Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu Sd Vivo Y91

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu Sd Vivo Y91

Bagi anda yang sering melakukan aktivitas komunikasi dengan menggunakan Whatsapp pastinya sering juga bertukar media baik dokumen, gambar maupun video bukan? Jika hal ini terjadi, maka anda harus tahu bagaimana cara memindahkan penyimpanan internal ke kartu SD HP Vivo y91 ini.

Mengapa? Hal ini disebabkan karena ketika memori internal full dan anda melakukan pembersihan, sangat mungkin jika data-data ini hilang. Untuk memindahkan data ini, berikut ini adalah beberapa step yang bisa anda ikuti.

Dengan Bantuan Aplikasi To SD Card yang Tersedia Di Google Playstore

Disana bisa menemukan banyak jenis aplikasi tersebut dengan hanya mencari di kolom pencarian tentunya yang berfungsi untuk memindahkan penyimpanan internal ke memori card kalian, sebab secara default bawaan pabrik semua jenis hp smartphone sudah ditetapkan memakai memori internal sehingga kapasitas yang sangat terbatas.

  1. Kali ini memakai AppMgr III (App 2 SD) bisa di download secara gratis melalui playstore
  2. Install lalu buka
  3. Nanti akan muncul pop up
  4. Pilih Saja Izinkan untuk mengakses
  5. Setelah itu akan muncul daftar list kumpulan aplikasi yang terpasang di hp android
  6. Pilih menu tiga garis mendatar pada pojok kiri atas
  7. Lalu klik Pemindah Aplikasi
  8. Pada Tab Moveable
  9. Pilih salah satu aplikasi yang nantinya dipindah dari memory internal ke sd card
  10. Lalu klik pilih Pindahkan APL
  11. Selesai

Baca juga :

Atau untuk yang suka tanpa menginstal aplikasi bisa mencoba metode dibawah ini, sebagai contoh memindahkan penyimpanan internal Whatsapp ke memori card kalian.

Langkah 1 : Buka Halaman File Penyimpanan

Langkah pertama yang perlu anda lakukan ketika anda akan memindahkan file dari memori internal anda ke penyimpanan SD card adalah membuat aplikasi file penyimpanan anda. Aplikasi file penyimpanan adalah aplikasi bawaan yang dimiliki oleh setiap ponsel termasuk ponsel Vivo Y91.

Aplikasi ini memiliki bentuk seperti ion folder pada komputer jika anda menggunakan tema standar. Aplikasi ini adalah aplikasi ya bisa digunakan untuk mengolah berkas di ponsel anda.

Langkah 2 : Buat Folder

Sebelum anda melakukan pemindahan, terlebih dahulu siapkan tempat atau area yang akan anda gunakan untuk memindah file yang anda miliki. Hal ini merupakan hal yang penting untuk memudahkan kegiatan pemindahan data yang akan anda lakukan.

Langkah 3 : temukan folder Whatsapp

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan ketika anda akan memindahkan file Whatsapp anda ke folder tertentu di ponsel anda adalah menemukan folder Whatsapp di ponsel anda. Folder Whatsapp adalah folder yang dibuat oleh sistem secara otomatis saat anda melakukan instalasi aplikasi ini.

Pada saat melakukan instalasi aplikasi, file media dari Whatsapp akan terbagi menjadi beberapa folder mandiri, contohnya folder penyimpanan untuk gambar, folder penyimpanan untuk video untuk dokumen dan lain-lainnya.

Ketika anda akan mencari folder Whatsapp, ini anda bisa mengurutkan folder terlebih dahulu berdasarkan abjad. Dengan begitu akan lebih mudah bagi anda untuk menemukan folder Whatsapp untuk memindah file. Folder Whatsapp adalah folder yang bisa anda temukan di bagian bawah dari list folder aplikasi di ponsel anda jika berkas anda diurutkan berdasarkan abjad.

Baca Juga:  Cara Menggunakan Wireshark Untuk Menjebol Password Wifi

Langkah 3 : Temukan Folder Media

Setelah anda menemukan folder Whatsapp, hal selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah mencari folder media di folder Whatsapp tersebut. Pada salah satu step dalam cara memindahkan penyimpanan internal ke kartu SD HP Vivo Y91 ini anda akan menemukan banyak sub folder di dalam folder Whatsapp. Salah satunya adalah folder media.

Folder media ini merupakan folder yang digunakan untuk menyimpan media yang di terima oleh akun Whatsapp anda. Di media inilah nantinya disimpan banyak folder untuk dokumen dan file media anda seperti dokumen gambar, video dan yang lainnya seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Langkah 3 : Pilih Folder Dan File

Ketika anda sudah masuk ke sub folder media, maka anda akan menemukan banyak sub folder di dalamnya. Ya, di Whatsapp, semua jenis file dipisahkan berdasarkan tipenya, ada tipe gambar, tipe video, dan juga tipe dokumen.

