Apa Yang Membuat Kamu Tertarik Dengan Kedua Permainan Tradisional Tersebut

Apa Yang Membuat Kamu Tertarik Dengan Kedua Permainan Tradisional Tersebut

Benteng-bentengan






Benteng-bentengan atau Rerebonan adalah permainan yang dimainkan oleh dua kelompok penawan dan tertawan. Masing-masing kelompok terdiri atas empat sampai dengan delapan orang dan memiliki satu tempat sebagai markas. Markas atau ‘benteng’ bisa berupa sebuah tiang, pohon, atau pilar.

Gobak Sodor

Permainan Gobak Sodor atau Galah Asin atau Galasin dilakukan di lapangan. Arena bermainnya merupakan kotak persegi panjang dan dibagi menjadi beberapa bagian secara horizontal dan vertikal.

Tahukah Kamu?

Tahukah kamu bahwa untuk bermain Benteng-bentengan dan Gobak Sodor dengan baik diperlukan beberapa keterampilan, di antaranya jalan, lari, dan lompat? Perhatikan penjelasaan dan cara gurumu memperagakan teknik berjalan, berlari, dan melompat yang baik agar kamu dapat bermain dengan baik. Sekarang saatnya kamu bermain. Lakukan pemanasan terlebih dahulu dengan arahan dari guru.

Tuliskan pengalamanmu saat mencoba salah satu permainan tradisional. Diskusikan jawabanmu dengan jawaban teman sekelompokmu! 1. Apa yang membuat kamu tertarik dengan kedua permainan tradisional tersebut? Jelaskan.

2. Bagaimana aturan permainan tradisional tersebut?

Peraturan Permainan Benteng-Bentengan

Tujuan utama permainan adalah untuk menyerang dan mengambil alih ‘benteng’ lawan dengan menyentuh tiang yang telah dipilih oleh lawan dan meneriakkan kata benteng. Kemenangan juga bisa diraih dengan ‘menawan’ seluruh anggota lawan dengan menyentuh tubuh mereka. Tawanan biasanya ditempatkan di sekitar benteng musuh. Tawanan juga bisa dibebaskan bila rekannya dapat menyentuh dirinya. Dalam permainan ini, biasanya setiap anggota mempunyai tugas seperti ‘penyerang’, ‘mata-mata, ‘pengganggu’, dan ‘penjaga benteng’.

  • Permainan bentengan terdiri dari 2 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4-6 pemain.
  • Permainan bentengan dilakukan dengan menjaga benteng yang diwujudkan berbentuk tonggak tiang kayu atau bambu, dapat juga menggunakan pohon hidup. Tonggak dijadikan sebagai basecamp masing-masing kelompok.
  • Permain bentengan yang keluar dari basecamp dianggap menyerbu terlebih dahulu. Pemain ini apabila dikejar oleh musuh dan tersentuh tangan oleh musuh dianggap tertangkap. Pemain yang tertangkap ditempatkan tawanan
  • Peman ini dapat kembali mempertahankan bentengnya apabila telah diselamatkan temannya, dengan cara menyentuh tangan atau bagian tubuhnya.
  • Kelompok pemain dinyatakan mendapatkan nilai apabila dapat menyentuh basecamp musuh. Berakhirnya permainan ditentukan oleh kesepakatan para pemain. Kelompok yang kalah akan mendapatkan hukuman, yaitu mengendong kelompok yang menang dari benteng satu ke benteng lainnya, jumlah gendongan tergantung kesepakatan.
Baca Juga:  Yang Termasuk Kegiatan Manajemen Keuangan Adalah

Peraturan Permainan Gobak Sodor



Sebelum bermain perlu membuat garis-garis penjagaan dengan kapur tulis yang membentuk lapangan segi empat yang kemudian dibagi menjadi 6 bagian. Buatlah garis di tengah lapangan yang memotong keempat persegi panjang tersebut sebagai tempat atau jalan kapten (sodor). Selanjutnya, bagi siswa menjadi dua tim. Masing-masing terdiri dari 3-5 siswa. Satu tim akan menjadi tim “jaga” dan tim yang lain akan menjadi tim “lawan”. Penentuan tim jaga dan tim lawan biasanya dilakukan dengan ping sut oleh kapten dari masing-masing tim.

Anggota tim yang mendapat giliran “jaga” akan menjaga lapangan, yaitu di garis horizontal dan garis batas vertikal (kapten). Penjaga garis horizontal bertugas menghalangi lawan yang juga berusaha untuk melewati garis batas yang sudah ditentukan. Penjaga garis horizontal bisa bergerak ke kanan dan ke kiri, sedangkan penjaga garis batas vertikal adalah menjaga keseluruhan garis batas vertikal yang terletak di tengah lapangan dengan bergerak dari depan ke belakang atau sebaliknya.

Tim yang menjadi lawan, harus berusaha melewati baris pertama hingga baris paling belakang, kemudian kembali lagi melewati penjagaan lawan hingga sampai ke baris awal tanpa tersentuh oleh tim jaga.

