Berikut Ini Manfaat Mencintai Produk Indonesia Kecuali

Energi Alternatif

Berikut Pembahasan mengenai energi alternatif, pengertian energi alternatif, macam-macam energi alternatif dan manfaatnya. seperti yang kita ketahui energi alternatif sangatlah kita butuhkan demi keberlangsungan hidup di dunia ini.

Pengertian Energi Alternatif

Secara umum energi dapat di artikan sebagai kekuatan yang dimiliki oleh benda sehingga mampu untuk melakukan aktivitas, misalnya dalam kehidupan ini, manusia membutuhkan makanan dan minuman sebagai energi untuk kelangsungan hidup sehari-hari.

Seperti yang kita ketahui Energi dibagi menjadi dua, energi terbarukan dan energi tak terbarukan. Energi terbarukan juga biasa disebut dengan energi alternatif sedangkan energi yang tidak dapat terbaharukan adalah energi minyak bumi dan fosil.

Apa pengertian dari energi alternatif? Para ahli mengartikan Energi alternatif adalah istilah yang dari semua energi yang dapat digunakan yang bertujuan menggantikan energi konvensional seperti minyak bumi.

Dulunya energi alternatif ini merupakan istilah yang digunakan untuk mengurangi penggunaan minyak bumi yang mengakibatkan kemusnahan minyak bumi, serta kerusakan lingkungan akibat polusi yang tinggi, yang berdampak besar terhadap pemanasan global.

Apa yang dimaksud dengan sumber energi alternatif dan contohnya? disini yang dimaksud Istilah alternatif merujuk kepada suatu teknologi selain teknologi yang digunakan pada bahan bakar minyak fosil untuk menghasilkan energi pengganti dari bahan bakar minyak.

Karena Energi ini juga merupakan elemen terpenting yang selalu menyertai keberlangsungan hidup manusia di bumi, di Indonesia macam macam energi alternatif saat ini terus dikembangkan hal ini Karenakan sumber daya energi di Republic of indonesia yang utama berasal dari fosil seperti batu bara, minyak bumi, gas namun saat ini memilki jumlah yang terbatas.

Oleh karena itu Democracy of republic of indonesia harus berusaha untuk menciptakan macam macam energi alternatif untuk kelangsungan hidup masyarakatnya.

Keuntungan energi Alternatif

Manfaat energi alternatif atau keuntungan dari energi alternatif ialah sebagai upaya untuk meminimalisir energi bahan bakar minyak di bumi, secara tidak langsung kita dapat menghemat energi minyak bumi sehingga energi minyak bumi ini dapat digunakan lagi dikemudian hari sehingga anak cucu kitapun dapat menikmatinya.

Macam-macam Energi Alternatif

Apa saja energi alternatif dan manfaatnya? Berikut telah kami rangkum berbagai macam energi alternatif yang ada di Republic of indonesia.

Baca Juga:  Berikut Yang Bukan Unsur Seni Rupa Adalah

Energi Biomassa

Energi biomassa merupakan energi yang dihasilkan dari bahan organik tumbuhan dan hewan. tumbuhan membentuk bahan organik dengan bantuan energi matahari melalui fotosintesis.

Hewan menghasilkan bahan organik dari tumbuhan yang dimakan sehingga mengubahnya menjadi kotoran, hasil kotoran dari hewan banyak mengandung energi biomassa.

energi biomassa ini dapat berupa bahan bakar padat, cair, dan gas. bahan bakar padat dapt berupa kayu bakar, arang, jerami, kulit padi, dan kotoran hewan kering. bahan bakar padat dapat digunakan langsung untuk menghasilkan energi panas dengan di bakar. sedangkan bahan bakar cair dan gas diperoleh melalui proses pengolahan terlebih dahulu.

Pembangkit biomassa ini menggunakan bahan bakar dari energi baru terbarukan berupa cangkang sawit, sekam padi, tongkol jagung, ampas tebu, serbuk kayu dan limbah pertanian lain. bahan bakar biomassa cair adalah minyak, minyak ini dihasilkan tanaman berbiji yang mengandung minyak seperti biji bunga matahari, biji jarak, kelapa sawit, kacang tanah, kemiri dan kedelai. minyak yang dihasilkan dari tanaman berbiji ini desebut dengan biodiesel.

Minyak juga dapat dihasilkan dari tumbuhan yang mengandung pati seperti jagung, singkong, ubi, sagu, dan tebu bahan bahan ini diolah melalui proses fermentasi sehingga menghasilkan minyak yang disesbut bioethanol. minyak bioethanol ini dapat menggantikan fingsi dari minyak bumi.

Pengembangan energi tersebut diharapkan bisa menekan penggunaan bahan bakar fosil untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan listrik yang masih dominan. Keunggulan biomassa sendiri adalah merupakan sumber energi yang dapat diperbaharui dan dapat menyediakan energi yang terus berkesinambungan.

Energi matahari

Energi matahari menghasilkan energi panas dan cahaya yang berguna bagi mahluk hidup, energi panas matehari dapat digunakan manusia untuk mengeringkan pakaian, padi, jagung, dan ikan, serta membuat garam.

Energi matahari merupakan energi yang tak terbatas, Energi matahari ini juga bisa digunakan untuk menghidupkan kalkulator, jam, memanaskan air, dan sebagai sumber tenaga listrik yang disebut PLTS Pembangkit listrik tenaga surya atau matahari, hal yang dimanfaatkan dari pembangkit listrik ini adalah panas matahari dengan bantuan alat yang bernama sel surya (solar prison cell).

