7 Cara Mudah Jualan Lontong Sayur Supaya Laris

Jualan Lontong Sayur – Jualan lontong sayur adalah pilihan bisnis kuliner cukup menjanjikan.  Proses pembuatannya yang tidak rumit dan menjadi salah satu makanan favorit bagi kebanyakan orang menjadi alasan bisnis ini banyak yang menekuni.

Jualan Lontong Sayur

7 Cara Mudah Jualan Lontong Sayur

Lalu bagaimana sih cara berjualan lontong sayur supaya laris manis? Simak ulasannya di bawah ini:

1. Persiapkan Modal

Langkah pertama tentu saja adalah mempersiapkan modal yang akan digunakan. Perhitungan mulai dari pembelian bahan baku hingga bahan-bahan tambahan yang akan digunakan. Lakukan juga perencanaan bisnis yang matang supaya tidak terjadi kendala saat proses pembuatan lontong sayur dan saat mulai prose penjualan.

2. Beli atau Buat Bahan Baku

Tahap selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membuat lontong yang nantinya akan dijadikan lontong sayur. Langkah ini bisa ditiadakan dan digantikan dengan membeli lontong pada pihak kedua yang sekiranya memang bisa membuat lontong dengan tekstur yang enak.

Namun, apabila pelaku usaha lebih memilih untuk membuat sendiri lontong yang akan dijual maka pastikan bahwa tekstur dan kepadatan lontong sudah tepat. Hal ini perlu dilakukan supaya cita rasa lontong nantinya akan lezat saat dinikmati.

3. Buat Sayur untuk Lontong

Salah satu penentu yang akan membuat jualan lontong sayur laris atau tidak adalah dari cita rasa sayur yang merupakan pelengkap lontong. Biasanya sayur yang seringkali dijadikan pilihan untuk lontong sayur adalah sayur lodeh. Pastikan bahwa cita rasa dari sayur tersebut sudah pas dan tidak ada yang kurang. Pelaku usaha bisa mencicipinya terlebih dahulu sebelum akhirnya diperjual belikan. Lakukan juga testi kepada beberapa orang supaya cita rasa lebih terjamin.

4. Analisis Harga yang Sesuai

Tahap selanjutnya adalah menentukan harga jual. Penentuan harga jual ini selain dilihat dari perhitungan pengeluaran pembuatan lontong sayur juga harus dilihat dari rata-rata harga jual di sekitar lokasi. Hal ini perlu dipertimbangkan supaya jualan lontong sayur tidak akan terlalu mahal atau bahkan terlalu murah yang akhirnya membuat tidak balik modal.

Baca Juga:  Ketahui Dulu Penjelasan Modal Jualan Bakso Ini sebelum Memulai Usaha!

5. Lakukan Jualan Secara Offline dan Online

Melakukan penjualan makanan matang tidak selalu harus dengan cara offline saja. Melakukan promosi dengan cara online juga akan jadi solusi dagangan cepat habis, lho. Membuka gerai di depan rumah tentu akan jadi pilihan yang tepat untuk berjualan lontong sayur. Bisa juga dengan cara menyewa tempat yang sekiranya strategis untuk digunakan berjualan makanan.

Nah, selain membuka gerai, pelaku usaha juga bisa mempromosikan lontong sayur yang dijual secara online. Silahkan upload menu lontong sayur di story Whatsapp atau bahkan Facebook juga Instagram untuk menarik minat pembeli datang. Bisa juga dengan cara membuka sistem DO untuk menambah omset penjualan.

6. Lakukan Pengemasan yang Unik

Lontong sayur biasanya akan dibungkus menggunakan styrofoam, plastik atau bahkan kertas minyak. Nah, untuk menambah ketertarikan dari pembeli mungkin pelaku usaha bisa melakukan inovasi dalam cara pengemasan lontong sayur. Menggunakan kotak khusus yang dipesan dengan tambahan brand atau logo dari usaha lontong sayur bisa jadi salah satu ide yang bisa dilakukan.

7.  Jaga Kebersihan

Menjaga kebersihan akan selalu penting bagi pengusaha makanan. Tanpa disangka bahkan menjaga kebersihan juga bisa meningkatkan omset dari penjualan. Hal ini sangat perlu diperhatikan selain cita rasa dari makanan yang dijual. Tentunya hal ini karena pembeli tentu akan merasa nyaman dengan tempat yang bersih daripada tempat yang kotor. Kebersihan tempat dan makanan yang dijual tentunya juga akan lebih sehat untuk dikonsumsi.

Nah, begitulah tadi strategi jualan lontong sayur supaya laris dan memperoleh laba besar. Ketujuh cara di atas tentunya hanyalah sebagian kecil dari ide yang bisa dilakukan untuk membuat usaha lontong sayur lebih laku dan dikenal di masyarakat sekitar.

Baca Juga:  Cara Menambah Bidang Usaha di OSS dengan Mudah dan Cepat

About Merry Rianna