Bentuk Kemasan Plastik Yang Memiliki Kekuatan Konstruksi Lebih Baik Ialah

Bentuk Kemasan Plastik Yang Memiliki Kekuatan Konstruksi Lebih Baik Ialah

Mengenal Kemasan Plastik Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Kemasan plastik atau plastic packaging sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Plastik sendiri merupakan bahan yang memiliki berbagai macam bentuk dan dinilai sebagai material yang praktis dan murah. Dengan tersebut, tidak heran jika banyak pengusaha memilih plastik sebagai pembungkus dari produk yang mereka dijual.

Plastic Packaging memiliki peranan yang cukup penting dalam meningkatkan harga jual dari sebuah produk. Dengan menggunakan kemasan plastik maka produk baik makanan ataupun minuman, bisa sampai ke tangan konsumen dengan lebih aman dan mudah untuk dibawa.

Kini, plastik menjadi pilihan untuk membungkus makanan dan minuman yang sering kita jumpai. Kenali lebih jauh tentang kemasan plastik dalam ulasan berikut ini, termasuk kelebihan dan kekurangannya :

Apa Itu Pengertian Kemasan Plastik atau Plastic Packaging

Apa itu kemasan dari plastik? Kemasan jenis ini adalah salah satu yang biasanya digunakan untuk membungkus produk sebelum akhirnya dipasarkan kepada konsumen. Kemasan tersebut cukup populer karena mudah untuk dicari, murah, memiliki berbagai macam bentuk, ukuran dan juga kualitasnya beragam.

Kelebihan Kemasan dari plastic

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh kemasan dari bahan plastik. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Dibandingkan dengan kemasan yang terbuat dari kertas, penggunaan dari kemasan ini jauh lebih kuat.
  2. Penggunaan kemasan ini juga tidak mudah bocor, sehingga cocok digunakan oleh jenis produk minuman hingga jenis makanan berkuah.
  3. Memiliki berbagai macam bentuk sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan kelebihan di atas, tidak heran jika banyak produsen tertarik dengan penggunaan kemasan dari bahan plastik.

Kekurangan Plastik untuk Kemasan Makanan dan Minuman

Meski memiliki beberapa kelebihan di atas, namun kemasan yang satu ini juga tidak lepas dari yang beberapa kekurangan yang dimiliki, seperti halnya :

  • Yang pertama adalah sari sisi kesehatan. Jika plastik dibakar, maka akan mencemari lingkungan karena mengandung zat berupa dioksin dan karsinogenik. Zat-zat tersebut bisa menimbulkan masalah kesehatan, seperti kanker.
  • Produk juga sulit diurai oleh mikroorganisme tanah. Semakin banyak penggunaan plastik, maka potensi terjadinya kerusakan lingkungan juga akan semakin besar. Fauna tanah juga sulit mendapatkan oksigen karena plastik di dalam tanah yang tidak terurai bisa menghalangi lubang udara.
Baca Juga:  Berikut Ini Yang Merupakan Ciri Planet Saturnus Adalah

Manfaat Kemasan dari Plastik

Meski memiliki beberapa kekurangan, namun kemasan ini juga memiliki banyak manfaat yang membuat kemasan jenis ini selalu menjadi favorit banyak orang. Beberapa manfaat tersebut adalah :

  • Plastik berguna untuk melindungi dan membungkus berbagai produk termasuk makanan dan minuman. Penggunaan plastik membuat makanan dan minuman yang dikemas, tidak mudah tercecer dan lebih mudah untuk dibawa oleh konsumen maupun dalam pemasarannya.
  • Penggunaan kemasan berbahan plastik bisa membuat produk di dalam kemasan menjadi lebih awet. Produk tanpa kemasan bisa saja mengalami kerusakan hingga tidak layak konsumsi akibat pengaruh dari cuaca atau sinar UV.
  • Anda bisa menambahkan sendiri label pada kemasan untuk dijadikan sebagai identitas produk. Dengan demikian, kemasan bisa dijadikan sarana pemberian informasi baik berupa merk, logo, dan informasi terkait produk lainnya yang ingin disampaikan oleh produsen.
  • Penggunaan plastic packaging juga memudahkan Anda dalam melakukan perhitungan. Ada beberapa produk yang dijual dalam hitungan lusin atau dihitung dalam satuan gross. Dengan adanya kemasan plastik, penghitungan atas produk juga menjadi lebih mudah untuk dilakukan.
  • Manfaat kemasan plastik lainnya adalah meningkatkan daya tarik produk yang dijual dengan berbagai bentuk dan variasi plastik yang bisa Anda pesan.
  • Plastik harganya murah dan bisa dipesan dengan bentuk, ukuran dan kualitas yang Anda inginkan.

Selain manfaat di atas, penggunaan packaging dari plastik juga dianggap menguntungkan. Alasannya adalah karena bisa disimpan dalam waktu yang lama dan tidak mudah rusak.

