Cara Cek Uang Masuk Ke Rekening

Cara Cek Uang Masuk Ke Rekening

Ilustrasi Cara Mengecek Saldo

Ajaib.co.id – Sebagai pengguna bank, salah satu transaksi yang cukup mudah dilakukan adalah mengecek saldo. Pastinya kamu membutuhkan fitur ini untuk mengetahui berapa jumlah uang yang ada di rekening. Biasanya hal ini penting saat melakukan konfirmasi bila ada orang yang mentransfer sejumlah uang.

Apalagi saat ini banyak sekali modus penipuan online dengan meminta korbannya mengirimkan uang atau seolah-olah mereka telah mengirimkan uang ke rekening kamu. Nah, agar tidak tertipu, di bawah ini adalah cara mengecek saldo dan cek rekening sebelum kamu mentransfer uang. Bagaimana cara untuk melakukan layanan perbankan ini? Berikut cara cek sisa saldo dan cek rekening yang mudah dilakukan.

  1. Cara Cek Saldo dengan Mudah

    1. 1. Lewat Website

    2. 2. Melalui Pesan SMS

    3. 3. Memakai ATM

    4. 4. Hubungi Bank dengan Menelpon

    5. 5. Minta Notifikasi Rutin

    6. 6. Datang ke Cabang Terdekat

    7. 7. Melalui Aplikasi Cek Saldo Rekening Bank

      1. a. BCA Mobile

      2. b. BRI Mobile

      3. c. Livin by Mandiri

  2. Cara Cek Rekening Penipu

    1. 1. CekRekening.id

    2. 2. Kredibel.co.id

    3. 3. Lapor.go.id

    4. 4. Instagram @indonesiablacklist

  3. Cara Melaporkan Rekening Penipu

    1. 1. OJK

    2. 2. CekRekening.id

    3. 3. Lapor.go.id

    4. 4. Langsung ke Polisi


Cara Cek Saldo dengan Mudah


1. Lewat Website

Salah satu keuntungan dalam mengecek saldo secara online adalah bisa dipakai kapan saja dan di mana saja. Kamu tinggal memakai layanan internet banking atau mobile banking. Pertama kamu cukup masuk ke situs web dari bank tersebut dan coba cari opsi log-in untuk mengakses rekening.

Bila pertama kalinya kamu memakai layanan ini, ada baiknya kamu memilih pilihan atau opsi “Daftar”. Kamu juga bisa membaca syarat dan ketentuan bila ingin menggunakan layanan ini. Biasanya kamu perlu mendaftarkan email dan juga nomor hp. Tak hanya bisa cek saldo saja, layanan ini juga membuat kamu melakukan transaksi di dunia perbankan seperti transfer dan membayar tagihan.


2. Melalui Pesan SMS

Cek saldo lewat website adalah hal yang mudah tapi ada cara yang lebih mudah lagi untuk mengecek saldo, Salah satunya adalah melalui pesan singkat atau SMS.

Cara ini pastinya akan memudahkan kamu, apalagi buat kamu yang tidak memiliki handphone smartphone. Cara ini akan lebih mudah daripada kamu harus membukanya dari browser handphone maupun laptop.

Kamu cukup mengirimkan SMS dengan format tertentu ke nomor bank yang dituju. Contohnya kamu ingin mengecek saldo bank BRI. Tentunya kamu bisa langsung mengirimkan SMS banking BRI.

Caranya ketik saldo spasi pin kemudian kirim ke 3300. Nanti kamu akan langsung mendapatkan balasan SMS mengenai informasi saldo. Mudah bukan?


3. Memakai ATM

Bukan hanya untuk melakukan tarik tunai, salah satu fungsi dari pemakaian ATM adalah mengecek saldo. Caranya juga mudah karena bisa dibilang konvensional atau biasa dilakukan oleh semua orang.

Kamu cukup memasukkan kartu debit pada mesin ATM dan ikuti instruksi di layar. Nanti kamu tinggal memilih fitur cek saldo. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan mengenai pengecekan saldo di ATM.

Baca Juga:  Jelaskan Yang Dimaksud Dengan Pencemaran Lingkungan

Kamu harus memastikan bahwa mesin ATM yang dipakai adalah mesin milik rekening bank yang kamu miliki. Sebab, ada biaya yang harus dibayarkan jika mengecek saldo di ATM bank lain. Misalnya, kartu ATM BRI digunakan di mesin ATM BNI, maka ada biaya yang akan dikenakan. Meski jumlahnya kecil, hal ini perlu diperhatikan karena akan memberikan kerugian secara finansial.


4. Hubungi Bank dengan Menelpon

Cara mengecek saldo satu ini termasuk yang paling tradisional. Kamu bisa menelpon bank untuk menanyakan status dari saldo. Alangkah lebih baik kamu menanyakan cara cek saldo untuk pertama kali dan menanyakan opsi cek saldo dengan cara yang paling mudah untuk kamu lakukan. Informasi rekening ini memang penting diketahui maka kamu memang sebaiknya menghubungi pihak bank.


