Jelaskan Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui

Jelaskan Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui

Contoh SDA yang Dapat Diperbaharui
– Saat sekolah, biasanya dalam mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) sering menyinggung mengenai materi SDA (Sumber Daya Alam). Nah, apakah
Grameds
masih ingat apa pengertian dan contoh dari Sumber Daya Alam itu apa saja?

Yuk, kita simak penjelasan berikut!

Pengertian Sumber Daya Alam

Sumber daya alam merupakan segala kandungan yang terdapat dalam biosfer planet bumi ini, baik di litosfer (tanah), hidrosfer (air), dan atmosfer (udara) yang dapat digunakan sebagai sumber energi potensial sehingga dapat bermanfaat untuk memenuhi keperluan kehidupan manusia.

Sehingga sumber daya alam ini dapat juga disebut sebagai kekayaan alam yang berupa benda mati dan makhluk hidup di planet bumi ini serta dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Sementara itu, menurut Alen (dalam Rinjani, 2007) SDA (Sumber Daya Alam) dapat dibagi berdasarkan proses pemulihannya menjadi tiga klasifikasi, yakni:

  • Sumber daya alam yang tidak dapat habis (inexhaustible natural resources), contohnya udara, energi matahari, dan air hujan.
  • Sumber daya alam yang dapat diganti atau diperbaharui (renewable resources), contohnya air di sungai, kualitas tanah, hutan, dan margasatwa.
  • Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (non-renewable resources) contohnya batu bara, minyak bumi, dan logam.

Hal tersebut juga dikemukakan dalam buku berjudul
Ensiklopedia Geografi: Sumber Daya Alam
karya Giyarto berikut ini

Beli Buku di Gramedia

Pengertian Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang hampir tidak pernah habis. Hal tersebut dapat disebabkan karena adanya siklus pembaharuan yang terus terjadi, misalnya keberadaan air yang selalu tetap ada karena daur hidrologi.

Meskipun sumber daya alam yang dapat diperbaharui ini disebut tidak pernah habis, tetapi kita sebagai manusia juga harus mempertimbangkan keberadaannya sehingga mempunyai kewajiban untuk menjaga sesuai kegunaannya.

Sumber Daya Alam yang dapat diperbaharui meliputi air, tanah, tumbuhan, dan hewan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa SDA harus tetap dijaga kelestariannya supaya tidak merusak keseimbangan ekosistem.

Klasifikasi Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam yang terdapat di planet bumi ini, baik yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui sama-sama berupa kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup manusia.

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui disebut demikian karena adanya proses pembentukan kembali dalam jangka yang relatif singkat. Sumber daya alam jenis ini mempunyai dua cara dalam proses daur ulangnya, yakni:

1. Pembaharuan dengan reproduksi

Proses reproduksi ini hanya terjadi pada jenis sumber daya alam yang dapat diperbaharui saja. Namun, jangan menyepelekannya meskipun dapat bertambah dalam waktu yang singkat. Jika pengelolaannya kurang tepat, maka sumber daya alam jenis ini juga dapat punah di masa depan kelak.

Baca Juga:  Bahan Alam Seperti Bambu Dan Rotan Memiliki Sifat

Contohnya: hewan. Baik yang reproduksi dengan cara melahirkan atau bertelur.

2. Pembaharuan dengan adanya siklus

Dalam beberapa sumber daya alam, seperti air dan udara mengalami proses berputar atau biasa disebut dengan siklus. Proses siklus ini juga hanya terdapat dalam sumber daya alam yang dapat diperbaharui saja.

Namun, terdapat beberapa hal yang dapat menurunkan kualitas maupun kuantitas sumber daya alam yang dapat diperbaharui tersebut, yakni adanya:

  • Pencemaran udara (penurunan kualitas atmosfer)
  • Penebangan hutan (penurunan kualitas dan kuantitas air tanah)

Hal tersebut juga ditulis dalam buku yang berjudul
Pengelolaan Sumber Daya Laut&Hutan: Perspektif, Kebijakan
karya Robert Siburian dan Masyhuri Imron berikut ini.

