Cara Merawat Murai Batu Trotol Umur 2 Bulan

Cara Merawat Murai Batu Trotol Umur 2 Bulan

Dalam memelihara burung murai batu ada yang suka memelihara yang sudah jadi atau alias gacor dan juga ada yang memilih untuk memelihara murai batu pada saat anakan atau pada saat bulunya masih trotolan.

Memelihara murai batu yang sudah gacor dari sisi harganya tentunya akan lebih mahal jika di bandingkan dengan yang masih trotolan, dan untuk harga murai batu trotol lebih murah dibandingkan dengan yang sudah dewasa.

Ya, murai batu yang bulunya masih trotol atau yang masih anakan, harganya lebih murah, disamping itu murai batu trotol juga memiliki kelebihan, dimana ketika di rawat nantinya akan mudah dilakukan, seperti pemasteran dan lain sebagainya.

Namun, tentunya untuk memelihara murai batu trotol perlu waktu untuk membuatnya menjadi dewasa dengan kualitas suara yang bagus, dan melakukan perawatan yang tepat.

Perbedaan Murai Batu Trotol Jantan dan Betina

Perbedaan murai batu dewasa lebih mudah untuk di bedakan jenis kelamin jantan dan betina, hanya dengan melihat beberapa menit saja sudah bisa di lihat perbedaannya, seperti melihat dari warna bulunya.

Lihat Juga : Suara Masteran Murai Batu

Sedangkan untuk cara membedakan murai batu trotol jantan dan betina lebih sulit, karena penampilan bulunya hamper serupa, sama-sama masih memiliki warna bulu trotol.

Ciri-Ciri Murai Trotol Jantan

Meskipun memiliki persamaan yang banyak antara murai batu jantan dan betina trotolan, namun masih ada cara untuk mengetahui perbedaan jenis kelaminnya, seperti :

Lihat Juga : Cara Memaster Murai Batu

  • Meskipun memiliki persamaan dari bulunya, namun untuk bulu jantan pada bagian punggung, leher dan dada lebih tajam, dan ketika sudah memasuki umur 4 bulan, warna bulu hitam mengkilap sudah mulai muncul sedikit demi sedikit
  • Ukuran kepala murai trotol jantandatar dan lebih besar dan betina, hal tersebut berlaku ketika dewasa
  • Mata murai jantan trotolan dan dewasa memiliki bentuk yang sama, dimana memiliki tatapan yang tajam, kepalanya besar dan warna papa lingkaran matanya lebih tebal dan tegas warnanya
  • Paruh trotolan murai batu jantan lebih tebal, entah itu bagian bawah dan bagian atas, ketika di lihat dari samping, maka bentuk paruhnya seperti terlihat cembung kebawah

Lihat Juga : Settingan Extra fooding Murai Batu

  • Kaki jantan murai trotol ukurannya besar, kekar dan terlihat gagah
  • Ukuran jari murai trotol jantan lebih besar dari betina
  • Murai batu trotol jantan dan betina sama-sama memiliki 4 ekor yang bewarna hitam, 2 helai ekor ukuran panjang ( ekor Utama ) dan 2 helai bulu ukuran sedang ( Ekor Kedua ), dan ukuran ekor utamanya lebih panjang dari ekor kedua dengan selisih panjangnya jauh, maka murai trotol tersebut berkeni kelamin jantan
  • Murai jantan trotol pada umumnya sering merapatkan ekornya
  • Dapat mengeluarkan suara “Trek, Trek “, mirip seperti murai dewasa, dengan suara kicauan yang jernih dan keras, dan ketika mencapai umur 3 bulan keatas, murai trotol tersebut bisa mengeluarkan suara ngeriwik dengan volume yang pelan dan bervariasi