Sel surya yang berfungsi menangkap energi cahaya matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik, hanya saja perlu biaya yang mahal untuk bisa membangun reaktornya dan Faktor cuaca juga menjadi salah satu hambatannya.

Baca Juga:  Jelaskan Manfaat Tumbuhan Sebagai Penghasil Oksigen Dan Penyaring Udara

Energi listrik dapat disimpan dalam batrai dan digunakan untuk menghidupkan paralatan listrik seperti lampu, setrika televisi dan radio.

Sel surya yang terdapat pada alat pemanas air tenaga surya biasanya diletakkan di atas atap rumah. energi listrik yang dihasilkan sel surya digunakan untuk memanaskan air pada tangki air dengan kemajuan teknologi energi matahari dapat digunakan untuk menggantikan bahan bakar bensin sehingga energi matahari ini dapat digunakan untuk menggerakan kendaraan mobil. Mobil tenaga surya memiliki kelebihan karena bebas polusi udara dan polusi suara.

Mengapa matahari disebut dengan energi alternatif karena energi ini berbeda dengan sumber alam seperti batu bara dan minyak yang diperkirakan dapat habis, tenaga matahari terbilang tidak bisa habis.

Sudah lama matahari digunakan sebagai sumber utama penghasil energi di bumi umumnya dikenal dengan tenaga surya, tenaga ini digunakan manusia untuk menghasilkan listrik disamping tenaga-tenaga lainnya seperti air, angin, uap, juga nuklir.

Energi Angin

Dengan kemajuan teknologi, energi angin dapat digunakan sebagai pembangkit energi listrik melalui pengunaan pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB). Prinsip kerja PLTB adalah mengubah energi angin menjadi energi listrik dengan buntuan kincir angin dari putaran kincir angin akan menggerakan alat generator yang disebut aerogenerator sehingga mampu menghasilkan listrik.

Angin juga disebut sebagai salah satu energi alternatif yang ramah lingkungan, dan sedang dikembangkan di beberapa negara dan di Republic of indonesia sendiri memiliki potensi Energi Baru Terbarukan (EBT) ini sangat besar, di antaranya energi angin dan panas bumi. Namun, saat ini pemanfaatannya belum optimal. Beberapa proyek pembangkit tenaga angin dibangun di Indonesia, berada di Sulawesi Selatan.

Energi Panas bumi

Energi alternatif panas bumi atau yang disebut geotermal merupakan energi yang berasal dari lapisan batu panas atau magma yang berada diperut bumi.

Energi panas bumi muncul dalam bentuk semburan gas alam, air panasdan batuan kering panas, energi ini dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik di Republic of indonesia termasuk menjadi negara terbesar kedua penghasil listrik energi panas bumi yang disebut dengan PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi).

Baca Juga:  Sebutkan Macam Macam Servis Dalam Bola Voli

Prinsip kerja PLTP sangat sederhana air dimasukan melaluialat injektor ke perut bumi yang terdapat sumber panas alami. Air akan mengalami pemanasan dan menjadi uap air bertekanan tinggi. Uap panas dari dari perut bumi dialirkan ke separator untuk dipisahkan menjadair dan uap kering

Faktanya, selain panas matahari rupanya panas bumi mampu menjadi energi alternatif lain. Panas bumi (Geothermal) berasal dari energi dari dalam bumi yang berasal dari aktivitas vulkanik gunung berapi, seperti uap alam, air panas dan bebatuan kering.

Sayangnya pembangkit geothermal ini masih tergolong tradisional nih detikers. Kabarnya, penelitian di Islandia telah menemukan kekuatan baru dari energi ini sehingga hasil geothermal mampu melipatgandakan jumlah listrik hingga sepuluh kali lipat.

Energi ethanol

Macam macam energi alternatif yang kelima adalah energi ethanol. Energi ethanol merupakan bahan bakar yang berbasis alkohol dari fermentasi tanaman, seperti jagung dan gandum. Bahan bakar ini dapat dicampur dengan bensin untuk meningkatkan kadar oktan dan kualitas emisi.

Produsen ethanol, PT Madusari Murni Indah (MMI) menyiapkan diri untuk mengubah limbahnya menjadi tenaga energi listrik. Bahan baku utama adalah molases atau tetes tebu yang merupakan produk limbah dari proses tebu di pabrik gula.

Energi gelombang Laut

Energi gelombang mengandung energi yang dapat digunakan sebagai energi alternatif, pemanfaatan gelombang laut  diubah menjadi energi listrik prinsip yang digunakan adalah dengan mengumpulkan energi gelombang untuk memutar turbin yang terhubung dengan pembangkit listrik. Tapi dalam memanfaatkan gelombang ini membutuhkan anggaran yang cukup besar untuk membangun reaktornyadan selain itu juga kecepatan ombak yang tidak stabil juga menjadi salah satu kendala.

Energi Pasang surut air laut

Pada Saat tertentu air laut akan meninggi dan pada saat yang lain air laut akan mengalami surut. kenaikan dan penurunan permukaan air laut tersebut dinamakan pasang surut air laut yang disebabkan oleh gaya grafitasi bulan terhadap bumi.

Energi pasang surutnya air laut dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik perbedaan permukaan air laut pada saat pasang dan surut digunakan untuk memutar turbin. Beda ketinggian permukaan air laut saat pasang dan surut  sekitar v-ten meter selanjutnya putaran turbin tersebut menggerakan generator penghasil energi listrik

Berikut Ini Manfaat Mencintai Produk Indonesia Kecuali

Source: https://asriportal.com/berikut-ini-keuntungan-energi-alternatif-kecuali/

Artikel Terkait