5. Minta Notifikasi Rutin


Saat menghubungi bank, pertama-tama kamu bisa melakukan permintaan informasi kepada pihak bank mengenai jumlah saldo secara rutin. Hal ini akan memudahkan kamu sehingga tak perlu repot-repot mengecek saldo beberapa kali. Bahkan, bank bisa memberikan notifikasi bila ada uang yang masuk dan keluar. Dengan begitu, kamu tak perlu memikirkan cara terbaik untuk mengecek saldo.


6. Datang ke Cabang Terdekat

Bila membutuhkan informasi seputar fitur untuk mengecek saldo, kamu memang bisa datang ke cabang terdekat. Namun jangan sampai kamu datang ke bank hanya untuk menanyakan saldo sebab akan membuang waktu. Manfaatkan waktu datang ke customer service dengan mendaftarkan layanan yang mudah.

Misalnya jika ingin mengecek saldo di rekening BRI untuk dipakai di handphone, kamu tinggal mendaftarkan internet banking BRI. Proses ini akan membantu kamu untuk mengakses internet banking. Kamu tak perlu takut merasa bingung karena akan dijelaskan secara rinci oleh customer service. Bahkan beberapa fitur mungkin memang harus dilakukan di bank cabang terdekat.

Hal ini penting karena keamanan transaksi sangat dibutuhkan. Dunia online membuat segala sesuatu menjadi sangat terbuka sehingga kamu mungkin saja mengalami hambatan khususnya dalam bidang keamanan. Dengan datang ke customer service, kamu jadi memahami hal-hal apa yang perlu diperhatikan saat memakai layanan online. Kamu juga akan diberikan PIN atau kode keamanan supaya transaksi kamu bisa aman.

Itu dia sederet cara mudah untuk mengecek saldo di rekening bank. Pastinya kamu harus lebih cerdas dalam pemakaian transaksi perbankan supaya transaksi tersebut tetap aman.


7. Melalui Aplikasi Cek Saldo Rekening Bank

Di era teknologi seperti saat ini, mengecek saldo dan melakukan transaksi bank menjadi hal yang mudah dan bisa dilakukan kapan dan di mana saja, misalnya dengan mendownload aplikasi bank.

Dengan adanya aplikasi ini, kamu bisa mengakses berbagai transaksi dengan mudah dan bisa langsung dibuka di ponselmu. Misalnya kamu ingin cek saldo BRI. Pastinya kamu tinggal membuka aplikasi BRI Mobile dari ponsel. Cara ini akan lebih mudah daripada kamu harus membukanya dari browser handphone maupun laptop. Untuk memakai aplikasi, kamu bisa mengunduh terlebih dahulu aplikasinya baru mendaftarkan diri.

Baca Juga:  Ekosistem Di Dunia Membentuk Suatu Kesatuan Yang Disebut

Cara pendaftaran pun beragam, kamu bisa mendaftar langsung lewat ATM atau bisa juga mengunjungi cabang terdekat. Di bawah ini adalah beberapa aplikasi cek saldo semua bank yang bisa kamu download untuk mempermudah kamu cek saldo atau melakukan transaksi bank.

a. BCA Mobile

BCA Mobile adalah aplikasi bank yang dikeluarkan olehPT Bank Central Asia Tbk. Di mana, dengan aplikasi ini kamu bisa melakukan berbagai transaksi seperti pengecekan saldo, transfer, pembayaran tagihan, dan masih banyak lagi akses lainnya.

b. BRI Mobile

BRI Mobile adalah aplikasi yang dapat memudahkan pelanggan BRI untuk melakukan transaksi sepertie-Banking. Dengan aplikasi ini, kamu bisa melakukan berbagai transaksi mulai dari cek saldo BRI, transfer BRI, hingga,
Call BRI, dan masih banyak lagi. Fitur-fitur utama BRI Mobile diantaranya info rekening, cek saldo, transfer, pembelian (pulsa,mobile cash), Ganti pin dan Registrasi.

c. Livin by Mandiri

Livin by Mandiri
menjadi salah satu kemudahan yang memberikan kenyamanan dan keamanan bagi seluruh pelanggan yang ingin melakukan transaksi rekening Mandiri viaMobile. Kamu dapat mengakses akun Mandiri Online dimana saja dan kapan saja. Bagi kamu yang memiliki fitur NFC, kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk top up emoney kamu dari mana saja dan kapan saja.



Cara Cek Rekening Penipu

Nah, bagi kamu yang ingin mengecek rekening penipu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Apa saja itu? Simak selengkapnya di bawah ini yuk!


1. CekRekening.id

Website cekrekening.id adalah situs buatan Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia. Di situs ini, kamu bisa melaporkan kasus penipuan online dan bisa diakses melalui handphone atau komputer secara gratis, dari mana dan kapan saja.

Layanan ini siap membantu masyarakat Indonesia melacak nomor rekening yang digunakan untuk melakukan modus penipuan, terutama penipuanonline.Tidak hanya bisa melacak nomor rekening, kamu juga bisa mengumpulkan informasi rekening pelaku. Mulai dari nama pemilik, nama bank, hingga rekaman transaksi. Kamu dapat menggunakan informasi tersebut sebagai barang bukti untuk memblokir rekening penipu. Sehingga, kamu bisa meminimalisir korban penipuan.