Jenis Kemasan Makanan Plastik dan Kemasan Minuman Plastik

Saat membeli makanan maupun minuman, maka Anda seringkali menjumpai bahan plastik sebagai pembungkusnya. Sebenarnya, plastik untuk pembungkus tersebut memiliki beragam jenis.

Baca Juga:  Informasi Yang Dibutuhkan Calon Investor Adalah

Plastik yang digunakan untuk mengemas produk makanan dan minuman, terdiri dari beberapa jenis dengan kelebihannya masing-masing. Berikut ini adalah beberapa jenis kemasan yang menggunakan bahan plastik :

1. Kemasan Makanan Plastik

Kemasan jenis ini cocok untuk digunakan mengemas berbagai jenis produk makanan mulai dari makanan ringan, buah, sayuran, atau bahkan jenis makanan beku.

Kemasan makanan dari plastik juga memiliki bentuk dan juga jenis yang beragam. Ada kotak makan plastik atau bahkan mangkok plastik, dan lain sebagainya. Berikut ini merupakan jenis kemasan yang cocok digunakan untuk pengemasan makanan :

  • Plastik kemasan polystyrene atau PS biasa disebut juga dengan sebutan styrofoam. Jenis plastik yang satu ini memiliki sifat yang sedikit kaku. Kelebihan yang ditawarkan dari plastik satu ini adalah cukup memiliki bentuk yang praktis. Kekurangannya adalah sulit diurai oleh tanah dan limbahnya berdampak buruk pada lingkungan.
  • Plastik kemasan PVC biasanya digunakan untuk jenis makanan seperti halnya gorengan hingga untuk bungkus nasi uduk. Kemasan ini harganya murah dan membuat makanan lebih mudah untuk dibawa.
  • Ada juga kemasan side gusset puches. Plastik yang satu ini memiliki kelebihan dengan bentuknya yang ramping, sehingga mudah disimpan. Namun, kemasan ini tidak bisa ditutup rapat kembali, sehingga sebaiknya digunakan untuk makanan yang sekali habis.
  • Plastik kemasan flat bottom pouches yang dilengkapi zipper. Plastik yang satu ini biasanya digunakan untuk jenis makanan berupa cookies dengan beragam warna menarik yang bisa dipilih. Kekurangannya adalah harganya yang cukup mahal dibandingkan dengan jenis kemasan yang lain.

Selain jenis kemasan di atas, masih ada jenis kemasan plastik lainnya yang bisa digunakan. Dalam hal ini tidak ada salahnya untuk mencari kemasan sesuai dengan jenis makanan yang dijual. Selain itu pastikan jika kemasan tersebut mampu membuat nilai produk bertambah, sehingga meningkatkan daya tarik terhadap konsumen.

Baca Juga:  Secara Umum Metode Yang Digunakan Sosiologi Adalah

2. Kemasan Minuman Plastik

Usaha minuman merupakan jenis usaha yang banyak dipilih, terutama karena bisa dilakukan dengan modal yang kecil. Alat pembuatan hingga kemasan dari usaha ini juga cukup sederhana dimana salah satunya adalah kemasan plastik.

Sebagai tempat meletakkan minuman, pengusaha biasanya menggunakan cup plastik dan tutup plastik untuk mengemas minuman mereka. Dengan gelas dan penutup plastik, maka minuman juga tidak mudah tumpah dan memudahkan konsumen untuk meminumnya.

Adapun gelas plastik yang biasa digunakan dalam dunia kuliner, ada beragam jenis, seperti yang berikut ini :

  • Gelas plastik yang berbahan PET atau PETE. Jenis bahan yang satu ini memiliki kelebihan yaitu lebih bening dan juga tebal. Ukuran gelas juga lebih lengkap dan beragam. Adapun kekurangannya adalah tidak bisa di lid sealer atau dengan menggunakan mesin press.
  • Kemasan minuman plastik berupa gelas yang terbuat dari bahan PP atau Plupropylene. Kelebihan yang ditawarkan adalah bisa digunakan dengan mesin press dan harganya yang lebih murah. Sedangkan kekurangannya adalah memiliki tingkat kejernihan yang kurang jika dibandingkan dari bahan PET.

Kemasan makanan dari plastik dan minuman plastik terbuat dari bahan yang beragam seperti yang sudah diulas di atas. Selain memberikan keuntungan bagi pengusaha, penggunaan kemasan dari plastik juga memudahkan konsumen karena praktis dibandingkan dengan bahan kemasan yang lain.

Jika anda membutuhkan kemasan plastik atau plastic packaging, maka bisa menghubungi kami melalui kontak yang tersedia. Sebagai produsen kemasan dan packaging produk maka kami menyediakan berbagai pilihan produk yang lengkap bagi anda.

Bentuk Kemasan Plastik Yang Memiliki Kekuatan Konstruksi Lebih Baik Ialah

Source: https://havalina.co.id/artikel/post/mengenal-kemasan-plastik-serta-kelebihan-dan-kekurangannya_1.html?page_type%3Dpost

About Merry Rianna