Anda bisa memilih file apa yang akan anda pindahkan. Misalnya anda ingin memindahkan gambar, maka anda bisa masuk ke folder image atau gambar. Di dalam folder tersebut anda akan menemukan banyak sekali gambar yang sudah pernah anda dapatkan di aplikasi Whatsapp anda.

Setelah menemukan file yang anda inginkan, pilih file tersebut. Tekan pindahkan lalu masuk ke folder yang sudah anda siapkan atau anda inginkan, setelah itu, langkah terakhir dalam cara memindahkan penyimpanan internal ke kartu SD HP Vivo Y91 ini adalah menekan tombol tempel ketika sudah masuk ke folder tujuan. Bagaimana mudah bukan?

Setiap smartphone tentunya memiliki banyak aplikasi yang digunakan untuk mendukung kinerjanya tersebut, nah salah satunya adalah hp vivo. Aplikasi-aplikasi ini sangat berguna, namu dengan seiringnya waktu ruang penyimpanan menjadi penuh, nah salah satu langkah untuk mengatasinya adalah dengan memindahkanya. Berikut ini panduanhp berikan tips cara memindahkan aplikasi ke kartu sd vivo.

Memindahkan aplikasi sangat diperlukan karena untuk mencegah penuhnya memori internal, karena jika memori internal penuh kinerja hp vivo akan lebih lambat dan lelet.

Nah maka dari itulah kebanyakan pihak smartphone android khususnya vivo menyediakan opsi penyimpanan tambahan salah satunya adalah adanya slot kartu sd.

Kartu sd atau memori eksternal merupakan sarana penyimpanan tambahan bilamana penyimpanan internal hp vivo sudah tidak lagi menyimpan banyak file dan aplikasi.

Kelebihan dari kartu sd ini adalah mampu meyimpan jumlah file yang cukup banyak karena kapasitas kartu sd biasanya lebih besar dari memori internal.

Jika memori internal memiliki jumlah 32GB maka kartu sd bisa anda tingkatkan kapasitasnya sampai 2 kali lipatnya, tentu itu bukanlah hal yang murah karena semakin besar kapasitas kartu sd maka semakin mahal juga.

Namun hal ini tidak jadi masalah asalkan mampu menyimpan aplikasi dan file penting sehingga kamu tidak perlu menghapusnya, jika memang file atau aplikasi tersebut berguna untukmu.

Baca Juga:  Fabel Yang Berasal Dari Bahasa Inggris Yaitu

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Vivo

Nah jika kamu sedang mencari cara bagaimana memindahkan aplikasi ke kartu sd vivo, jangan khawatir berikut ini kami berikan tipsnya, jadi simak baik-baik.

1. Melalui Menu Pengaturan Aplikasi

Yang pertama cara memindahkan aplikasi ke kartu sd vivo adalah kamu bisa melalui menu di pengaturan. Di menu pengaturan aplikasi kamu bisa memindahkan aplikasi ke kartu sd dengan mudah.

Namun cara ini memiliki beberapa kekurangnya salah satunya adalah prosesnya yang cukup lama karena kamu harus satu persatu memindahkan aplikasi ke kartu sd vivo.

Selain itu cara ini tidak bisa untuk memindahkan semua aplikasi dan salah satunya adalah aplikasi bawaan. Setelah saya mencobanya ternyata aplikasi yang dapat di pindahkan adalah hanya aplikasi unduhan saja dan aplikasi bawaan tidak bisa.

Namun hal ini tidak jadi masalah karena ukuran file aplikasi hasil unduhan biasanya besar-besar salah satunya adalah game online.

Aplikasi game online biasanya menyumbang ruang penyimpanan salah satunya adalah data aplikasi yang lumayan besar, sehingga dengan memindahkanya ke kartu sd bisa mengurangi ruang penyimpanan hp vivo.

Berikut cara memindahkan aplikasi ke kartu sd vivo melalui pengaturan:

  • Pertama buka aplikasi pengaturan terlebih dahulu di hp vivo.
  • Lalu kemudian di menu pengaturan pilih opsi aplikasi.
  • Jika sudah maka kamu akan melihat daftar aplikasi yang terpasang di hp vivo.
  • Pilih aplikasi yang pernah kamu unduh saja karena aplikasi bawaan biasanya tidak bisa di pindahkan.
  • Misal dalam hal ini aplikasi game online, tap aplikasinya dan pilih opsi ubah ke kartu sd.
  • Jika opsi ini muncul berarti aplikasi tersebut bisa di pindahkan, namum jika tidak muncul maka aplikasi tersebut tidak bisa di pindahkan.
  • Tap opsi ubah penyimpanan, ikuti perintah selanjutnya.
  • Selesai.

Nah cara diatas bisa kamu lakukan pada semua tupe hp vivo tanpa terkecuali, kelebnihan dari cara ini adalah tidak memerlukan aplikasi tambahan.

