Bagaimana Cara Mengatasi Konflik Dengan Cara Toleransi

Bagaimana Cara Mengatasi Konflik Dengan Cara Toleransi.

Guys,
elo masih ingat nggak sih, adapun berita sendiri nini yang mencuri biji kemaluan kakao bersumber sebuah pertanaman? Yap, berita ini dulu sempat viral nih, karena sang nini dijatuhi hukuman 3 tahun pengasingan. Padahal, masih banyak upaya penyelesaian konflik sosial lainnya lho, selain menempuh kempang persidangan.

Sudahlah, sangkil-kira permasalahan segala sahaja ya, yang terjadi di Indonesia dan upaya apa saja yang dapat dilakukan bagi membereskan konflik sosial? Ayo, kita simak artikel ini!


Upaya Penyelesaian Konflik Sosial

Upaya penyelesaian konflik sosial (Lingkaran. Pixabay)


1. Mediasi

Selama ini, kita sering mendengar istilah mediasi, namun pernahkah kalian bertanya-soal apa itu mediasi dalam sosiologi?

Jadi, mediasi merupakan cara penuntasan konflik yang melibatkan bantuan pihak ketiga (bersifat netral) sebagai penengah (kasih anjuran).

Teoretis mediasi yakni ketika Prematur nan tertangkap basah mencuri kue di toko, tetapi beliau tidak dituntut makanya pemilik toko ke ranah syariat karena ditengahi oleh Selongsong Joko.


2. Arbitrase

Pengendalian konflik dengan prinsip arbitrase berfaedah menuntaskan konflik dengan bantuan pihak ketiga (bersifat netral) yang bertindak sebagai pemberi keputusan. Keputusan-keputusan yang dibuat disertai dengan perjanjian tertulis dari pihak nan berkonflik.

Lengkap arbitrase adalah ketika wasit menimbangi karcis merah untuk Rano pasca keributannya dengan Aldo. Di sini, penengah bertindak bak pihak ketiga nan netral. Selain itu, keputusan wasit lagi berperangai mutlak dan harus dipatuhi.


3. Adjudikasi

Adjudikasi yakni cara perampungan konflik melalui jalur majelis hukum (sidang). Acuan adjudikasi yakni ketika hakim memutuskan properti jaga anak diberikan kepada sang ulam-ulam setelah perceraian.

Baca Juga:  Cerita Dongeng Monyet Dan Kura Kura

Masih ingat apa saja nan menyebabkan konflik sosial? Jikalau mau
pelajarin
lagi, baca artikel berikut, ya:
Faktor Penyebab Konflik Sosial.


4. Kompromi

penyelesaian konflik kompromi
Dengan turut-menurut, konflik bisa mereda dengan berkurangnya tuntutan pecah kedua belah pihak (Kalangan. Pixabay)

Upaya penyelesaian konflik sosial lebih lanjut adalah dengan prinsip kompromi. Kompromi adalah bentuk penuntasan konflik dengan adanya upaya sendirisendiri pihak lakukan mengurangi permohonan.

Contoh kompromi adalah ketika Mia berkujut kecelakaan dengan Diana, terlampau mereka pun ubah menempuh. Namun, pada akhirnya mereka ganti mengikhlaskannya.


5. Konsiliasi

Konsiliasi adalah rajah penuntasan konflik dengan adanya upaya mempertemukan pihak yang berkonflik. Contoh konsiliasi adalah ketika Cangkang RT memanggil Budi dan Damar sehabis rebutan lahan parkir.


6. Koersi

penyelesaian konflik koersi adalah
Rencana penyelesaian konflik dengan bentakan bisa disebut dengan koersi (Limbung. Pixabay)

Koersi merupakan bentuk fasilitas dengan menunggangi gertakan, baik jasmani maupun kognitif seyogiannya pihak bukan bertindak sesuai yang diharapkan. Contoh koersi yaitu ketika petugas keamanan memperalat gas air indra penglihatan umpama upaya menghentikan demonstrasi yang ricuh.


7. Stalemate

Barang apa itu
stalemate? Stalemate
yakni keadaan di mana saat kedua belah pihak nan berkonflik punya kekuatan yang seimbang sehingga konflik terhenti pada titik tertentu. Contoh
stalemate
yakni berakhirnya Perang Dingin antara Amerika Maskapai vs Kakak Soviet, hingga konflik Korea Utara dan Korea Selatan.

Resolusi konflik termasuk dalam materi Konflik Sosial kelas 11. Untuk yang mau baca ulang artikel konsep dasar konflik sosial, klik link berikut:
Konotasi Konflik Sosial dan Teori Kekerasan.

cta banner donwload apps zenius

Download Tuntutan Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat pusparagam video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapanmu sekarang juga!

icon download playstore

icon download appstore

download aplikasi zenius app gallery


Contoh Soal Upaya Penyelesaian Konflik Sosial

1. Konflik dapat terjadi di masyarakat. Meski demikian, cara penyelesaian konflik enggak boleh dengan cara kekerasan. Yang tidak merupakan cara perampungan konflik di dalam publik adalah…

Baca Juga:  Orang Yang Antara Kebaikan Dan Keburukannya Seimbang Disebut

A. Stalemate

B. Mediasi

C. Konsiliasi

D. Koersi

E. Arbitrasi

Koersi merupakan penyelesaian konflik melangkaui proses-proses koersif atau paksaan, sehingga jawaban yang tepat adalah D. Koersi.

*****

Yeay, selesai sekali lagi nih, pembahasan kita mengenai cara penyelesaian konflik sosial.Masih kurang? Elo bisa nonton video pembahasan materi ini lewat penjelasan Zen Tutor yang seru. Caranya habis klik gambar di bawah ini, ya!

Belajar upaya penyelesaian konflik di Zenius

Tapi kalo elo ingin belajar lebih efektif lagi, yuk cobain langganan pak belajar Zenius Aktiva Sekolah. Manfaatnya lengkap banget, elo bisa dapetin akses ke ribuan video materi premium, ngerjain latihan soal dan tryout, proporsional berlatih sewaktu dengan Zen Tutor yang seru-seru. Elo silam klik gambar di bawah buat cek info lengkapnya, ya!

Upaya Penyelesaian Konflik Sosial - Materi Sosiologi Kelas 11 9

Originally Published:

January 12, 2022


Updated by:

Arum Kusuma Dewi

Bagaimana Cara Mengatasi Konflik Dengan Cara Toleransi

Source: https://www.zenius.net/blog/upaya-penyelesaian-konflik-sosial

Artikel Terkait