Contoh Tari Sebagai Sarana Upacara Adat

Contoh Tari Sebagai Sarana Upacara Adat

Lihat Foto

Salah satu gelaran budaya seni tari dalam Festival Danau Kelimutu di Stadion Marilonga, Ende, Nusa Tenggara Timur, Jumat (22/11/2013).

KOMPAS.com –
Seni tari sangat berhubungan dengan masyarakat dan budaya disekitarnya. Seni tari dalam masyarakat begitu lekat, karena hampir setiap kegiatan selalu menampilkan pertunjukan tari.

Kebiasaan tersebut terdiri atas kegiatan simbolis kemasyarakatan dengan aturan tertentu yang
dilakukan secara turun-temurun.

Kemudian disepakati bersama sebagai bagian dari adat istiadat masyarakat setempat.

Dikutip buku Pengetahuan Elementer Tari (1986) karya Sedyawati, tari adalah salah satu bentuk pernyataan budaya. Oleh karena itu maka sifat, gaya dan fungsi tari selalu tak dapat dilepaskan dari kebudayaan yang menghasilkannya.

Baca juga: Seni Tari: Pengertian dan Gerak Tari

Fungsi tari

Dalam perkembangannya, seni tari dipengaruhi perkembangan masyarakat dan budayanya. Dilansir dari buku Telaah Teoretis  Seni Tari (1994) karya Jazuli, fungsi tari dibedakan menjadi beberapa dan itu berhubungan erat dalam kehidupan masyarakat.

Berikut fungsi tari:

Tari sebagai sarana upacara

Tari dapat berfungsi sebagai sarana upacara. Pada zaman sebelum masuknya agama ke Indonesia, tari menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan spiritualisme masyarakat Indonesia.

Lambat laun dengan perkembangan zaman, kesakralan tari upacara ini telah berkurang di beberapa daerah. Namun, masih ada daerah menjalankan tradisi tersebut hingga sekarang.

Dalam tari sebagai sarana upacara dibedakan menjadi tiga, yakni:

  • Fungsi dalam upacara keagamaan

Tak jarang dalam prosesi keagamaan juga menggunakan tari-tarian dan ini hampir disetiap daerah ada.



Lihat Foto

KOMPAS.COM/INDRA AKUNTONO

Seni tari tradisional dalam Sail Tomini, di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Sabtu (19/9/2015).




Kamu bisa menjumpai tarian seperti ini pada adat di pulau Bali. Biasanya tarian dalam upacara keagamaan masyarakat Bali masih dipertunjukkan di Pura dan sebagai bentuk tarian sesaji.

  • Fungsi dalam upacara adat
Baca Juga:  Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Apresiasi Seni Rupa

Tari-tarian juga biasa dilakukan dalam upacara adat atau sakral. Biasanya kaitannya dengan kepentingan adat masyarakat di suatu lingkungan.

Contohnya itu Tari Ngalage yang ditampikan pada upacara perayaan panen padi di Jawa barat. Tari Ngalage merupakan tarian sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada Dewi Padi Pohaci Sang Hyang Sri.

  • Fungsi dalam penyelenggaraan upacara adat

Tari juga berfungsi dalam penyelenggaraan upacara adat. Di mana yang kaitannya dengan peristiwa kehidupan manusia seperti kelahiran, perkawinan, penobatan, dan kematian.

Tari sebagai Hiburan

Tari juga memiliki fungsi sebagai hiburan. Namun, yang lebih menitikberatkan pada pemberian kepuasan perasaan tanpa mempunyai tujuan yang lebih dalam seperti memperoleh pengetahuan dan pengalaman dari apa yang dilihatnya.

Baca juga: Langkah-langkah Pergelaran Tari

Sehingga tari hiburan dapat dikategorikan sebagai tari yang bobot nilainya ringan.

Bagi pelaksana (penari) mungkin hanya sekedar untuk menyalurkan hati atau kesenangan seni, seperti untuk perayaan suatu pesta atau perayaan hari besar atau ulang tahun.

Tari Sebagai Pertunjukan dan Tontonan

Lihat Foto

DOK. KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA

Salah satu pertunjukan seni tari dalam rangka Festival Panji Nusantara 2022 di Malang, Kamis (11/7/2022).

Salah satu fungsi dan peran tari adalah sebagai pertunjukan atau tontonan.

Tari sebagai pertunjukan ditujukan untuk mempertunjukkan sesuatu yang dinilai memiliki nilai seni, untuk menarik perhatian, memberikan kepuasan dan memperoleh kesan setelah menikmati.

Sehingga menimbulkan adanya perubahan dan wawasan baru kepada siapa pun yang melihatnya.

Baca juga: Gerak Tari: Jenis dan Unsurnya

Tari Sebagai Pendidikan

Tari sebagai pendidikan sudah menjadi salah satu fungsi tari. Tari sebagai salah datu bentuk pendidikan seni mengandung sikap estetis yang berguna.

