Berikut Merupakan Bagian Dari Bargainser Kecuali

Berikut Merupakan Bagian Dari Bargainser Kecuali

Dhafi Quiz

Find Answers To Your Multiple Choice Questions (MCQ) Easily at cp.dhafi.link. with Accurate Answer. >>

Ini adalah Daftar Pilihan Jawaban yang Tersedia :

  1. Circuit breaker
  2. Meter listrik
  3. Spin control
  4. Microwave

Klik Untuk Melihat Jawaban

Kuis Dhafi Merupakan situs pendidikan pembelajaran online untuk memberikan bantuan dan wawasan kepada siswa yang sedang dalam tahap pembelajaran. mereka akan dapat dengan mudah menemukan jawaban atas pertanyaan di sekolah. Kami berusaha untuk menerbitkan kuis Ensiklopedia yang bermanfaat bagi siswa. Semua fasilitas di sini 100% Gratis untuk kamu. Semoga Situs Kami Bisa Bermanfaat Bagi kamu. Terima kasih telah berkunjung.

Loading Preview

Sorry, preview is currently unavailable. You can download the paper by clicking the button above.

Bagi Anda yang berlangganan listrik PLN, pasti terpasang alat bernama bargainser ini pada instalasi listrik di dalamnya. Singkatnya, bagian ini merupakan pembatas antara PLN dan pelanggan listrik. Pada dasarnya, bagian ini masih masuk ke dalam tanggung jawab dari pihak PLN.

Jadi, Anda tidak bisa membongkar sembarangan bagian ini. Melainkan hanya petugas resmi PLN yang memiliki hak untuk membongkar bargainser. Oleh karena itu, pelanggan bisa langsung menghubungi pihak PLN ketika terjadi kendala atau masalah pada bagian ini.

Apa Itu Bargainser?

Bargainser adalah komponen pada rangkaian listrik yang berfungsi sebagai pembatas daya listrik yang masuk pada tempat tinggal. Alat ini juga digunakan untuk mengukur jumlah daya listrik (satuan kWh) yang digunakan di sebuah rumah.

Apa bila ada rumah yang sudah memakai listrik namun tidak memasang bargainser, bisa disimpulkan bahwa tempat tersebut tidak menggunakan layanan PLN. Artinya, bisa jadi rumah tersebut menggunakan genset yang merupakan salah satu pembangkit listrik sendiri.

Tidak hanya itu, biasanya rumah yang tidak ada bargainser di dalamnya juga mendapat suplai listrik dari tetangga atau merupakan pengguna ilegal.

Fungsi Bargainser

Adapun fungsi dari bargainser itu sendiri adalah sebagai berikut.

  • Sebagai pembatas daya yang digunakan oleh pelanggan PLN sesuai kontrak pemasangan instalasi listrik.
  • Untuk mencatat daya listrik yang digunakan oleh pelanggan. Tak heran jika ada pula yang menyebut bagian ini sebagai kWh meter atau meteran listrik.
  • Sebagai saklar utama yang memutuskan arus listrik apabila terjadi kelebihan kapasitas penggunaan daya listrik oleh konsumen. Tidak hanya itu, pemutusan arus listrik ini juga terjadi jika terjadi short circuit atau sengaja dimatikan untuk keperluan tertentu.
Baca Juga:  Wirausaha Yang Bertarung Dengan Waktu Merupakan Salah Satu Karakter Dari

Bagian-Bagian Bargainser


1. Circuit Breaker (MCB)

Bagian ini pada dasarnya memiliki tugas untuk memutuskan arus listrik jika pemakaiannya melebihi kapasitas. Termasuk ketika terjadi gangguan akibat hubungan singka arus listrik. MCB juga akan memutuskan arus listrik jika konsumen dengan sengaja mematikannya untuk hal tertentu.