Beli Buku di Gramedia

Manfaat dan Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Secara ekonomi, keberadaan sumber daya alam yang dapat diperbaharui ini dapat dijadikan bahan pokok perdagangan. Proses pertumbuhan ekonomi dapat seimbang dengan tingkat kesejahteraan masyarakatnya.

Sumber Daya Alam (SDA) yang tersebar di negara kita ini memiliki jumlah yang sangat banyak, terutama sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Contoh: hewan ayam, sapi, tanaman padi yang dapat menjadi nasi, ikan, dan lain-lain. Secara tingkat kesejahteraan masyarakat, keberadaan sumber daya alam yang dapat diperbaharui ini dapat dijadikan bahan pokok makanan.

https://sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id/

Pemanfaatan sumber daya alam yang dapat diperbaharui tersebut meliputi bidang pertanian, kehutanan, perkebunan, perikanan, dan pertambangan.

1.
Pertanian Rakyat
adalah pertanian yang dikelola oleh masyarakat umum dengan menggunakan lahan yang sempit dan hasilnya sedikit. Jenis lahan tersebut biasanya menggunakan tanaman pangan, seperti bersawah, berladang, tegal, dan berladang serta tanaman pekarangan. Contoh jenis tanaman pangan adalah padi, jagung, kedelai, sagu, dan lain-lain.

2.
Pertanian Perkebunan
adalah kegiatan pertanian yang mengutamakan pertanian perdagangan dan dikelola oleh perorangan dan suatu lembaga tertentu dengan modal besar serta lahan yang cukup luas. Jenis tanaman yang biasa digunakan dalam pertanian perkebunan ini adalah karet, kelapa, teh, tebu dan kelapa sawit.

3.
Kegiatan perikanan
adalah suatu kegiatan membudidayakan ikan baik perikanan darat maupun perikanan laut. Kegiatan budidaya tersebut dapat dilakukan dengan memelihara, menabur benih, menangkap ikan dan mengembangkannya. Contohnya adalah ikan lele, ikan mujaher, ikan gurami, dan lain-lain.

4.
Peternakan
adalah suatu kegiatan masyarakat yang memelihara dan mengembang biakkan hewan untuk memenuhi kebutuhan. Peternakan di Indonesia dikelompokkan menjadi peternakan hewan besar, peternakan hewan kecil dan peternakan hewan unggas.

https://sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id/

Sumber Daya Alam (SDA) yang dapat diperbaharui ternyata dapat dimanfaatkan langsung dalam kehidupan sehari-hari manusia. Sumber daya alam berupa tumbuhan merupakan contoh dari SDA hayati yang memiliki keragaman dan jumlah yang banyak. Pemanfaatan sumber daya alam berupa tumbuhan adalah dapat digunakan sebagai bahan pangan, sandang, bahan olahan material, bahkan obat-obatan.

https://sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id/

Selain menjadi bahan pangan, sumber daya alam berupa tumbuhan juga dapat dijadikan sebagai bahan sandang atau sebagai alat kebutuhan rumah tangga sehari-hari, misalnya keset.

Apakah
Grameds
tahu bahwa sebuah pakaian dapat memiliki nilai harga tinggi karena dibuat dari sumber daya alam yang khusus? Contohnya adalah pakaian yang terbuat dari bahan dasar katun.

Baca Juga:  Bunga Langka Di Indonesia Yang Terkenal Di Dunia Adalah

Serat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan tertentu dapat dimanfaatkan sebagai bahan utama dalam pembuatan pakaian dan menghasilkan nilai harga yang tinggi. Hal tersebut tentu dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat yang membuatnya.

