Cara Mengatasi Tv Tidak Ada Suara

Cara Mengatasi Tv Tidak Ada Suara

6 Cara Mengembalikan Suara TV yang Hilang Anti Ribet

Salah satu gangguan yang seringkali terjadi pada TV adalah suara yang hilang, dalam keadaan gambar dalam tayangan TV masih tampil normal. Gangguan ini bisa terjadi pada TV jenis LED, LCD, maupun tabung.

Ketika TV Anda mengalami gangguan seperti ini, tidak perlu buru-buru membawanya ke tukang service. Anda bisa memperbaikinya sendiri dengan mengikuti cara mengembalikan suara TV yang hilang pada postingan ini.

Dengan memperbaikinya sendiri, tentu saja Anda lebih menghemat pengeluaran. Apalagi saat ini biaya service TV lumayan mahal. Jika bisa diperbaiki sendiri, untuk apa membawanya ke tukang service?

Detail Cara Mengembalikan Suara TV yang Hilang dengan Mudah

Ketika suara TV Anda tiba-tiba hilang, tidak perlu panik. Cobalah lakukan beberapa hal di bawah ini :

Fitur Mute Tidak Aktif

Cek terlebih dahulu fitur mute pada televisi Anda, pastikan fitur tersebut tidak aktif. Sebab terkadang ketika volumenya dikecilkan, tanpa sengaja tombol mute tertekan. Akibatnya, suara TV jadi hilang sama sekali.

Oleh karena itu, ketika suara TV tidak terdengar sama sekali, coba keraskan kembali volume TV Anda. Dengan begitu, fitur mute tidak berfungsi dan volume kembali normal.

Menghidupkan Ulang TV

Jika Anda sudah memastikan volume tidak termute, namun tetap saja suara TV hilang, coba matikan televisi dengan menekan Power OF pada TV. Setelah itu langsung cabut kabel TV dari aliran listrik.

Biarkan seperti itu selama beberapa menit, lalu pasang kembali kabel tersebut. Setelah itu, coba hidupkan kembali TV Anda cara menekan Power ON pada TV.

Baca Juga:  Rangkuman Seni Budaya Kelas 8 Semester 2

Periksa Kondisi Speaker

Jika cara mengembalikan suara TV yang hilang di atas masih belum bisa mengatasi yang ada, cobalah periksa kondisi speaker dengan menggunakan Ohm Meter.

Jika masih tersambung, berarti tidak ada masalah dan kondisi speaker masih bagus, jika tidak tersambung, berarti memang speaker yang rusak sehingga suara TV tiba-tiba hilang.

Periksa Kabel RCA

Fungsi kabel RCA adalah mengirimkan sinyal berupa suara dan gambar. Oleh karena itu, ketika suara TV tiba-tiba hilang, coba periksa dengan seksama kondisi kabel RCA tersebut.

Lakukan pemeriksaan dengan cara menyentuh jack RCA yang berwarna merah dan putih. Jika terdengar suara kresek atau dengungan pada speaker, berarti kabel input mengalami masalah.

Sebab, kabel input ini biasanya mengeluarkan dengungan atau kemresek pada speaker. Untuk mengatasinya yaitu dengan cara mengganti kabel RCA yang baru.

Oleh karena itu, satu-satunya cara mengembalikan suara TV yang hilang dalam kasus seperti ini hanyalah dengan melakukan penggantian kabel RCA baru.

Baca Juga :
4 Cara Memasang Kabel Antena Tv Paralel Mudah

Kaki IC Audio Kurang Menempel

Pada sebagian kasus suara TV yang hilang, ternyata penyebab utamanya adalah IC Audio tidak menempel dengan sempurna. Untuk mengatasinya, Anda mesti melakukan solder ulang kaki IC Audio tersebut.

Kasus  IC Audio tidak menempel dengan sempurna biasanya terjadi pada TV tabung. Penyebabnya, kaki IC audio mengalami korosi disebabkan oleh PCB yang kotor atau lembab.

Oleh karena itu, sebaiknya kaki IC Audio tersebut dibersihkan terlebih dahulu menggunakan sikat sebelum Anda menyoldernya kembali.

Reset Sound pada TV LED

Jika suara yang tiba-tiba hilang terjadi pada TV jenis LED, maka yang perlu dilakukan untuk mengatasinya hanyalah dengan menggunakan fitur Reset Sound.

Baca Juga:  Vitamin Yang Bagus Untuk Rambut Smoothing

Tujuan dilakukannya cara ini adalah untuk mengembalikan pengaturan volume TV ke pengaturan pabrik. Dengan begitu, suara TV Anda akan kembali normal.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengembalikan suara TV yang hilang pada postingan kali ini. Pada asalnya semua cara-cara di atas mudah untuk dilakukan. Anda hanya butuh ketelitian dan kesabaran dalam melakukannya.

Cara Mengatasi Tv Tidak Ada Suara

Source: https://tvjernih.com/6-cara-mengembalikan-suara-tv-yang-hilang-anti-ribet/

About Merry Rianna