Bonsai Jeruk Purut: Cara Menanam Dan Merawatnya

Cara Menanam Bonsai Jeruk Purut Agar Bisa Tumbuh dan Berbuah
Cara Menanam Bonsai Jeruk Purut Agar Bisa Tumbuh dan Berbuah from www.ciriciripohon.com

Pengenalan Bonsai Jeruk Purut

Bonsai Jeruk Purut adalah salah satu jenis bonsai yang cukup populer di Indonesia. Jeruk purut sendiri merupakan jenis jeruk yang biasanya digunakan sebagai bahan tambahan dalam masakan, minuman, atau pun obat-obatan. Memiliki aroma yang khas, jeruk purut juga sering dijadikan sebagai tanaman hias. Salah satu bentuknya adalah dalam bentuk bonsai.

Cara Menanam Bonsai Jeruk Purut

Untuk menanam bonsai jeruk purut, pertama-tama Anda harus menyiapkan bibit atau tunas jeruk purut yang siap ditanam. Bibit atau tunas tersebut bisa Anda dapatkan dari toko tanaman atau pun dengan cara stek dari jeruk purut yang sudah ada. Setelah itu, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Siapkan Wadah Tanam

Wadah tanam yang digunakan untuk bonsai jeruk purut bisa berupa pot atau pun wadah khusus bonsai. Pastikan wadah tersebut memiliki lubang drainase agar air tidak menggenang di dalamnya.

2. Siapkan Media Tanam

Media tanam yang digunakan bisa berupa campuran antara tanah, pasir, dan pupuk kompos. Pastikan media tanam tersebut memiliki kualitas yang baik dan tidak terlalu padat.

3. Tanam Bibit atau Tunas

Setelah wadah dan media tanam siap, Anda bisa menanam bibit atau tunas jeruk purut ke dalam wadah tersebut. Pastikan akar bibit atau tunas tidak terlalu dalam atau terlalu dangkal.

4. Siram dan Letakkan di Tempat yang Tepat

Setelah ditanam, siram bonsai jeruk purut dengan air secukupnya dan letakkan di tempat yang teduh namun tetap mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Cara Merawat Bonsai Jeruk Purut

Untuk merawat bonsai jeruk purut, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut:

1. Siram Rutin

Bonsai jeruk purut membutuhkan air yang cukup untuk tumbuh dan berkembang. Siramlah bonsai tersebut secara rutin namun jangan terlalu sering karena bisa membuat akar busuk.

Baca Juga:  Sketsa Bonsai Beringin: Tips Dan Cara Membuatnya Di Tahun 2023

2. Beri Pupuk Secara Berkala

Pupuk membantu bonsai jeruk purut tumbuh lebih subur dan sehat. Beri pupuk secara berkala namun jangan terlalu sering agar tidak merusak akar.

3. Potong dan Bentuk Sesuai Keinginan

Potong dan bentuk bonsai jeruk purut sesuai keinginan Anda agar terlihat lebih indah dan menarik.

4. Jaga dari Hama dan Penyakit

Hama dan penyakit bisa membuat bonsai jeruk purut mati. Jaga kebersihan dan berikan perlindungan agar bonsai tersebut tidak terkena hama dan penyakit.

Kesimpulan

Bonsai Jeruk Purut adalah salah satu jenis bonsai yang cukup populer di Indonesia. Untuk menanam dan merawatnya, Anda harus memperhatikan beberapa hal seperti wadah tanam, media tanam, siraman, pupuk, pemotongan, dan perlindungan dari hama dan penyakit. Dengan perawatan yang baik, bonsai jeruk purut bisa tumbuh subur dan menjadi tanaman hias yang indah.

You May Also Like