Cara Menambah Bidang Usaha di OSS dengan Mudah dan Cepat

OSS merupakan suatu bentuk perizinan berusaha berbasis online yang diharapkan dapat memudahkan pelaku usaha untuk melegalkan usaha yang tengah dilakukan. Situs ini merupakan suatu situs resmi yang akan mempermudah pelaku usaha untuk mendapatkan izin usaha secara resmi. Situs ini memiliki cara menambah bidang usaha di OSS dengan mudah.

Bidang Usaha di OSS

Cara Menambah Bidang Usaha di OSS

Nantinya saat akan menambah bidang usaha pun, pelaku usaha hanya tinggal menambahkan bidang usaha tanpa perlu melakukan pendaftaran ulang. Hal ini karena setiap pelaku usaha yang pernah mendaftarkan usahanya akan mendapatkan nomor NIB sebagai identitas. Nah, lalu bagaimana sih cara menambah bidang usaha di situs OSS? Simak ulasannya berikut ini:

1. Silakan Login ke Situs Oss

Langkah pertama yang harus dilakukan tentu saja adalah login ke situs OSS. Silahkan masukkan username dan juga password dengan benar. Apabila ID login sudah benar maka, silahkan ketikkan kode captcha yang telah disediakan pada bagian bawah ID login. Pastikan bahwa captcha yang dimasukkan sudah benar mulai dari huruf kapital hingga mungkin angka yang dituliskan.

2. Pilih Opsi Permohonan

Apabila user sudah berhasil masuk maka, langkah selanjutnya adalah memilih menu permohonan. Menu ini akan muncul pada jendela menu situs OSS apabila pengguna telah berhasil login ke akun pengguna. Silakan pilih opsi permohonan yang ada pada bagian toolbar menu bagian atas jendela menu situs OSS.

3. Pilih Opsi Perseorangan atau Non Perseorangan

Cara menambah bidang usaha di OSS selanjutnya adalah memilih usaha yang akan dilakukan. Usaha ini akan ada dalam dua jenis yaitu non perorangan dan perseorangan. Silakan pilih salah satu dari menu tersebut untuk kemudian baru menuju proses penambahan bidang usaha yang akan ditambahkan ke OSS.

Baca Juga:  Ketahui Dulu Penjelasan Modal Jualan Bakso Ini sebelum Memulai Usaha!

4. Pilih Opsi Perizinan Berusaha

Tahap selanjutnya yang harus dipilih adalah opsi perizinan berusaha selanjutnya, pilih izin usaha. Nantinya akan muncul kotak dialog yang menampilkan identitas usaha dari user id. Identitas inilah yang merupakan bentuk daftar perizinan yang pernah didaftarkan pada situs OSS.

5. Masukkan NIB

Nah, pada tahap ini nantinya pemilik diharuskan untuk mengecek NIB dan memasukkan NIB supaya bisa melihat daftar usaha yang telah terdaftar di OSS. Apabila NIB tidak muncul pada tabel daftar KBLI maka, user bisa melihatnya pada kotak dialog yang berada tepat di atas tabel. Silakan klik disini untuk menampilkan NIB pada tabel.

6. Tambahkan Kegiatan Usaha

Silahkan klik menu tambahkan kegiatan usaha yang ada pada bagian kiri atas tabel KBLI. Nantinya user bisa menambahkan kegiatan usaha untuk kemudian dimasukkan dalam daftar tabel usaha. Isikan formulir dengan lengkap dan benar. Pastikan bahwa pengisian identitas usaha yang diperlukan telah sesuai dengan kenyataannya tanpa ada yang dikurangi atau ditambahkan.

Isikan data-data pada formulir dengan benar mulai dari modal hingga investasi yang dilakukan. Pastikan juga bahwa lokasi usaha yang dijalankan telah sesuai dengan lokasi usaha didirikan. Pengisian formulir ini memang akan membutuhkan waktu yang lumayan lama karena akan banyak yang perlu diisikan.

7. Cek Data Usaha

Langkah yang tidak boleh terlewat apabila proses pengisian data telah selesai adalah melakukan pengecekan data. Silahkan cek mulai dari awal pengisian hingga akhir data yang telah diisikan apakah ada yang terlewat atau tidak. Apabila tidak maka user bisa langsung klik pada menu proses izin usaha yang ada pada pojok kanan bawah jendela menu.

Baca Juga:  7 Aneka Olahan Ayam untuk Jualan Ini Dapat Dijadikan sebagai Pilihan Terbaik

Nah, itulah tadi cara menambah bidang usaha di OSS yang harus dilakukan dengan teliti. Proses ini memang akan terbilang mudah karena pemilik usaha bisa melakukannya dengan cepat di rumah. Pelaku usaha juga tentunya akan mendapatkan surat resmi perizinan usaha dengan cepat dari OSS dibawah kendali pemerintah.

About Merry Rianna