Cara Baca Buku Kisah Lainnya Online

Cara Baca Buku Kisah Lainnya Online

Mendapatkan bacaan berkualitas bukan hanya bisa kamu dapatkan di toko buku saja, tapi juga melalui situs baca buku online. Selain kamu tak perlu membeli buku fisik, membaca buku di situs baca buku online juga gratis dan tak perlu banyak tempat untuk penyimpanan buku setelah kamu membacanya. Sudah banyak situs baca buku online gratis Bahasa Indonesia yang bisa kamu akses melalui
smartphone

atau laptop kamu. Nah berikut ini adalah 10 situs baca buku online gratis Bahasa Indonesia.

FREE! Ini 10 Situs Baca Buku Online Gratis Bahasa Indonesia

Sumber: Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Membaca buku berkualitas, gratis, sekaligus legal sudah banyak yang menyediakannya. Meskipun memang ada beberapa yang harus bayar dan harus menjadi member, tapi banyak juga buku yang bisa kamu baca gratis! Di mana saja, ya? Simak, yuk!

1. Wattpad

Aplikasi Wattpad menjadi salah satu yang paling populer di kalangan bibliophile karena genre yang ada cukup lengkap. Selain bisa menjadi pembaca Wattpad juga menyediakan fitur sebagai penulis. Jadi ketika kamu punya ide fanfiction, atau ide cerita lain kamu bisa membagikannya di Wattpad.
Kebanyakan Wattpad berisi novel, sci-fi, fiksi, teen lit, detektif sampai genre horor.

2. iPusnas

Bagi kamu yang lebih suka buku berbahasa Indonesia, kamu sebaiknya pilih situs baca buku online iPusnas. Karena di aplikasi ini kamu bisa menemukan berbagai buku dan genre dengan Bahasa Indonesia. Uniknya, buku sastra kontemporer Indonesia juga bisa kamu temukan di sini dan bisa kamu baca secara legal.
Tapi, sistem peminjaman buku hampir sama dengan sistem perpustakaan. Kamu hanya bisa pinjam buku ketika ada yang sedang tersedia dengan batas waktu peminjaman satu minggu supaya gentian dengan pengguna lain.

Baca Juga:  Tanaman Yang Tumbuh Subur Dan Asal Daerah

3. Google Book

Situs baca buku online gratis Bahasa Indonesia selanjutnya adalah Google Book. Kamu tinggal install aplikasinya lewat handphone kamu. Buku lokal Indonesia, buku terjemahan, buku aslinya, novel, buku resep, sampai buku tentang gaya hidup bisa kamu temukan di sini.

4. ManyBooks.net

Lewat ManyBooks.net, kamu bisa mendownload ratusan buku gratis dengan berbagai format. Kamu juga bisa mencari buku berdasarkan penulis, judul, subjek, Bahasa, sampai most popular. Caranya adalah dengan memilih terlebih dulu buku yang mau didownload, lalu tiap buku yang ada punya dropdown menu yang isinya adalah format buku tersebut. Nah kamu tinggal pilih deh mulai dari zip file sampai PDF file.

5. Storial.co

Situs baca buku online selanjutnya ada Storial.co. Kanal ini bisa kamu pilih ketika ingin membaca buku-buku sastra kontemporer Indonesia. Storial.co mulai dikenal ketika beberapa penulis Indonesia, Seperti Dee Lestari dan Bernard batubara rilis novelnya lewat Storial.co
Pilihan genrenya pun beragam, jadi kamu bisa pilih genre bacaan buku sesuai dengan keinginanmu.

6. iJakarta

Mau baca buku, komik, atau majalah gratis? Kamu bisa download aplikasi iJakarta, sebuah perpustakaan digital milik pemerintah DKI Jakarta. Selain genre buku, di aplikasi ini memiliki desain yang menarik dan menyenangkan. Kamu bisa sharing quote buku di social media, dan berbagi buku kepada teman yang lain. Pastinya semua buku di sini legal dan gratis.

7. Novel Nusantara

Jika kamu salah satu pencinta novel buatan para penulis lokal, kamu wajib download aplikasi yang satu ini. Berbagai genre dari seluruh penulis Indonesia juga ada di sini. Uniknya, terdapat sebuah game RPG di dalam aplikasi ini. Jadi semakin banyak kamu mereview buku, semakin banyak poin EXP yang kamu kumpulkan untuk naik level.

Baca Juga:  Cara Cek Atm Mandiri Di Hp

BACA JUGA: 5 Perpustakaan Jakarta Terlengkap untuk Anak Kost Kunjungi

Situs Baca Buku Online Lainnya

Selain di situs baca buku online Gratis Bahasa Indonesia, kamu juga bisa akses berbagai buku gratis di situs berikut ini. Simak, ya!

8. Open Library

Mau baca buku art, science fiction, fantasy, sampai biography? Jawabannya ada di openlibrary.org. Di sini terdapat banyak buku yang bisa kamu baca, tapi bukan Bahasa Indonesia, ya. Semua buku yang ada di situs ini merupakan buku berbahasa Inggris.

9. NetGalley

Yang unik dari NetGalley adalah pertemuan antara penerbit, penulis, dan pembaca. Jadi sistemnya penerbit dan penulis akan membagikan advance reader’s copy atau buku yang masih dalam tahap produksi atau finishing tapi belum dijual di public kepada pembaca yang meminta membaca bukunya. Sebagai gantinya, mereka mengharapkan timbal balik berupa review yang jujur.

Beberapa penerbit yang terkenal di sini adalah Penguin Books, Avery Books, Zondervan, serta penulis terkenal seperti Meg Cabot, Jodi Picoult, Laura Griffin, Tara Westover dan Simon Sinek. Oleh karena itu, sudah pasti kalian bisa membaca buku mana yang akan menjadi best-seller selanjutnya sebelum buku itu diterbitkan!

10. Getfreebooks.com

Keuntungan kalau kamu pakai situs getfreebooks.com adalah menemukan kumpulan buku dari seluruh dunia. Bahkan kategorinya pun cukup beragam, yakni ilmu sains, cerpen, cerita horor, fantasi, fiksi, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: 8 Cara Merapikan Buku di Kamar Kost yang Praktis

Cara Baca Buku Kisah Lainnya Online

Source: https://roomme.id/artikel/lifestyle/baca-buku-online-gratis-bahasa-indonesia

About Merry Rianna