Bagaimana Promosi Produk Kerajinan Berdasarkan Budaya Lokal

Bagaimana Promosi Produk Kerajinan Berdasarkan Budaya Lokal

Sekarang sudah jamannya internet. Segala sesuatu bisa kita pasarkan di internet. Termasuk juga mungkin produk kerajinan budaya lokal. Tapi Apakah anda tahu bagaimana pemasaran produk kerajinan berdasarkan budaya lokal tersebut?

Ya, salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk meningkatkan ekonomi di wilayah masyarakat lokal, itu bisa dengan membuat kerajinan. Kerajinan lebih bisa menjadi salah satu komoditas ekonomi yang bisa membantu kehidupan warga.

Bahkan beberapa masyarakat di wilayah tertentu yang masih memegang erat soal budaya, mereka menjadikan kerajinan sebagai cara mendapatkan uang. Apalagi jika wilayah tersebut menjadi daerah wisata budaya, tentu potensi kerajinan sangat menguntungkan.

Pemasaran Offline Terhambat Oleh Banyak Faktor

Pemasaran produk kerajinan budaya lokal ini juga sebetulnya bisa kita lakukan secara offline. Akan tetapi memang tentunya terhambat oleh beberapa faktor tertentu. Beberapa diantara faktor yang menghambat nya misalnya:

1. Pandemik

Akademi ini menjadi salah satu faktor yang menghambat penjualan produk kerajinan budaya lokal untuk beberapa wilayah wisata tertentu. Pasalnya memang sangat sedikit orang yang mau berwisata di era seperti ini.

Karena sedikitnya orang yang mau berwisata dan berkunjung ke wilayah lokal tersebut, maka tentukan dari hasil kerajinan juga tidak bisa diandalkan. Bahkan bisa dikatakan turun merosot jauh.

2. Keterbatasan biaya promosi langsung

Kalaupun misalnya mau melakukan promosi secara offline dengan membawa barang tersebut ke beberapa lokasi tertentu baik di daerah atau keluar kota, tentunya itu membutuhkan biaya yang lebih. Sementara kemampuan masyarakat di desa atau wilayah tersebut biasanya tidak begitu besar.

Oleh karenanya dibutuhkan informasi investor ataupun juga pihak yang mau memborong produk kerajinannya dan menjual kembali di beberapa tempat tertentu. Kalaupun misalnya PHK wilayah masyarakat mau melakukan itu, pasti butuh modal besar.

Baca Juga:  Posisi Tangan Saat Naik Turun Bangku

Internet, Solusi Pemasaran Produk Kerajinan Budaya Lokal

Nah salah satu solusi yang bisa dilakukan sebetulnya adalah dengan memasarkan produk tersebut melalui internet. Pemasaran produk kerajinan berbasis budaya lokal ini bisa jadi salah satu solusi untuk dilakukan.

Pasalnya memang enggak mempromosikan produk ataupun juga kerajinan secara online bisa sangat mudah dan juga hemat. Apa yang dibutuhkan hanya sekedar jaringan internet yang stabil sekaligus juga perangkat untuk memfoto produk yang akan dijual.

Adapun beberapa media yang kemudian bisa kita gunakan untuk menjual produk tersebut sangatlah banyak. Pangsa pasarnya juga sangat luas bukan hanya di wilayah tertentu, tapi juga bisa sampai beda negara.

1. Menjualnya melalui
marketplace

Salah satu syarat paling banyak dilakukan saat ini adalah menggunakan marketplace. Di Indonesia ada beberapa pilihan marketplace besar yang kita bisa andalkan untuk menjual beragam produk apapun termasuk produk lokal kerajinan.

Misalnya beberapa diantaranya kita bisa jualan di Tokopedia, lazada, bukalapak, shopee dan banyak lagi lainnya. Jadi kita tinggal buat akun di beberapa marketplace tersebut dan kemudian posting foto produk jualan kerajinan lokal tersebut.

2. Media sosial

Media selanjutnya yang kemudian juga bisa diandalkan adalah medsos. Berjualan melalui media sosial memang juga sangat efektif apalagi memang para pengguna media sosial di Indonesia sangat banyak sekali saat ini.

Beberapa pilihan medsos yang bisa digunakan misalnya ada Facebook, instagram, tikTok, dan banyak lagi lainnya. Kita bisa melakukan pembuatan fanspage toko online melalui Facebook, ataupun juga akun Instagram jualan, dan lain sebagainya.

3. Website via
search engine Google

Kemudian kita juga bisa menjaring para pembeli melalui search engine Google. Dalam hal ini, salah satu hal yang dibutuhkan tentu kita harus memiliki website. Kita harus membuat website terlebih dahulu dan kemudian memposting beberapa pilihan produk kerajinan yang kita jual.

Baca Juga:  Ahli Yang Berpendapat Bahwa Administrasi Sama Dengan Manajemen Adalah

Selanjutnya kita optimasi dengan menggunakan beberapa kata kunci yang sering dicari oleh para pengguna di mesin pencari Google. Setelah itu nanti ada harapan bahwa besok kita masuk halaman teratas dan banyak orang yang kemudian menemukan toko kita.

Jadi itu sebetulnya pilihan solusi yang bisa dilakukan mengenai jawaban atas pertanyaan bagaimana pemasaran produk kerajinan berdasarkan budaya lokal. Tentunya memang banyak hal lain juga yang bisa dilakukan untuk melakukan promosinya.

Bagaimana Promosi Produk Kerajinan Berdasarkan Budaya Lokal

Source: https://www.makeduit.com/2022/01/pemasaran-produk-kerajinan-budaya-lokal.html

About Merry Rianna