Lalu, ada sumber daya alam yang dapat diperbaharui berupa kayu. Mengingat wilayah Indonesia adalah negara yang memiliki banyak hutan tropis sehingga keberadaan kayu akan mudah ditemui. Hasil hutan yang berupa kayu, rotan, dan pinus tersebut dapat dimanfaatkan sebagai perabotan rumah tangga yang menghasilkan nilai harga tinggi,
lho~

Sumber daya alam berupa rotan yang berasal dari daerah Kalimantan, Sumatera dan Sulawesi dapat dijadikan sebagai bahan utama pembuatan kursi, meja, bahkan saat ini keranjang hampers rotan sedang digandrungi oleh kaum muda-mudi.

Selain rotan, sumber daya alam berupa pinus yang berasal dari daerah Sumatera Utara dapat dijadikan sebagai bahan utama pembuatan kertas dan batang korek api.

Selanjutnya, sumber daya alam tumbuhan dapat dijadikan sebagai bahan utama pembuatan obat-obatan. Tumbuhan yang biasa digunakan sebagai bahan obat-obatan lebih dikenal dengan sebutan apotik hidup. Contoh tumbuhan yang kerap dijadikan sebagai bahan obat-obatan ini adalah kumis kucing, jahe, kunyit, temulawak, hingga bunga Rosella.

https://sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id/

Penggunaan bunga Rosella sebagai bahan utama obat-obatan adalah salah satu langkah cerdas dalam memanfaatkan sumber daya alam. Bunga Rosella diketahui mengandung cukup banyak nutrisi dan gizi sehingga baik bagi kesehatan manusia. Bunga Rosella ini dinilai dapat menyembuhkan sakit dan bermanfaat sebagai antiseptik.

Upaya Mengelola Lingkungan

Keberadaan sumber daya alam tentu sangat menentukan aktivitas manusia sehari-hari. Sederhananya, kita tentu tidak dapat hidup tanpa adanya udara dan air. Namun, sebaliknya ada pula beberapa aktivitas manusia yang sangat berpengaruh besar pada keberadaan sumber daya dan lingkungan di sekitarnya.

Kira-kira mengapa kita harus mengelola lingkungan hidup, ya?

Nah, berikut tujuan dari proses pengelolaan lingkungan hidup. Yuk simak!

  • Memperoleh keselamatan hubungan antara manusia dan lingkungan
  • mengendalikan pemanfaatan sumber daya secara bijaksana
  • mewujudkan manusia Indonesia sebagai pembina lingkungan hidup
  • melaksanakan pembangunan berwawasan lingkungan hidup untuk generasi sekarang atau masa depan
  • melindungi negara dari kegiatan di luar negara yang berpotensi dapat menyebabkan kerusakan dan pencemaran lingkungan.

Seringkali kita menemui peristiwa pencemaran dan kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh tindakan manusia, seperti pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah. kerusakan hutan, dan lain-lain.

Apabila kita sebagai manusia Indonesia enggan untuk melakukan pengelolaan sumber daya alam secara benar, tidak mustahil apabila di masa depan kelak akan banyak terjadi krisis lingkungan. Keadaan tersebut tentu dapat berpengaruh pada pembangunan ekonomi kita.

Berikut contoh krisis lingkungan yang sering disebabkan oleh aktivitas
ngawur
oleh beberapa manusia yang tidak bertanggung jawab:

  • Banjir

Banjir dapat terjadi karena beberapa penyebab, salah satunya adalah berkurangnya lahan hijau tempat penahan air. Proses penggundulan hutan, buang sampah sembarangan, dan kurangnya daerah resapan merupakan beberapa contoh aktivitas
ngawur
yang dilakukan oleh manusia sehingga banjir dapat datang kapan saja.

Banjir tentu saja berdampak pada kelangsungan hidup manusia, seperti gangguan kesehatan. penyakit kulit, penurunan produktivitas pangan, dan lain-lain.

  • Longsor
Baca Juga:  Contoh Sumber Daya Alam Sumber Energi Adalah

Longsor adalah peristiwa dimana terkikisnya daratan oleh air hujan karena tanah penahan air berkurang. Peristiwa ini tentu dapat berdampak pada kerusakan tempat tinggal di masyarakat, mengganggu perekonomian dan transportasi.

