harus pilih informasi yang spesifik supaya bisa masuk ingatan jangka panjang atau
long term memory. Ketika tahu berbagai informasi yang spesifik, kamu dapat mencari tahu hubungan tipa informasi secara mudah.

Teknik membaca scanning ini juga bisa kamu terapkan saat membaca teks bacaan suatu soal. Kamu perlu scanning soalnya terlebih dahulu biar tahu apa yang dimaksud. Berikut langkah-langkah teknik membaca scanning yang bisa kamu ikut:

1.Temukan tujuan membaca, atau pahami instruksi soal (jika ditetapkan pada pengerjaan soal)

2.Ingatlah secara spesifik informasi apa saja yang harus dicari.

3.Biasanya, scanning digunakan untuk menjawab informasi detail tentang 5W+1H (who, what, when, where, why, how) pada suatu bacaan.

4.Pada pengerjaan soal, gunakan kata kunci untuk membantu mencari informasi yang diinstruksikan. Misalnya. “Siapa yang menjadi pemimpin pertempuran Ambarawa dalam teks bacaan di atas?”kata kuncinya yaitu pemimpin.

Cara cepat memahami bacaan dengan skimming

Selain teknik
scanning, kamu juga bisa menerapkan
skimming
sebagai cara cepat memahami bacaan. Teknik
skimming
merupakan sebuah keterampilan membaca cepat untuk mendapatkan gambaran umum tentang sebuah teks. Biasanya, kamu hanya perlu membaca sekilas untuk mencari gagasan utama atau inti paragraf suatu bacaan. Setelah mengetahui gagasannya, akan lebih mudah untuk memahami isi teks secara keseluruhan.

Baca Juga:  Batang Pisang Dikerat Cukup Dalam Kemudian Batang Pisang Dirobohkan Pelan-pelan

Nah, berhubung kalau mau memahami bacaan dan mengingat detailnya kamu harus berpikir menggunakan HOTS. Kamu perlu menggunakan penalaran kamu untuk menjelaskan gagasan tersebut dengan bahasa kamu sendiri. Ada dua tanda penalaran yaitu kamu sudah kuat dan bisa menjelaskan gagasan dengan bahasa sendiri, antara lain kamu bisa memberi contoh yang berkaitan dengan penerapan sehari-hari dan kamu bisa menjelaskan ulang satu paragraf menggunakan bahasa yang berbeda atau parafrase.

Dalam penerapannya, teknik
scanning
dan
skimming
biasanya diterapkan secara bersamaan. Kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut ini untuk menerapkan
skimming
.

1.Membaca kalimat pertama pada tiap-tiap paragraf berikutnya.

2.Perhatikan paragraf terakhir dengan tuntas dan simak hal-hal  yang menjadi penekanan baik itu berupa kesimpulan atau penutup.

3.Temukan kata-kata yang mendapatkan perlakukan khusus; miring (italic), cetak tebal (bold), garis bawah (underline) karena kata-kata ini biasanya mengandung makna penting.

4.Perhatikan angka atau data statistik (jika ada) untuk memperkuat pemahaman umum terhadap bacaan.

Membuat mind mapping

Setelah mengetahui gagasan tiap paragraf dari suatu bacaan, kamu perlu memetakan setiap informasinya melalui
mind mapping. Pemetaan tersebut harus berkaitan satu sama lain, tidak boleh dibuat acak atau tidak sesuai dengan ide utama. Tujuannya, agar kamu lebih mudah memahami dan mengingat pokok pemikiran, ide, atau kata kunci dari sebuah informasi secara detail dalam jangka panjang.

Contoh
mind mapping
yang paling sering digunakan adalah membuat garis percabangan, gambar, maupun kata kunci yang berkaitan dengan konsep atau ide utama. Metode
mind mapping
bermanfaat untuk membuat aktivitas membaca kamu lebih cermat dan efektif.

Terapkan pengulangan

Jika kamu sudah paham dan punya informasi yang cukup terkait teks yang kamu baca, kamu tinggal melakukan pengulangan saja agar tetap ingat dengan bacaan yang kamu pelajari. Pengulangan ini dapat dilakukan dengan cara-cara sederhana diantaranya;

Baca Juga:  Tentukan Suku Suku Yang Sejenis Pada Bentuk Aljabar Berikut

1.Menceriakan konsep bacaan kepada orang lain

2.Menulis konsep bacaan di blog pribadi, catatan, atau diary. Bisa berupa review, rangkuman, dan sebagainya.

3.Memikirkan isi bacaan dan membandingkannya dengan konsep lain yang kamu ketahui.


Baca Juga: 5 Tips Dalam Membantu Anak Agar Sukses di Sekolah Menengah Pertama

Itulah beberapa cara cepat untuk memahami bacaan dan mengingat detailnya dalam jangka panjang. Apakah kamu sudah siap menerapkan cara-cara di atas? Di setiap sekolah terbaik pastinya kamu pernah diajarkan cara membaca dan mengingat dalam jangka panjang. Nah, melalui artikel ini BPK PENABUR coba mengingatkan kembali untuk kamu yang masih dalam masa-masa belajar. Semoga bermanfaat.

Memahami Bacaan Dapat Dilakukan Dengan Cara

Source: https://bpkpenabur.or.id/news/blog/5-cara-mudah-mengingat-dan-memahami-bacaan-dalam-jangka-panjang

About Merry Rianna