Lihat Juga : Manfaat Minyak Ikan untuk Murai Batu

Ciri-ciri Murai Trotol Betina

  • Ukuran kepala kecil dengan bentuk yang bulat
  • Fostur tubuh tidak tegak seperti jantan
  • Ukuran tubuhnya pendek
  • Warna bulu di sekitar tubuhnya tidak jelas
  • Kaki serta jari kaki murai trotol betina kecil
  • Panjang bulu ekor utama dan kedua selisih panjangnya tidak jauh beda, sekitar 1 cm saja maksimal
  • Suara kicauan murai trotol betina suara monoton, dan langsung mengeluarkan suara ngeplong dan monoton, tidak mengeluarkan suara ngeriwik seperti jantan

Lihat Juga : Manfaat Kroto untuk Murai Batu

Itulah Ciri-ciri dan perbedaan murai trotol jantan dan betina yang bisa kami bagikan untuk rekan-rekan yang ingin mengetahui perbedaan jenis kelamin jantan dan betina.

Baca Juga:  Cara Menghubungkan Akun Pubg Ke Facebook

Semoga Membantu.

Memelihara Muraibatu dari trotol hingga dewasa merupakan kesenangan tersendiri bagi pecinta muraibatu. MB yang dipelihara sejak trotol akan mudah gacor dan sangat mudah dimasteri dengan suara isian yang kita inginkan.

Trotol atau anakan muraibatu menjadi salah satu burung yang paling tinggi peminatnya, sehingga banyak orang berbondong bondong menangkarkan muraibatu untuk dijual anakan atau trotolanya.

Muraibatu trotol yang paling dicari adalah trotolan MB dengan jenis kelamin jantan. Karena murai batu yang akan dipelihara sebagai burung ocehan maupun dilombakan adalah MB jantan.

Selain ekornya yang panjang, MB jantan juga mempunyai variasi suara yang banyak dan lantang. Sehingga hanya MB jantan saja yang diperlukan untuk ocehan dirumah maupun untuk lomba burung kicau.

Terus bagaimana cara mengetahui jenis kelamin pada trotolan atau anakan muraibatu?

Bagaimana Cara Memilih Trotolan MB jantan

Bentuk fisik trotolan MB jantan dan betina nyaris sama, sehingga kita sebagai pembeli harus jeli melihat apakah itu MB trotolan jantan atau betina.

Selain dengan melihat secara fisik, kita juga harus meminta jaminan kepada peternak bahwa Trotolan MB yang akan kita beli adalah 100% jantan, agar saat keliru nanti bisa kita tukarkan kembali.

Trotolan MB jantan

Ciri-ciri Muraibatu Trotol Jantan Secara Jelas

Walaupun secara fisik mempunyai bentuk dan warna yang nyaris sama, kita tetap bisa kok membedakan jenis kelamin keduanya. Caranya adalah membandingkan bentuk fisik antara trotolan jantan dengan betina secara detail. Berikut adalah ciri fisik trotolan murai jantan secara jelas.

1. Warna Bulu MB trotol Jantan Lebih Tajam

Anakan MB jantan mempunyai warna bulu yang lebih tajam dari betina, bulu yang paling nampak tajamnya adalah bulu bagian dada, leher dan punggungnya. Setelah umur trotolan MB sudah memasuki 4 bulan maka akan tumbuh bulu yang mengkilap hitam kebiruan walaupun masih sedikit.

2. Bentuk Kepala Trotol MB jantan Besar dan tampak datar

Seperti halnya muraibatu dewasa, MB trotolan juga mempunyai bentuk kepala yang sama dengan MB dewasa.

3. Mata Trotolan MB Terlihat Tajam

Selain dengan melihat bentuk kepalanya, kita juga bisa melihat dari bentuk matanya. Mata anakan MB jantan kan tampak besar dan menatap tajam, garis yang melingkar disekitar mata juga tampak tajam berwarna tegas dan tebal.

4. MB trotolan mempunyai paruh yang tebal

Anakan MB jantan mempunyai paruh yang tebal baik itu paruh bagian atas maupun paruh bagian bawah. Bagian paruh jika dilihat dari samping maka akan terlihat sedikit cembung kebawah.