  • Masing-masing pemain dari tim jaga harus bergerak di sepanjang garis melintang yang telah ditentukan. Jadi kakinya harus selalu menginjak garis tersebut.
  • Yang boleh melalui garis sodor hanyalah penjaga garis melintang pertama yang juga sebagai sodor.
  • Masing-masing pemain tim serang dari pangkalan harus berusaha melewati semua garis melintang. Jika salah satu pemain saja bisa kembali lagi ke pangkalan tanpa tersentuh tim jaga, maka tim serang menang.
  • Bila pemain tim jaga bisa menyentuh salah satu pemain tim serang, maka tim jaga menang. Lalu tim jaga berganti menjadi tim serang. Begitu seterusnya.
  • Jika satu petak terisi 2 atau lebih pemain, maka tim serang kalah, dan berganti jadi tim jaga.
Baca Juga:  Cara Mengetahui Orang Berbohong Melalui Mata

3. Bagaimana strategi kelompokmu untuk dapat memenangkan permainan itu?

4. Sikap apa yang sebaiknya kamu tunjukkan saat kelompokmu menang atau kalah dalam permainan?

5. Hal baik apa saja yang dapat kamu pelajari dari permainan itu?

Indonesia memiliki banyak permainan tradisional yang sangat menarik. Banyaknya jenis permainan tradisional ini menunjukkan keragaman budaya yang harus kita jaga. Selain memiliki permainan tradisional yang beragam, Indonesia juga memiliki musik tradisional yang beragam. Bunyi yang dihasilkan suatu benda berbeda-beda. Demikian pula dengan bunyi yang dihasilkan oleh alat musik tradisional.


Sumber:
:Buku Tematik Kelas 4 Tema 1 Revisi 2017

Apa yang membuat kamu tertarik dengan kedua permainan tradisional tersebut benteng-bentengan dan gobak sodor? Jelaskan! Pembahasankunci jawaban tema 1 kelas 4 halaman 35, tepatnya pada materi pembelajaran 3 subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku, buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal mengenai
Apa yang akan terjadi jika warga tidak mempunyai sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Permainan Tradisional Benteng-Bentengan

Benteng-bentengan atau Rerebonan adalah permainan yang dimainkan oleh dua kelompok penawan dan tertawan. Masing-masing kelompok terdiri atas empat sampai dengan delapan orang dan memiliki satu tempat sebagai markas. Markas atau ‘benteng’ bisa berupa sebuah tiang, pohon, atau pilar.

Permainan Tradisional Gobak Sodor

Permainan Gobak Sodor atau Galah Asin atau Galasin dilakukan di lapangan. Arena bermainnya merupakan kotak persegi panjang dan dibagi menjadi beberapa bagian secara horizontal dan vertikal.

Tahukah kamu bahwa untuk bermain Benteng-bentengan dan Gobak Sodor dengan baik diperlukan beberapa keterampilan, di antaranya jalan, lari, dan lompat?

Baca Juga:  Pada Masa Pemerintahan Orde Baru Demokrasi Yang Digunakan Adalah

Perhatikan penjelasaan dan cara gurumu memperagakan teknik berjalan, berlari, dan melompat yang baik agar kamu dapat bermain dengan baik. Sekarang saatnya kamu bermain. Lakukan pemanasan terlebih dahulu dengan arahan dari guru.

Ayo Berdiskusi!

Tuliskan pengalamanmu saat mencoba salah satu permainan tradisional. Diskusikan jawabanmu dengan jawaban teman sekelompokmu!

1. Apa yang membuat kamu tertarik dengan kedua permainan tradisional tersebut? Jelaskan!

Jawab:
Permainan tersebut sangat mudah dimainkan dan dapat melatih kerjasama tim.

Baca juga Pembahasan Soal Selanjutnya:

2. Bagaimana aturan permainan tradisional tersebut? Jawab: Aturan permainan benteng-bentengan dan gobak sodor : bukaDISINI

Demikian pembahasan singkat soal kelas 4 SD pada materi pembelajaran 3 tema 1 subtema 1 tentang
Permainan Tradisional Benteng-Bentengan dan Gobak Sodor. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, selamat belajar!

Ilustrasi Kunci jawaban Tema 1 Kelas 4 SD MI halaman 35 Subtema 1. /Pixabay / Mihail_fotodeti.

PortalJember.com
– Berikut ini kunci jawaban Tema 1 Kelas 4 SD MI halaman 35 Subtema 1 tentang Keberagaman Budaya Bangsaku.

Kunci jawaban Tema 1 Kelas 4 SD MI halaman 35 Subtema 1 ini ditulis untuk mempermudah pengerjaan soal-soal dalam Buku Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

Adapun pertanyaan pada Tema 1 Kelas 4 SD MI halaman 35 Subtema 1 ini yakni bagaimana aturan permainan tradisional tersebut?

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD MI Halaman 39 Subtema 1 tentang Tabel Percobaan Sifat Bunyi

Dilansir
PortalJember.com
dari alumnus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Malang, Ferawaty, S. Pd., berikut kunci jawaban Tema 1 Kelas 4 SD MI halaman 35 Subtema 1 Pembelajaran 3:

>

Kunci jawaban Tema 1 Kelas 4 SD MI halaman 35

AYO BERDISKUSI

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD Halaman 176, 177, 178, 179 Subtema 3 Bersyukur atas Keberagaman

Tuliskan pengalamanmu saat mencoba salah satu permainan tradisional. Diskusikan jawabanmu dengan jawaban teman sekelompokmu!

Apa Yang Membuat Kamu Tertarik Dengan Kedua Permainan Tradisional Tersebut

Source: https://apayangkamu.com/apa-yang-membuat-kamu-tertarik-dengan-kedua-permainan-tradisional

About Merry Rianna