2. Meter Listrik (kWh Meter)

Meter listrik menunjukkan besarnya daya listrik yang sudah digunakan konsumen PLN. Nah, satuan yang ditampilkan adalah dalam kWh atau kilowatt hour. Anda bisa melihat dari angka-angka yang tercatat sebagai indikatornya.

3. Spin Control

Ketika terjadi pemakaian daya listrik, maka bagian spin control ini akan bekerja dengan cara berputar. Perputaran yang dilakukan akan semakin cepat jika besar daya yang digunakan juga meningkat.

Setiap besar daya pemakaian akan dicatat oleh meter listrik atau kWh meter. Sedangkan jika terjadi kelebihan pemakaian daya listrik akan dibatasi oleh MCB atau miniatur pemutus sirkuit.

Jenis-Jenis Bargainser

Pada dasarnya, jenis bargainser yang diterapkan PLN terbagi menjadi dua, yaitu digital dan analog. Tipe analog masih banyak ditemukan di instalasi listrik rumah tinggal. Sedangkan untuk model digital lebih banyak ditemukan pada pelanggan prabayar PLN (sistem pulsa listrik).

Melalui sistem ini, konsumen hanya perlu membayar pulsa untuk mendapatkan kode token dari PLN. Nantinya, kode tersebut harus dimasukkan pada bargainser untuk bisa menikmati daya listrik.

Cara Mengetahui Jumlah kWh Pada Bargainser


Setiap meteran listrik yang terpasang di perumahan pasti memiliki kode yang unik, contohnya kode CL. Anda bisa melihat sendiri dan mengecek kode CL ini pada meteran listrik. Kode tersebut berisi informasi mengenai daya listrik yang digunakan penghuni rumah.

Untuk lebih jelasnya, berikut makna dari kode CL yang ada pada meteran listrik di rumah Anda.

  • CL 2 = 450 kVA
  • CL 4 = 900 kVA
  • CL 6 = 1300 kVA
  • CL 10 = 2200 kVA
  • CL 16 = 3500 kVA
Baca Juga:  Latihan Kecepatan Yang Masih Bersifat Umum Diberikan Dalam Bentuk Latihan

Kilo Volt Ampere atau kVA menunjukkan satuan saya listrik plus aktif power. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menghitung daya listrik secara manual, yaitu dengan memperhatikan kode CL.

Cara menghitungnya cukup mudah, yaitu tinggal mengalikan angka kode CL dengan 200 kVA yang merupakan besar daya dasar.

Contoh Perhitungan

Pada meteran listrik di rumah, Anda bisa menemukan kode, huruf, maupun angka tertentu. Nah, kode-kode tersebut pada dasarnya memiliki makna tersendiri. Untuk lebih jelasnya, simak contoh kode berikut ini dan langkah mengetahui daya listrik yang digunakan.

Sebuah meteran listrik di suatu rumah memiliki kode sebagai berikut:

  • Kode CL 6 = 6 Ampere
  • Angka 230/400V 50 Hz = 220 V

Pertanyaannya, berapakah daya listrik (Watt) yang digunakan di dalam rumah tersebut? Nah, hal ini bisa diketahui dengan mengalikan arus listrik dengan tegangan.

Daya listrik = arus listrik x tegangan

Daya listrik = 6 A x 220 V = 1320 VA

Melalui perhitungan di atas, bisa disimpulkan bahwa daya listrik yang digunakan dalam rumah tersebut berjumlah 1300 (dibulatkan ke bawah). Hasil perkalian dibulatkan agar lebih mudah dalam penyebutannya.

Tentunya, besar daya listrik di setiap rumah tidak selalu sama sehingga perlu diperhitungkan sendiri. Misalnya jika di rumah Anda tercantum kode CL 10 pada meteran, maka besar arus listriknya adalah sebesar 10 Ampere.

Sedangkan jika di rumah orang lain terlihat kode CL 4, maka arusnya sebesar 4 Ampere. Untuk mengetahui berapa daya listriknya, Anda tinggal mengalikannya dengan besar daya dasar, yaitu 220/230 V.

