Cara Membedakan Ikan Lele Jantan Dan Betina

Cara Membedakan Ikan Lele Jantan Dan Betina

Ikan koi merupakan ikan hias yang mempunyai pesona yang menarik sekali. Ikan ini memiliki warna khas yaitu paduan merah, putih, hitam, kuning, dan jingga. Pemeliharaannya yang relatif lebih mudah serta tidak memerlukan perlakuan khusus menjadikan ikan ini sebagai salah satu ikan hias terfavorit di dunia. Ikan koi biasanya dipelihara di dalam kolam sehingga keindahannya bisa dilihat secara maksimal. Ikan ini memiliki daya tarik pada bagian punggungnya yang berwarna-warni. Keindahan tersebut akan semakin bertambah manakala ikan koi berenang kian kemari di dalam kolam.

Apabila Anda tertarik membudidayakan ikan koi, maka Anda membutuhkan ikan koi jantan dan ikan koi betina. Khususnya untuk keperluan perkawinan atau pemijahan ikan ini setidaknya diperlukan seekor ikan jantan dan seekor ikan betina. Selanjutnya kedua pasangan ikan tersebut dapat Anda pindahkan ke kolam pemijahan khusus untuk memperbesar peluang keberhasilannya. Tugas Anda yang sekarang ialah mengidentifikasi jenis kelamin ikan koi tersebut untuk bisa memasangkannya. Anda harus bisa mencari perbedaan antara ikan koi jantan dan ikan koi betina.

Bagaimana caranya membedakan jenis kelamin ikan koi yang benar? Apakah ikan koi jantan mempunyai perbedaan khusus dengan ikan koi betina? Kali ini Arafuru akan menjelaskannya secara lengkap kepada Anda.

Cara 1. Rabalah Bagian Pipi Ikan Koi dengan Baik

Pernahkah Anda melihat seseorang yang ingin membeli seekor ikan koi sedang meraba bagian pipi ikan tersebut? Kira-kira apa sih maksudnya dia melakukan hal tersebut? Ya, tepat sekali! Dia memang sedang mencari tahu jenis kelamin ikan koi itu. Meraba bagian pipi merupakan trik yang paling mudah untuk mengetahui jenis kelamin ikan koi. Dengan trik ini, Anda bisa mengidentifikasi jenis kelaminnya dengan tepat. Namun perlu Anda perhatikan, metode ini hanya bisa digunakan untuk ikan koi yang telah berusia antara 7-8 bulan. Sayangnya trik ini tidak bekerja untuk ikan yang masih terlalu muda.

Baca Juga:  Cara Merontokan Akar Gigi Yang Tertinggal

Perlu Anda ketahui, kebanyakan ikan koi jantan mempunyai pipi yang bertekstur kasar. Memang ada sih beberapa ikan koi jantan yang pipinya tidak terlalu kasar. Meski jarang ditemukan, ikan koi jantan yang memiliki pipi tidak kasar menandakan bahwa ikan tersebut belum memasuki usia dewasa. Ikan koi tadi masih berusia kecil hingga cukup muda. Di sisi yang lain, ikan koi betina selalu mempunyai pipi dengan tekstur yang terasa begitu halus. Kami sendiri belum pernah menemukan ikan koi betina yang pipinya kasar. Jadi ikan koi yang pipinya kasar pasti berjenis kelamin jantan.

Cara 2. Tekanlah Bagian Bawah Anus Ikan Koi

Cairan yang keluar dari anus ikan koi juga bisa dijadikan sebagai indikator kedua untuk menentukan jenis  kelamin ikan tersebut. Hal ini tidak terlepas dari adanya perbedaan yang mencolok terhadap cairan yang dikeluarkan oleh ikan koi jantan dan betina pada saat kita menekan bagian bawah anusnya.  Pada ikan koi jantan, ketika kita tekan bagian ini, maka akan keluar cairan putih yang merupakan sel sperma. Ciri-cirinya yaitu cairannya berwarna putih dan terasa agak kental. Sedangkan untuk ikan koi betina, cairan yang keluar adalah cairan berwarna kuning dan bertekstur lebih kasar. Ini merupakan sel telur.

Cara 3. Perhatikan Bentuk Tubuh Ikan Koi

Indikator ketiga ini bisa dikatakan relatif dan tidak selalu benar karena bentuk ikan koi juga dipengaruhi secara langsung oleh kesehatannya. Ikan koi jantan yang sedang sakit kadang-kadang juga akan nampak seperti ikan koi betina, begitu pula dengan sebaliknya. Oleh sebab itu, trik ketiga ini hanya bisa dipakai sebagai penanda sekilas saja. Jangan Anda jadikan sebagai pedoman utama. Sebab dibutuhkan metode yang lainnya untuk memastikan dugaan jenis kelamin ikan tersebut memang benar atau tidak. Karena memang hasil penilaiannya tidak terlalu akurat sih.