5. Kaki pada Anakan Murai Terlihat Kekar

Bagian tubuh MB yang perlu anda cek selanjutnya adalah kaki, anakan MB yang berjenis kelamin jantan akan mempunyai bentuk kaki yang gagah, kekar dan nampak besar. Selain kakinya yang besar dan kekar, pada jari kakinya juga nempunyai ukuran yang besar.

Baca Juga:  Cara Pakai Toner Ms Glow Whitening

6. Ekor Anakan MB Jantan Lebih Panjang

Jika kita lihat secara jelas, MB mempunyai 4 ekor warna hitam, yaitu ekor utama dan ekor kedua. Dengan melihat ekor tersebut kita bisa memastikan apakah itu anakan MB jantan atau betina.

Jika ekor hitam utama lebih panjang dari ekor kedua, dan selisihnya agak panjang, maka dapat dipastikan bahwa trotolan tersebut adalah trotolan jantan. Selain melihat jarak antara ekor pertama dan kedua, jika juga bisa melihat kerapatan ekornya. Umumnya trotolan MB jantan akan selalu merapatkan ekornya.

7. Suara anakan MB jantan Lebih kasar

Trotolan MB tentunya belum bisa berkicau, namun sudah bisa bersuara trek trek seperti MB dewasa pada umumnya. Suara tretekan MB jantan yang masih trotol biasanya keras dan jernih.

Pada saat umur menginjak 3 bulan keatas, trotolan MB jantan akan mulai belajar berkicau atau disebut ngeriwik. Yaitu berkicau dengan banyak variasi dan  suaranya yang sangat pelan.

Untuk anakan MB betina, tidak ngeriwik namun akan langsung ngeplong dan suara yang dikeluarkan monoton saat usinya diatas 4bulan.

Foto Anakan Murai Jantan

Trotolan MB jantan

Trotol Murai Jantan Umur 1 bulan

Anakan MB jantan 1 bulan

Anakan MB umur 21 hari

Cek dulu :

  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman “Bosch-max”
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika “Pro-volt”
  • Vitamin Burung Lomba “Maxiplus”

Itulah mengenai ciri anakan MB jantan secara detail menurut pengalaman saya.

Nah jika anda sudah paham mengenai ciri trotolan MB jantan, maka selanjutnya yang akan saya bahas adalah ciri utama anakan MB betina. Berikut dibawah ini ciri cirinya.

Baca juga : Begini Cara Memilih Trotolan MB yang Bagus Calon Jawara

Ciri MB trotol betina dengan jelas

  • Kepala berbentuk bulat dan kecil
  • Badan cenderung pendek dan tidak tegap
  • Warna bulu terlihat kusam dan tidak tegas
  • Kaki kecil dan terlihat tidak gagah seperti Trotolan jantan
  • Ukuran jari kaki cenderung kecil
  • Panjang ekor sama rata antara ekor utama dengan ekor kedua, ada juga yang lebih panjang ekor utama namun biasanya max hanya selisih 1cm.
  • Trotolan MB betina umumnya tidak ngeriwik, namun langsung ngeplong dengan suara yang monoton. Saya juga pernah merawat trotolan MB betina sampai dewasa, dan selama proses menuju ke dewasa, ia hanya ngeplong monoton alias hanya punya 1 variasi saja.

Foto anakan MB betina

Anakan MB betina

Anakan murai batu betina umur 2 bulan

Trotolan MB betina umur 2 bulan

Perbedaan Trotolan MB Jantan dan Betina

Dari ciri diatas dapat kita simpulkan perbedaannya sebagai berikut ini.

  1. Trotol murai jantan mempunyai warna bulu yang mencolok tajam terutama bagian punggung, dan leher. Sedangkan betina warnanya kusam kecoklatan.
  2. Betuk kepala lebih besar dan papak (agak kotak) sedangkan betina bentuknya bulat
  3. Mata terlihat besar dan melotot, sedangkan betina tampak biasa aja.
  4. Garis melingkar di sekitar mata berwarna hitam tegas, sedangkan betina tidak
  5. Paruh murai jantan terlihat tebal, sedangkan betina biasa-biasa saja.
  6. Kaki panjang dan kekar, sedangkan betina tampak pendek dan pergelangan nya kecil.
  7. Jari-jari trotol jantan panjang dan besar, sedangkan betina jarinya kecil
  8. Ekor terlihat panjang, bisa dilihat dengan jelas saat umurnya menginjak 2 bulan. Sedangkan betina panjang ekornya hampir rata semua.
  9. Anakan MB jantan sudah sering ngeriwik diusia 2bulan up, sedangkan betina tidak bisa ngeriwik (biasanya langsung ngeplong saat usia 4-5 bulan)
Baca Juga:  Minyak Ikan Untuk Anak Kucing 1 Bulan

