Ciri Ciri Kehidupan Manusia Tumbuhan Dan Hewan

Ciri Ciri Kehidupan Manusia Tumbuhan Dan Hewan

tirto.id – Ciri-ciri hewan, tumbuhan, dan manusia yang masuk ke dalam kelompok makhluk hidup menjadi pembeda dengan makhluk tak hidup.

Sebagaimana dikutip dari buku

Asyiknya Belajar Ilmu Pengetahuan Alam kelas 3 SD, makhluk hidup sendiri merupakan segala sesuatu yang bernafas.

Tumbuhan merupakan makhluk hidup yang berperan sebagai produsen dalam sebuah ekosistem. Hal ini karena kemampuan tumbuhan hijau untuk memasak makanan sendiri.

Infografik SC Ciri-Ciri Makhluk Hidup. tirto.id/Quita

Secara umum,
makhluk hidup
memiliki ciri-ciri yang dapat membedakannya dengan makhluk tak hidup, di antaranya:

  • Bernapas

Bernapas atau respirasi merupakan proses mengambil atau menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida dari tubuh makhluk hidup. Oksigen tersebut dimanfaatkan untuk proses oksidasi biologis untuk menghasilkan energi dan karbondioksida.

  • Nutrisi

Nutrisi dibutuhkan makhluk hidup untuk memenuhi kebutuhan zat makanan. Nutrisi yang terdapat pada tubuh memiliki manfaat untuk.

  1. Menghasilkan energi atau tenaga untuk melakukan aktivitas sehari-hari
  2. Memelihara jaringan serta mengganti sel-sel tubuh yang rusak
  3. Mengatur berbagai proses metabolism dalam tubuh
  4. Sebagai pertahanan tubuh terhadap berbegai macam penyakit.
  • Bergerak

Gerak merupakan perubahan posisi suatu makhluk hidup terhadap suatu acuan tertentu. Makhluk hidup dapat bergerak pada sebagian atau seluruh bagian tubuhnya.

  • Bereaksi terhadap rangsang

Makhluk hidup memiliki kemampuan untuk menerima serta menanggapi perubahan yang terjadi di lingkungan sekitar. Rangsang dapat berupa cahaya, bunyi, bau, rasa, ataupun sentuhan.

Manusia dan hewan sebagai makhluk hidup yang memiliki sistem indera, sistem saraf, sistem hormon, dan sistem otot yang baik sehingga mampu melihat, mendengar, mencium, mengecap rasa, dan menyentuh atau meraba.

Sedangkan tumbuhan sebagai makhluk yang tidak memiliki sistem indera, sistem saraf, sistem hormon, dan sistem otot. Namun mereka peka terhadap rangsang yang berupa cahaya, air, gaya tarik bumi, senruhan, serta keberadaan zat kimia.

  • Tumbuh dan berkembang
Baca Juga:  Perbedaan Antara Tumbuhan Lumut Dan Tumbuhan Paku Antara Lain

Pertumbuhan merupakan proses bertambahnya ukuran tubuh meliputi tinggi, berat, dan volume. Sedangkan perkembangan adalah proses biologis makhluk hidup menuju tingkat kedewasaan atau kesempurnaan.

  • Berkembang biak

Proses berkembang biak bermanfaat untuk memperbanyak diri atau menghasilkan individu bau. Dengan proses berkembang biak, maka dapat menjaga kelestarian jenis agar tidak punah.

  • Mengeluarkan zat sisa

Zat sisa yang terdapat pada tubuh harus dikeluarkan agar tidak menyebabkan adanya racun dalam tubuh. Zat sisa yang dikeluarkan dapat berupa cairan, gas, atapun zat padat.

  • Beradaptasi

Adaptasi merupakan kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan. Makhluk hidup harus dapat beradaptasi agar dapat bertahan hidup.

Proses adaptasi makhluk hidup dapat dibedakan menjadi adaptasi morfologi (terhadap lingkugan), adaptasi tingkah laku, serta adaptasi fisiologi (penyesuaian fungsi alat tubuh terhadap lingkungan).

  • Memerlukan suhu lingkungan tertentu

Makhluk hidup memerlukan suhu lingkungan tertentu serta selalu berusaha untuk mendapatkan suhu lingkungan yang sesuai. misalnya suhu tubuh manusia yang normal adalah sekitar 37°C, bakteri E. coli yang tumbuh pada suhu 20-30oC. Pada suhu optimum, semua makhluk hidup dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Ciri-Ciri Khusus Makhluk Hidup

Makhluk hidup juga memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan makhluk hidup lain. Berikut adalah ciri-ciri khusus makhluk hidup yang dikutip dari

Sumber Belajar KEMDIKBUD.

  1. Ciri-ciri hewan dan manusia sebagai makhluk hidup
  • Bergerak secara aktif (berpindah tempat)
  • Tidak dapat memproduksi bahan makanan sendiri.

2.
Ciri-ciri tumbuhan sebagai makhluk hidup

  • Tidak dapat bergerak secara aktif atau berpindah tempat
  • Dapat memproduksi bahan makanannya sendiri dengan melakukan fotosintesis (proses memproduksi makanan oleh tumbuhan yang dibantu oleh sinar matahari).

(tirto.id –
Sosial Budaya)

Baca Juga:  Sebutkan Faktor Yang Menyebabkan Terjadinya Pasang Surut Air Laut

Kontributor: Endah Murniaseh

Penulis: Endah Murniaseh

Editor: Yulaika Ramadhani



Ciri Ciri Kehidupan Manusia Tumbuhan Dan Hewan

Source: https://tirto.id/ciri-umum-dan-khusus-makhluk-hidup-manusia-hewan-tumbuhan-ghbK

About Merry Rianna