Contoh Teks Cerita Sejarah Pribadi Kelas Xii Dan Strukturnya

Contoh Teks Cerita Sejarah Pribadi Kelas Xii Dan Strukturnya

Materi                          :  4.4 Menulis Cerita Sejarah Pribadi dengan Memperhatikan Kaidah                                                        Kebahasaan

Jumlah Pertemuan       : 1 x Pertemuan

Materi                          : Teks Cerita Sejarah

Kelas                           : XII IPS 2

Tugas Pribadi :

1. Membuat teks cerita sejarah pribadi dirimu sendiri dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan teks cerita sejarah!

2. Diskusi dengan gurumu tentang langkah – langkah membuat teks cerita sejarah pribadi!

Contoh Teks Cerita Sejarah Pribadi :

Namaku Dwi Apriyanto, aku biasa dipanggil Frendi, aku anak kedua dari dua bersaudara. Aku mempunyai seorang kakak yang bernama Bagus Sudirman. Aku lahir di Kabupaten Tulungagung. Umurku sekarang 17 tahun. Sekarang aku bersekolah di SMAN 1 Bumi Agung.

Pada tahun 2004, aku mulai masuk ke taman kanak kanak atau biasa disebut TK. Waktu itu PAUD masih belum ada, sehingga aku langsung masuk TK. Waktu pertama kali masuk sekolah, aku itu orangnya sangat pemalu dan sangat benci dengan seragam sekolah yang terdapat kancingnya. Sampai sampai aku menyuruh ibu ku untuk membuang semua kancing yang ada di seragam sekolahku. Ibu ku malah ketawa dan heran kenapa aku sampai sangat benci terhadap kancing di seragamku. Sejak kecil aku memang selalu memakai kaos, oleh karena itu ketika memakai seragam aku merasa tidak nyaman.Beberapa minggu berlalu akhirnya aku dapat mengobrol dengan temanku meskipun agak malu.

Setelah Tamat TK, di tahun 2006 aku memasuki sekolah dasar yaitu SDN 02 Sumberagung yang tepat di depan rumahku dan memudahkanku dalam berangkat ke sekolah. Di SD aku mendapat banyak teman baru sehingga aku masih belum akrab. Namun waktu terus berlalu akhirnya aku akrab. Di SD aku sangat menyukai 1 bidang pelajaran, yaitu olah raga khususnya sepakbola. Di sepak bola inilah aku dapat sangat akrab dengan temanku, karena sepak bola mengajarkan kita bagaimana cara kerja sama yang baik. Meski aku suka bidang mata pelajaran olah raga bukan berarti aku membenci bidang pelajaran yang lain.

Baca Juga:  Kualitas Karya Seni Rupa Ditentukan Oleh

Menginjak kelas 4 SD ada beberapa temanku yang pindah sekolah dan tidak naik kelas, sehingga membuat jumlah temanku berkurang. Hal itu lah yang memotivasiku untuk mulai belajar. Walapun aku hanya belajar setiap ada ulangan. Karena saa itu aku lebih mementingkan bermain dengan teman daripada belajar.

2 tahun berlalu dan aku kelas 6 SD, di situlah aku mulai memikirkan SMP mana yang akan di tuju. Dan aku memutuskan ke SMPN 01 Rejotangan. Namun aku ragu, bagaimana kalau tidak dapat di terima di SMP itu. Untuk itulah ketika mendekati ujian sekolah dasar aku fokus belajar dan mendapat nilai yang cukup memuaskan

Tahun 2012 aku mulai pertama kali masuk ke SMP. Di SMP berbeda dengan SD. Di SMP suasananya sangat ramai dan muridnya cukup banyak. Tetapi di SMP dalam seminggu aku dapat akrab dengan temanku. Karena saat masuk smp ada kegiatan yang dinamakan MOS atau Masa Orientasi Siswa. Di masa itu lah aku bersama temanku sering di kerjai dengan kakak kelas. Tetapi dari itu lah kita dapat banyak manfaat salah satunya persahabatan dan tertawa bersama.

Di SMP alhamdulilah aku sering mendapat peringkat 2 dan 3 ketika selesai ujian, karena di SMP aku lebih banyak mendengarkan  ajaran guru dan lebih sering diam di dalam rumah. Berbeda dengan SD, aku selalu keluyuran kemana mana tanpa mengenal waktu.

Setelah lulus SMP, di tahun 2015 aku mulai bersekolah di SMA, yaitu SMAN 1 Bumi Agung. Di SMA berbeda dengan SD dan SMP, di SMA kita di didik untuk di siplin, karena agar kita siap ketika memasuki dunia kerja. Di SMA ini aku memilih jurusan komputer, karena sejak kecil aku itu sangat suka sekali dengan hal hal yang berhubungan dengan teknologi, khususnya internet. Di kelas 2 SMA ini lah untuk pertama kali nya aku mendapatkan peringkat 1 di kelas. Walaupun waktu kelas 1 mengalami banyak penurunan peringkat. Di SMA aku sering kali di hukum, karena di SMA itu peraturannya sangat ketat dan guru di siplinnya sering marah marah. Tetapi meski marah marah itu semua demi kebaikan aku dan murid lainnya.

Baca Juga:  Vivo Y91 Harga Bekas Dan Spesifikasi

Selama SD,SMP, dan sekarang SMA. aku mengalami banyak kenangan. belajar bersama, diskusi bersama, ngobrol bersama, tertawa bersama dan mendapatkan pengetahuan serta pengalaman yang sangat berharga dan juga banyak kenangan yang tak terlupakan dan tak tergantikan.

Contoh Teks Cerita Sejarah Pribadi Kelas Xii Dan Strukturnya

Source: https://gurumengajaryuk.blogspot.com/2019/09/materi-4.html

About Merry Rianna