Mencari Cara Mendapatkan Bantuan Modal Usaha dari Baznas

Bantuan Modal Usaha – Bantuan untuk masyarakat yang ingin memiliki modal untuk mendirikan usaha tidak hanya datang dari pemerintah. Banyak lembaga-lembaga lain yang ikut andil dalam pemberian bantuan modal pada masyarakat.

bantuan modal usaha

Cara Mendapatkan Bantuan Modal Usaha dari Baznas

Salah satunya adalah Badan Amil Zakat nasional atau disingkat sebagai Baznas. Lalu bagaimana cara mendapatkan bantuan modal usaha dari Baznas? Simak ulasannya berikut ini:

1. Membuat Surat

Langkah pertama dalam cara mendapatkan bantuan modal usaha dari Baznas, yakni membuat terlebih dahulu surat pengajuan. Ini lazim dilakukan pada setiap bentuk permohonan baik itu bantuan ataupun jenis permohonan yang lain. Buat surat untuk pengajuan semenarik mungkin agar yang akan memberi modal tertarik untuk mendanai pengajuan bantuan yang diajukan.

Usahakan bentuk usaha yang akan diajukan ini dapat bermanfaat bagi khalayak banyak. Contohnya seperti dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain, atau juga dapat membantu sesama dengan menyisihkan sebagian pendapatan. Dengan begitu manfaat modal yang diberikan baznas tidak menguntungkan satu pihak saja, namun juga berdampak pada lingkungan masyarakat.

2. Melakukan Perincian Modal

Setelah surat pengajuan dibuat, langkah selanjutnya adalah melakukan perincian modal. Pastikan modal yang diusulkan memiliki perhitungan yang matang dan tidak asal-asalan agar mendapat persetujuan dari pihak baznas. Ini mungkin bertujuan agar Baznas dapat melihat untuk apa saja modal tersebut akan dipergunakan.

Bukan hanya perincian modalnya saja, perlu juga disertakan asumsi atau bagaimana perhitungan keuntungan dari usaha yang akan dijalankan. Ini dilakukan untuk menilai apakah usaha tersebut layak atau tidaknya diberikan modal bantuan. Jika dirasa kurang menguntungkan bisa saja pengajuan bantuan dapat ditolak.

3. Mengumpulkan Persyaratan

Sebelum mengajukan permohonan melalui email, tidak bisa sembarangan orang yang dapat melakukannya. Hal ini karena adanya beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi untuk dapat memperoleh modal bantuan usaha tersebut:

  • Photocopy KTP daripada pemohon.
  • Photocopy KK pemohon.
  • Surat Permohonan.
  • File rincian modal yang akan diajukan.
  • Melampirkan SKTM yang didapatkan dari Kelurahan atau Desa
  • Foto usaha yang akan dijalankan atau sedang dilakoni
  • Nomor handphone aktif.
  • Foto Rekening dari Bank Pemerintah Misalnya BNI, BRI, dan Mandiri.
  • Semua File tersebut dijadikan kedalam bentuk PDF.
  • Pas Foto Pemohon ukuran 4 x 6.
Baca Juga:  Ingin Tahu Modal Jualan Tahu Crispy? Berikut Rinciannya

4. Kirimkan Email

Ketika semuanya sudah terkumpul dengan format yang telah ditentukan, selanjutnya hanya perlu mengirimkan persyaratan tersebut ke pihak Baznas melalui email. Caranya cukup mudah, agar file rapi sebaiknya disatukan dalam folder berbentuk zip saja. Kemudian, isi alamat yang dituju yaitu [email protected]

Isi semua kolom yang ada seperti subjek, dan isi email. Berilah kata pengantar dalam email tersebut sebelum melampirkan file-file yang dibutuhkan untuk proses pengajuannya. Pastikan menggunakan kata baku dan penulisan surat yang formal, formatnya bisa banyak ditemukan di Internet. Setelah selesai, kirimkan email tersebut dan tunggu hingga benar-benar terkirim.

5. Tunggu Hasil

Setelah selesai mengirimkan email kepada pihak baznas, nantinya email tersebut akan menerima balasan. Permohonan baru akan mendapatkan hasil disetujui atau tidaknya permohonan selama satu minggu atau kurang lebih 7 hari kerja. Waktu tersebut kemungkinan digunakan untuk mengkaji terlebih dahulu pengajuan yang dilakukan melalui email tersebut, sebelum akhirnya disetujui atau ditolak.

Itulah sedikit informasi mengenai cara mendapatkan bantuan modal usaha dari Baznas. Ini merupakan suatu langkah dari Baznas dalam memfasilitasi keinginan masyarakat supaya mendapatkan dana segar untuk menjalankan usahanya. Semoga adanya langkah tersebut dapat memajukan perekonomian negeri ini, membantu perekonomian rakyat, serta meningkatkan lapangan pekerjaan.

About Merry Rianna