Semoga ulasan di atas dapat membantu Anda untuk memahami komponen listrik yang satu ini. Bagi yang ingin mengetahui besar daya listrik yang digunakan di rumah, silahkan ikuti cara perhitungannya seperti yang sudah diulas di atas.


Quiz (+50)Sebuah benda bergetar 640 dalam 8 detik. Tentukan periodenya!Note : Has been inactive for…(Maybe I’ll come back soon!)​


sebuah pegas yang diberi beban bergetar setelah ditarik kebawah dari titik setimbang O ke titik tertinggi A memerlukan waktu 0,5 sekon . tentukan peri …

ode dan prekuensi getaran pegas tersebut ​


tugas fisika spesial takbiransebuah batu diikatkan pada seutas gantungan aluminium melakukan gerak harmonik sederhana. Saat benda menmpuh sudut 60° fa …

se benda tersebut bernilai ….*nt : selamat Idul Fitri, mon maad lahir batin jika sy dn temen sy dlu suka spam komen brainly pd mula nya !​

Baca Juga:  Dari Kalimat Matematika Berikut Yang Merupakan Kalimat Terbuka Adalah


Perhatikan gambar berikut! Jarak bayangan adalah….. a. 12 cm di depan cermin b. 10 cm di depan cermin c. 12 cm di belakang cermin d. 10 cm di belaka …

ng cermin​


Q. .-.[tex] \\ [/tex]Sebuah benda berbentuk silinder pejal dengan jari-jari 50 cm dan masssanya 15 kg. Jika momen gaya yang bekerja pada roda 300 Nm, …

maka percepatan sudut roda silinder pejal tersebut adalah … rad/s².[tex] \\ [/tex][tex] \tt \: a. \: 40[/tex][tex] \tt \: b. \: 80[/tex][tex] \tt \: c. \: 120[/tex][tex] \tt \: d. \: 160[/tex][tex] \tt \: e. \: 200[/tex][tex] \\ [/tex]RULES ✏ :[tex] \\ [/tex]➪ Sertakan Cara-!➪ No Ngasal-!➪ No copas-!➪ Rapi.[tex] \\ [/tex]Thx .-.​


Fisika gaes di ahkir puasa 😀


Q. xixi :-:[tex] \\ [/tex]Perhatikan gambar di atas-!Silinder pejal di atas bergerak menggelinding tanpa selip. Jika kecepatan pusat silinder adalah v …

, maka kecepatan pada titik A adalah ..[tex] \\ [/tex][tex] \tt \: a. \: 0[/tex][tex] \tt \: b. \: v[/tex][tex] \tt \: c. \: 2v[/tex][tex] \tt \: d. \: 0.5 \: v[/tex][tex] \tt \: e. \: 0.25v[/tex][tex] \\ [/tex]RULES ✏ :[tex] \\ [/tex]➪ Sertakan Cara-!➪ No Ngasal-!➪ No Copas-!➪ Rapi.[tex] \\ [/tex]Thx .-.​


Sebuah mobil berjalan dengan kecepatan 25 m/s di belakang sebuah motor. Mobil tersebut membunyikan klakson dengan frekuensi 440 Hz. Ketika mobil terse …

but membunyikan klakson, pengendara motor melihat speedometernya menunjukkan angka 72 km/jam. Berapa frekuensi klakson yang didengar oleh pengendara motor?​


Sebuah benda diletakkan di antara dua buah cermin datar yang saling berhadapan dengan sudut 60°. Tentukan jumlah bayangan yang terbentuk pada benda ya …

ng berada di dua buah cermin!Tolong di jawab dengan cara​


perubahan momentum yang terjadi pada sebuah bola bermassa m dengan kecepatan yang menambah kecepatan nya sebesar 2 F adalah​

Berikut Merupakan Bagian Dari Bargainser Kecuali

Source: https://hasilcopa.com/berikut-ini-yang-bukan-merupakan-bagian-bagian-bargainser-adalah

About Merry Rianna