Baca Juga:  Lirik Lagu Pergilah Kau Pergi Dan Jangan Kembali

Sebenarnya sama seperti binatang yang lainnya, ikan koi jantan biasanya akan terlihat lebih kekar, kuat, dan padat dibandingkan dengan ikan koi betina. Ikan koi jantan ini memiliki bentuk yang begitu tegas. Bahkan anak kecil saja biasanya sering benar dalam memberikan dugaan terhadap jenis kelamin ikan koi tersebut berdasarkan bentuk fisiknya. Sedangkan ikan koi betina memiliki bentuk badan yang cenderung membulat, bundar, dan gendut. Bentuk tubuh ikan tersebut akan semakin terlihat jelas saat ikan sedang hamil. Perut ikan akan nampak semakin membesar.

Cara 4. Rasakan Tekstur Sirip Dada Ikan Koi

Sama seperti bagian pipinya di atas, terdapat perbedaan yang mencolok antara sirip dada ikan koi jantan dan betina. Jika Anda meraba sirip ikan koi terutama bagian dadanya, maka Anda bisa memastikan jenis kelaminnya dengan benar. Pada ikan koi jantan, kalau Anda meraba siripnya, akan terasa kasar seperti terdapat butiran-butiran pasir di sana. Sirip dada ikan koi jantan tersebut terasa sangat kasar. Sebaliknya tekstur sirip dada pada ikan koi betina terasa begitu halus dan lembut. Silakan Anda bisa mencoba untuk meraba dan merasakan sirip dada ikan koi tersebut.

Cara 5. Bandingkan Ukuran Tubuh Ikan Koi

Trik berikutnya adalah membandingkan ukuran tubuh secara langsung antara beberapa ikan koi. Tetapi perlu Anda perhatikan, ikan koi yang akan dibandingkan tentunya harus memiliki usia yang sepadan ya. Karena bagaimana pun semakin bertambahnya usia ikan koi tersebut, maka semakin bertambah panjang dan besar pula ukuran postur tubuhnya. Ukuran ikan koi betina biasanya lebih besar dibandingkan ikan  koi jantan. Penyebabnya, ikan betina memiliki rahim sebagai tempat penyimpanan telur ikan. Indikator ini sangat ampuh digunakan khususnya untuk ikan koi yang sudah menginjak usia sebulan ke atas.

Baca Juga:  Download Format Penilaian Sikap Pengetahuan Dan Keterampilan

Cara 6. Lihat Postur Punggung Ikan Koi dari Atas

Cara berikutnya yang dapat digunakan untuk membedakan jenis kelamin ikan koi yaitu memperhatikan postur punggung ikan tersebut dari arah atas. Khusus untuk ikan koi jantan, postur punggungnya terlihat lebih langsing serta menyempit ke bagian ekor. Sehingga ikan koi jantan ini pun dapat berenang dengan  lincah sekali. Sementara itu, punggung ikan koi betina nampak lebih melebar, terutama di bagian perut ikan tersebut. Bagian perut ikan koi betina nampak lebih bulat daripada ikan koi jantan. Apabila ukuran perutnya terlihat membesar artinya ikan koi tadi sedang hamil.

Cara 7. Rabalah Tekstur Kulit Ikan Koi

Trik terakhir ialah meraba bagian kulit ikan koi secara langsung kemudian merasakan bagaimana tekstur permukaannya. Meskipun hasilnya cukup ampuh, tetapi trik ini cukup sulit dilakukan oleh orang awam. Biasanya antara kulit ikan koi yang satu dengan lainnya memiliki perbedaan yang sangat tipis. Tetapi bila Anda tertarik untuk mempelajarinya pun dapat mencobanya. Kulit ikan koi jantan biasanya terasa agak kasar, terutama di bagian kepala. Ini merupakan bentuk pertahanan alamiah yang diimiliki oleh ikan koi jantan yang terkadang harus bertarung untuk menjaga daerah kekuasannya. Sedangkan tekstur kulit koi betina akan terasa begitu mulus di sekujur bagian tubuhnya.

Cara Membedakan Ikan Lele Jantan Dan Betina

Source: https://arafuru.com/lifestyle/7-perbedaan-ikan-koi-jantan-dan-betina.html

About Merry Rianna