Atau anda bisa lihat melalui tabel perbandingan antara trotolan murai jantan dan betina yang sudah saya buat dibawah ini.

Ciri Trotolan Jantan Trotolan Betina
Bentuk kepala Besar, papak/pipih/ agak kotak Bulat & cenderung kecil
Bentuk mata Besar melotot Tampak biasa
Bentuk paruh Panjang, besar dan hitam Ukuran sedang
Warna paruh bawah “V” Hitam pekat Hitam kecoklatan
Bulu punggung Hitam pekat Hitam kecoklatan
Bulu sayap Hitam pekat Hitam kecoklatan
Bentuk kaki Panjang dan besar Tampak biasa
Ukuran jari Panjang dan besar Biasa saja
Ekor Panjang, ada selisih Ukuran hampir rata
Bentuk tubuh Gagah, tegap Pendek
Ngeriwik Bisa Tidak bisa

Harga Anakan MB jantan

Sebenarnya harga anakan murai batu sangat bervariasi sesuai dengan kualitas indukanya. Indukan ekor panjang dan indukan juara pasti anakanya akan mempunyai nilai jual yang tinggi karena indukanya benar benar berkualitas.

✓ Jasa Pembuatan Ring Burung Murah, Tulis Nama, dan Bergaransi!

Baca

: Rahasia Saya Merawat Murai Batu Trotol Hingga Juara [Lengkap]

Namun harga trotolan MB yang akan saya bahas adalah harga standard pasaran. Yaitu dengan indukan MB medan yang kualiatas nya standar sampai lumayan, misalnya pernah juara di even lokal. Untuk harga Trotolan MB jantan saat ini adalah 2,2 sampai 3 juta rupiah.

Harga diatas adalah untuk anakan berumur 2bulan+ yang sudah bisa makan sendiri. Selain sudah makan sendiri, dengan harga seperti diatas anda sudah mendapat jaminan jantan dari peternak.

Artinya jika saat bulu trotolnya sudah berganti dengan bulu dewasa, namun malah jadinya betina otomatis bisa ditukarkan lagi di peternak yang menjualnya.

Harga Standar Anakan MB betina

Sebagian peternak jarang menjual anakan MB yang berjenis kelamin betina, biasanya mereka dipelihara sendiri dan untuk saling barter dengan sesama peternak MB lain.

Ada juga peternak yang menjual anakan MB dengan sistem pasangan. Yaitu dijual 1 pasang dengan garansi salah satunya harus ada yang jantan. Namun jika keduanya jantan maka akan jadi bonus pembeli.

Ditempat saya harga trotolan MB betina berkisar antara 1 sampai 2juta rupiah sesuai dengan kualitas indukanya. Namun jika indukanya biasa biasa aja harganya akan mentok sampai 1,3jt saja.

Itulah pembahasan saya pada postingan ini mengenai cara untuk membedakan anakan Muraibatu jantan dan Betina. Semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat untuk anda jadikan referensi untuk memilih anakan MB yang sesuai anda inginkan baik jantan maupun betina.

Selain dijadikan referensi, semoga juga bisa menambah pengetahuan anda mengenai membedakan anakan MB jantan dan betina. Terimakasih, jika ada masukan silahkan tambahkan saja di kolom komentar ya.

Cara Merawat Murai Batu Trotol Umur 2 Bulan

Source: https://asriportal.com/harga-murai-batu-trotol-umur-2-bulan/

About Merry Rianna