Jelaskan Ciri Khusus Tumbuhan Kantong Semar

Jelaskan Ciri Khusus Tumbuhan Kantong Semar

Pada artikel ini kita akan membahas mengenai ciri-ciri kantong semar dan manfaatnya. Tanaman ini sebenarnya berasal dari genus
Nepenthes
dan dikenal dengan nama umumnya yakni kantong semar. Tanaman ini adalah salah satu tanaman yang tergolong unik karena termasuk dalam tanaman karnivora yang mampu mematikan serangga yang masuk ke dalam kantong daunnya.

Tanaman ini diminati oleh banyak orang karena tergolong dalam tanaman yang eksotis karena memiliki keunikan secara morfologi dan fisiologi. Kantong semar ini memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan tanaman lain.

Disamping itu, kantong semar juga memiliki manfaat yang berguna bagi kehidupan manusia, di luar popularitasnya yang dikenal sebagai tanaman karnivora. Apa sajakah itu? Simaklah ciri-ciri dan manfaat kantong semar berikut ini.

Ciri-ciri dari Kantong Semar

Kantong semar sebagai tanaman karnivora memiliki ciri-ciri yang menjadi faktor pembeda tanaman ini dengan tanaman lainnya. Berikut ciri-cirinya.

Cara Kantong Semar Mendapatkan Nutrisi

Jika tanaman lain mengandalkan fotosintesis dan siklus nitrat untuk mendapatkan nutrisi, tanaman ini justru mengandalkan perolehan nutrisi dengan memangsa serangga sebagai bahan dasar garam dan nitrat.

Tanaman ini memiliki kantong yang merupakan modifikasi daun. Kantong ini berfungsi sebagai perangkap untuk memangsa serangga yang masuk ke dalamnya. Didasar kantong ini terdapat cairan asam yakni enzim pencerna proteolase, yang mengolah serangga yang dimangsa menjadi garam fosfat dan nitrat.

Tujuan Nepenthes memangsa serangga adalah mengambil nutrisi dan kandungan nitrogen untuk menyokong pertumbuhannya.

Daun atau Kantong?

Daun muda pada kantong semar akan tertutup hingga mencapai tahap dewasa. Ketika kantong sudah tumbuh dewasa, kantong ini akan terbuka, dan berfungsi sebagai perangkap untuk memangsa seperti yang telah disebutkan pada diatas. Kantong yang merupakan daun ini akan kembali tertutup jika tumbuhan ini sedang mencerna mangsanya.

Baca Juga:  Tumbuhan Paku Yang Dapat Dimakan Adalah

Jenis Kelamin Kantong Semar & Persilangannya

Merupakan tanaman berumah dua, yakni satu tanaman hanya akan memiliki satu jenis kelamin saja, yakni jantan atau betina. Karena sifatnya yang berumah dua, Anda dapat menemukan banyak sekali kantong semar dengan berbagai jenis yang merupakan hasil dari perkawinan silang.

Tanaman ini berkembang biak secara kawin atau generatif, tapi juga dapat berkembang biak secara tak kawin atau vegetatif. Perkembangbiakan secara kawin yakni dengan proses pembuahan pada tanaman kantong semar tak serumah lalu menghasilkan biji setelah perkawinan selesai. Perkembangbiakan secara tak kawin yakni dengan proses pertunasan atau stek batang.

Tipe Pertumbuhan Kantong Semar

Beberapa diantara tanaman ini adalah tumbuhan yang dapat merambat, dengan panjang sulur kantong pada tanaman ini yang dapat tumbuh antara 15 meter hingga 20 m. Tapi yang paling banyak ditemukan adalah yang tumbuh tegak (upright).

Beberapa Jenis Memiliki Bibir Kantong Berwarna Lain

Ada banyak jenis nepenthes yang memiliki bibir kantong berwarna mencolok yang menghasilkan nektar untuk memikat serangga untuk masuk kedalam kantong. Dinding kantong memiliki lapisan tipis lilin yang bersifat licin.

Manfaat dari Kantong Semar

Adapun manfaat dari tanaman kantong semar ini yang dapat membantu manusia adalah sebagai berikut:

  1. Kantong semar dengan spesies Nepenthes gymnamphora dapat digunakan sebagai indikator suatu iklim di daerah tertentu. Jika spesies kantong semar ini dapat ditumbuhkan pada suatu daerah, maka daerah itu dapat dipastikan memiliki tingkat curah hujan yang tinggi, tanah dengan kandungan unsur hara rendah, serta kelembapan udara melebihi 75%.
  2. Cairan pada kantong dapat digunakan sebagai obat batuk, dengan catatan bahwa cairan yang digunakan adalah yang diambil dari kantong yang tertutup.
  3. Air rebusan dari cairan dan akar tanaman ini dapat digunakan sebagai obat sakit perut, luka bakar, dan iritasi mata.
  4. Batang tanaman yang sudah dikeringkan dari jenis Nepenthes ampullaria dapat digunakan sebagai pengganti tali jerat.
  5. Pada beberapa negara seperti Filipina, kantong dari tanaman ini dapat digunakan sebagai pembungkus ketika menanak nasi, atau juga sebagai pengganti daun pisang pada pengemasan makanan tradisional, dengan catatan bahwa kantong yang akan digunakan sudah dicuci bersih untuk menghilangkan cairannya dan lapisan lilinnya.
Baca Juga:  Bagian Tumbuhan Yang Menjadi Tempat Pembuatan Makanan

Demikian artikel yang memaparkan ciri-ciri dan manfaat kantong semar. Tanaman karnivora yang dapat digunakan sebagai tanaman hias sehingga banyak dibudidayakan ini sejatinya memberikan beberapa manfaat yang berguna bagi kehidupan manusia. Semoga segala informasi yang sudah disajikan dapat bermanfaat bagi Anda.

Kami menjual aneka jenis tanaman hias kantong semar, untuk melihatnya Anda bisa klik disini.






Jelaskan Ciri Khusus Tumbuhan Kantong Semar

Source: https://bibitbunga.com/ciri-ciri-dan-manfaat-kantong-semar/

About Merry Rianna