Lalu, apa saja upaya yang telah dilakukan untuk mengelola dan melestarikan sumber daya alam tersebut supaya dapat tetap terjaga dengan baik?

1. Upaya Pemerintah

Pemerintah berkewajiban dalam upaya menumbuhkan dan mengembangkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga, merawat, dan melestarikan sumber daya alam serta lingkungan hidup. Upaya-upaya tersebut dapat berbentuk penyuluhan. bimbingan, pendidikan, dan penelitian.

Bahkan dalam Undang-Undang juga telah mengatur mengenai aturan pengelolaan lingkungan hidup, yakni:

  • Undang-Undang No.32 Tahun 2009 mengenai Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup
  • Undang-Undang No.23 Tahun 2014 mengenai Pemerintah Daerah

Upaya-upaya tersebut terang-terangan dilakukan supaya masyarakat kita ini sadar untuk melestarikan lingkungan hidup. Selain itu, supaya masyarakat kita juga dapat berperan aktif dalam upaya meningkatkan lingkungan hidup.

Apabila lingkungan hidup kita ini terjaga maka akan berjalan selaras dengan meningkatnya kualitas sumber daya alam yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari ini.

2. Upaya Pemerintah dan Masyarakat

Beberapa upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam proses mengelola dan melestarikan lingkungan mendapatkan dukungan dan tanggapan masyarakat luas. Upaya-upaya tersebut yakni sebagai berikut,

Gambar 1. Cerobong asap di pabrik

https://www.pexels.com/

a. Upaya pelestarian udara

  • Mengembangkan upaya penghijauan tanah dengan penanaman pohon
  • Mencegah kebakaran hutan dan sistem ladang yang berpotensi menimbulkan kabut asap
  • Mewajibkan pembangunan cerobong asap di pabrik yang berfungsi sebagai filter penyaringan asap
  • Menghentikan pengoperasian kendaraan bermotor yang memiliki buangan gas/asap berlebihan

Gambar 2. Reboisasi atau penanaman hutan kembali

https://www.pexels.com/

b. Upaya pelestarian hutan

  • Melakukan reboisasi
  • Mempertahankan hutan lindung dan suaka margasatwa
  • Apabila melakukan penebangan pohon, sebaiknya ditanam kembali dengan bibit pohon baru

Gambar 3. Makhluk laut

https://www.pexels.com/

c. Upaya Pelestarian Laut dan Pantai

  • mencegah tumpahnya minyak mentah ke lautan karena dapat mematikan bagi makhluk laut
  • melarang pembuangan limbah ke laut
  • Membudidayakan tanaman bakau di tepi pantai
  • Melarang penggunaan bahan peledak dalam penangkapan ikan

Gambar 4. Hewan gajah menjadi hewan langka saat ini

https://www.pexels.com/

d. Upaya Pelestarian Flora dan Fauna

  • Mempertahankan cagar alam untuk melindungi tanaman langka
  • Mempertahankan suaka margasatwa untuk melindungi hewan langka
  • Membudayakan sikap sayang hewan dan tanaman langka kepada masyarakat
  • Melarang perburuan satwa langka dengan pemberian Undang-Undang

Upaya-upaya tersebut dapat
Grameds
temukan dalam buku yang berjudul
Ekonomi Sumber Daya Manusia: Dalam Perspektif Pembangunan Edisi Revisi
karya Mulyadi Subri berikut ini.

Baca Juga:

  • Perbedaan Cuaca, Iklim dan Musim
  • Mengapa Matahari Disebut sebagai Sumber Energi Terbesar di Bumi?
  • Pengertian Energi dan Bentuk-Bentuk Energi
  • Bagaimana Pelangi Bisa Muncul? Begini Teorinya
  • 4 Jenis Awan, Contoh Dan Proses Terjadinya

Beli Buku di Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.”

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Jelaskan Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui

Source: https://www.gramedia.com/literasi/contoh-sda-yang-dapat-diperbaharui/

About Merry Rianna