Baca juga: Cara Memindahkan Kontak ke Kartu SIM Hp Vivo

2. Mengubah Pengaturan Defalut Penyimpanan

Berikutnya cara memindahkan aplikasi ke kartu sd vivo adalah degan mengubah pengaturan defalut dari memori internal ke memori kartu sd.

Cara ini tidak memindahkan aplikasi melainkan mengubah penyimpanan, jadi ketika kamu mengunduh sebuah aplikasi maka akan secara otomatis tersimpan di kartu sd buka memori internal.

Dengan cara ini maka kamu bisa mengantisipasi penuhnya penyimpanan internal hp vivo. Berikut langkah melakukanya:

  • Pertama seperti biasa kamu buka aplikasi
    pengaturan.
  • Kemudian gulir kebawah dan pilih opsi
    penyimpanan.
  • Setelah itu, di menu tersebut kamu pilih opsi kartu sd.
  • Nah di menu kartu sd kamu pilih opsi
    ikon titik tiga
    di pojok kanan atas.
  • Disini kamu akan melihat beberapa pilihan opsi, pilih saja opsi
    pengaturan.
  • Berikutnya pada menu ini kamu bisa mengubah pengaturan penyimpanan internal ke eksternal, pilih opsi
    Format sebagai internal.
  • Tap opsi hapus dan format.
  • Setelah kamu memilih opsi diatas maka sekarang penyimpanan defalut hp vivo sudah berubah menjadi kartu sd buka lagi memori internal.
Baca Juga:  Bagaimana Cara Membuat Pola Pada Kain Batik

Cara diatas juga bisa kamu lakukaan untuk semua tipe hp vivo dan bisa dilakukan tanpa bantuan aplikasi, jadi akan memudahkanmu.

Baca juga: Ampuh! Cara Menonaktifkan Google Text To Speech Vivo

3. Menggunakan Bantuan Aplikasi

Untuk solusi yang ketiga cara memindahkan aplikasi ke kartu sd vivo adalah kamu bisa memakai aplikasi tambahan untuk melakukanya.

Dengan memakai aplikasi tambahan untuk memindahkan aplkasi ke kartu sd vivo, maka bisa dilakukan dengan cepat dan bisa dilakukan sekaligus.

Jadi kamu tidak perlu memilih-milih lagi aplikasi mana yang akan di pidahkan. Berikut aplikasi yang bisa kamu gunakan:

AppMgr III (App 2 SD)

Cara memindahkan aplikasi ke kartu sd vivo dengan bantuan aplikasi dalah bernama AppMgr III. Aplikasi ini mampu memindahkan aplikasi ke kartu sd secara bersamaan.

Jadi dengan aplikasi ini kamu tidak perlu memindahkanya saru persatu, cukup buka aplikasi ini dan pilih semua aplikasi yang terdapat pada aplikasi mgr, tap pindahkan maka semua aplkasi tersebut akan secara otomatis pindah ke memori kartu sd.

Namun mungkin tidak semua aplikasi bisa kamu pindahkan, kamu hanya bisa memindahkan aplikasi yang muncul di aplikasi mgr, jika ternyata beberapa aplikasi yang kamu inginkan tidak muncul maka berarti memang tidak bisa di pindahkan.

Penyebab kenapa aplikasi tersebut tidak bisa di pindahkankarena kemungkinan aplikasi hanya berjalan dengs isistem memori internal, sebagai contoh seperti facebook, aplikasi tersebut pasti tidak bisa di pidahkan karena saya sudah mencobanya sendiri.

Untuk mendapatkan aplikasi ini, seperti biasa kamu bisa menginstalnya di Google Playstore.

Link2SD

Berikutnya aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk cara memindahkan aplikasi ke kartu sd vivo adalah bernama Link2SD. Aplikasi ini fungsinya hampir sama seperti aplikasi sebelumnya.

Dengan memakai aplikasi ini kamu bisa melihat daftar aplikasi apa saja yang bisa di pindahkan dan melalui aplikasi ini juga bisa langsung kamu pindahkan saat itu juga.

Jadi dengan aplikasi ini kamu tidak perlu memilih-milihnya lagi karena apa yang ada di aplikasi tersebut itulah yang bisa kamu pindahkan, mirip lah seperti aplikasi sebelumnya.

Cukup instal di Google Palystore untuk bisa memakai aplikasi ini.

Baca juga: Cara Menyembunyikan Aplikasi di Hp Vivo Y12 Tanpa Aplikasi dan Aplikasi

Itulah beberapa cara memindahkan aplikasi ke kartu sd vivo yang bisa kamu lakukan, sebenarnya masih ada satu cara lagi yakni dengan memakai bantuan pc atau laptop dengan metode usb debugging, namu cara ini tidak semua orang bisa melakukanya jadi mungkin tidak perlu dengan cara diuatas saja sudah cukup. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat, terima kasih.

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu Sd Vivo Y91

Source: https://kafesentul.com/cara-mengubah-penyimpanan-internal-ke-kartu-sd-hp-vivo

About Merry Rianna