2. Kredibel.co.id

Melalui sistem ini, kamu bisa melihat rekam jejak nomor sebuah nomor rekening berdasarkan laporan dan ulasan dari masyarakat. Selain nomor rekening, situs ini juga bisa mengecek kredibilitas nomor telepon yang sering menjadi sarana penipuan daring.


3. Lapor.go.id

Situs ini disediakan langsung oleh Kepolisian Republik Indonesia yang berfungsi untuk melaporkan kasus kriminal yang menimpa kamu. Bukan hanya kasus penipuan, kamu juga bisa melaporkan kasus kriminal lainnya di sini. Sehingga nantinya akan langsung diproses oleh pihak kepolisian Indonesia


4. Instagram @indonesiablacklist

Bagi kamu yang mengalami penipuanonlinemelalui Instagram, kamu juga bisa melaporkannya di akun Instagram bernama @indonesiablacklist. Akun ini akan menyusun kasus penipuan daring yang terjadi di Instagram atau toko daring lainnya.

Tidak hanya melihat nomor rekening, akun ini juga bisa membantu kamu mendapatkan jasa mediasi secara gratis jika mengalami penipuan.  Setiap kasus yang bermasalah akan diunggah dalam Instagram dan selesaikan sampai uang kembali.

Baca Juga:  Cara Mengetahui Siapa Yang Transfer Ke Rekening Kita Mandiri


Cara Melaporkan Rekening Penipu

Nah, setelah mengecek nomor rekening penipu secara online dan mendapatkan bukti dalam kasus penipuan ini, kamu pun bisa langsung melaporkannya dengan mudah. Di bawah ini adalah beberapa cara mudah melaporkan rekening penipu dan kasus penipuan yang kamu terima.


1. OJK

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bukan hanya sebagai lembaga pengawasan saja, mereka juga membuka layanan pengaduan bagi masyarakat yang mengalami modus penipuan menggunakan rekening perbankan. Kamu dapat menggunakan layanan pengaduan ini dengan menelepon ke 1-500-655.

OJK juga menerima pengaduan atau laporan melalui surat elektronik atau email ke [email protected] Nomor rekening yang diberikan ke OJK akan menjadi barang bukti untuk membekukan rekening penipu tersebut.


2. CekRekening.id

Tidak hanya mengecek rekening penipu, situs ini juga bisa membantu kamu melaporkan kasus penipuan yang kamu alami. Caranya mudah, kamu bisa membuka situs cekrekening.id, lalu pilih bank, masukkan nomor rekening, dan klik periksa tombol rekening.

Jika nomor rekening terindikasi melakukan penipuan, klik “tambah laporan” dan isi kolomyang diperlukan. Bukan hanya melaporkan penipuan, situs ini juga bisa membantu kamu untuk melaporkan beberapa kasus seperti investasi palsu, kasus narkotika, kasus terorisme, dan kejahatan lainnya.


3. Lapor.go.id

Untuk melaporkan kasus penipuan melalui situs ini, kamu hanya tinggal membuat akun dan login ke situs tersebut. Setelah memiliki akun, kamu hanya perlu melaporkan penipuan yang kamu alami. Selain melapor menggunakan situs resmi, kamu juga bisa mengadukannya langsung melalui SMS ke 1708, aplikasi LAPOR! Atau akun Twitter @LAPOR1708.


4. Langsung ke Polisi

Bagi kamu yang malas mengurus online, kamu juga bisa langsung melaporkan kasus penipuan ini dengan mendatangi kantor polisi terdekat. Kemudian ceritakan kronologi penipuan dan bukti penipuan yang kamu alami. Namun, untuk melaporkannya langsung ke polisi, kerugian yang kamu alami harus lebih dari 2.5 juta. Jika kurang, kamu bisa melakukannya melalui online.

Itulah beberapa cara cek saldo rekening bank dan cara cek rekening penipu yang bisa membantu kamu mencegah terjadinya risiko penipuan online.

Nah, agar terhindar dari kasus penipuan online, ada baiknya kamu mengecek aplikasi atau situs yang akan kamu gunakan. Pastikan aplikasi tersebut telah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan. Ajaib merupakan salah satu aplikasi investasi yang telah terdaftar dan diawasi OJK, sehingga kamu tidak perlu lagi ragu melakukan investasi di aplikasi ini.

Di Ajaib, kamu bisa memulai investasi, baik reksa dana dan saham melalui Ajaib. Dengan aplikasi tersebut, kamu bisa melakukan top up dana dengan mudah untuk menambah saldo investasi kamu di Ajaib. Hanya dengan modal mulai dari Rp10 ribu, kamu sudah bisa melakukan investasi di Ajaib! Yuk manfaatkan aplikasi di atas untuk berinvestasi.

Cara Cek Uang Masuk Ke Rekening

Source: https://ajaib.co.id/6-cara-mengecek-saldo-di-rekening-bank-yang-mudah/

About Merry Rianna