Di mana untuk membentuk manusia sebagai pribadi yang memperhatikan lingkungan sosial, budaya dan hubungan dengan Tuhan.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga:  Contoh Lamaran Kerja Di Rumah Sakit

Setiap karya seni tari yang diciptakan mempunyai fungsi yang berbeda. Oleh karena itu, jenis karya tari juga dapat dikelompokkan menurut fungsinya.Peranan karya tari dalam konteks budaya masyarakat tidak lepas dari fungsi tari itu sendiri dalam masyarakat. Jika fungsi tari dalam masyarakat tertentu sebagai tari upacara, secara tidak langsung tari di situ berperan sebagai sarana upacara. Tari upacara merupakan karya tari yang berfungsi sebagai sarana upacara. Tari hiburan merupakan karya tari yang berfungsi sebagai sarana hiburan. Adapun Tari pertunjukan merupakan karya tari yang berfungsi sebagai sarana pertunjukan.

Inilah sekilas  materi yang dapat saya jelaskan mengenai MateriFungsi Tari Sebagai Upacara, Hiburan, Pertunjukan
agar dapat membantu anda dalam menyelasaikan tugas pelajaran.

Fungsi Tari Sebagai Upacara, Hiburan, Pertunjukan

Berdasarkan fungsinya, karya tari dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tari upacara, tari hiburan (social dance), dan tari pertunjukan.

1. Fungsi Tari sebagai Sarana Upacara Agama dan Upacara Adat

Tari-tarian upacara berfungsi sebagai sarana upacara agama atau upacara adat yang dilakukan oleh masyarakat. Tari-tarian tersebut sangat berperan dalam rangkaian upacara yang diadakan. Salah satu contohnya adalah tari Pendet yang berasal dari Bali.

Tari Pendet sering ditarikan oleh gadis-gadis Bali di pura pada saat upacara keagamaan. Para penari membawa bokor berisi bunga sebagai simbol sesaji yang dipersembahkan untuk para dewa. Contoh lainnya adalah tari Gantar yang berasal dari Kalimantan. Tari Gantar disajikan pada saat upacara adat selamatan yang ditujukan kepada Dewi Sri. Dalam upacara ini, masyarakat berdoa agar hasil panen melimpah.

2. Fungsi Tari sebagai Sarana Hiburan atau Pergaulan

Tari-tarian yang berperan sebagai sarana hiburan disebut tari hiburan. Tari hiburan disebut juga social dance. Tari ini disajikan dengan tujuan untuk menghibur para penonton. Tema tari biasanya berupa ungkapan rasa gembira. Penonton pun kadang-kadang ikut menari. Contoh tari hiburan, yaitu tari Tayub dari Jawa Tengah.

Baca Juga:  Contoh Alat Musik Modern Untuk Mengiringi Tarian Adalah

Tari Tayub ditarikan oleh para penari wanita yang dinamakan ledek dan para penari laki-laki yang dinamakan pengibing. Tari Tayub merupakan tari hiburan yang biasanya dipertunjukkan pada acara sehabis panen. Tari ini termasuk tari hiburan karena di dalamnya terjadi perbauran antara penari wanita dan penari laki-laki. Penontonnya pun diajak menari oleh para penarinya. Contoh lain taritarian yang berfungsi sebagai sarana hiburan, yaitu tari Giring-Giring dari Kalimantan, tari Serampang Duabelas dari Sumatera, dan tari Maengket dari Sulawesi. (seni tari Ari Subekti)



3. Fungsi Tarian sebagai Media Pertunjukan
Tari yang berfungsi sebagai media pertunjukan disebut tari pertunjukan. Tari pertunjukan membuat manusia dapat menikmati keindahan-keindahan yang diungkapkan melalui gerak tubuh. Hal itu karena tari pertunjukan benar-benar dipersiapkan sebelum dipertunjukkan di depan orang lain. Gerak tari benar-benar diolah secara matang. Kesesuaian unsur-unsur pendukung tari dengan tema tarinya juga sangat diperhatikan. contoh tari pertunjukan adalah sendratari Ramayana di Yogyakarta.

Sendratari Ramayana dipertunjukkan untuk menarik wisatawan agar datang ke Yogyakarta. Pertunjukan sendratari Ramayana dapat dijumpai di panggung tertutup ataupun terbuka, misalnya, di candi Prambanan. Selain itu, dapat dijumpai di hotel-hotel atau rumah makan yang ada di daerah Yogyakarta.

Demikian sekilas amteri Seni Budaya yang saya cantumkan tentang
Fungsi Tari Sebagai Upacara, Hiburan, Pertunjukan
semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.Terimakasih


Page 2

PELAKSANAAN RENUNGAN DAN ULANG JANJI PERINGATAN HARI PRAMUKA  (Pukul   1 9 . 0 0 WIB) Panitia dan   petugas sudah be…

Contoh Tari Sebagai Sarana Upacara Adat

Source: https://belajardenganbaik.com/fungsi-tari-sebagai-sarana-upacara-adat

About Merry Rianna