Apa Yang Dimaksud Dengan Interior Kantor

Apa Yang Dimaksud Dengan Interior Kantor

Berikut adalah macam-macam interior kantor yang perlu Anda ketahui karena Anda akan menghabiskan antara 21-35% dari hidup Anda di tempat kerja atau kantor Anda.

Sebagai pemilik atau manajer bisnis, tanyakan pada diri sendiri. Anda ingin menghabiskan lebih dari seperlima hidup Anda di kantor yang seperti apa? Interior seperti apa yang Anda inginkan agar karyawan Anda merasa nyaman dan dapat bekerja lebih baik?

Memiliki perabot interior kantor yang tepat adalah cara yang bagus untuk membangun lingkungan kerja yang membuat seseorang merasa senang menghabiskan sebagian besar hidupnya di sana.

Baca Juga:

10 Alasan Mengapa Kursi Ergonomis Sangat Penting Di Kantor

Sebelum membahas lebih jauh macam-macam interior kantor dan jenis desainnya, ketahui terlebih dahulu apa definisi dari interior kantor.

Contents

  • Pengertian Interior Kantor
  • Macam-macam Interior Kantor yang Wajib Dimiliki
    • 1. Kursi Kerja
    • 2. Meja Kerja dan Meja Rapat
    • 3. Unit Penyimpanan
    • 4. Kursi dan Meja Tamu
  • Jenis Desain Interior Kantor
    • 1. Desain Interior Kantor Minimalis
    • 2. Desain Interior Kantor Homey
    • 3. Desain Interior Kantor Industri
    • 4. Desain Interior Kantor Bohemian
    • 5. Desain Interior Kantor Kontemporer
    • 6. Desain Interior Kantor Funky
    • 7. Desain Interior Kantor Victoria
    • 8. Desain Interior Kantor IT
  • Kesimpulan


Pengertian Interior Kantor

Interior kantor
merupakan segala jenis elemen (barang) yang berfungsi untuk menghias ruangan kantor, agar tercipta ruangan yang nyaman, enak dipandang, serasi, dan membuat hati senang.

Pada akhirnya interior kantor membuat Anda semangat untuk menyelesaikan pekerjaan.


Macam-macam Interior Kantor yang Wajib Dimiliki

Berikut adalah macam-macam interior kantor yang wajib dimiliki oleh kantor Anda:


1. Kursi Kerja

Interior Kantor Kursi Kerja

Mendapatkan kursi yang tepat di kantor Anda sangat penting. Anda akan menghabiskan banyak waktu di sini. Jika kursi Anda tidak nyaman, Anda tidak akan dapat bekerja secara efisien. Cari kursi yang ergonomis. Selain itu, kursi ini juga perlu memiliki tingkat kenyamanan yang tepat. Ini agar Anda tidak berakhir tidur di dalamnya saat bekerja.

Memiliki kursi kerja yang ergonomis dan nyaman adalah suatu kewajiban bagi sebuah kantor. Seseorang menghabiskan paling banyak waktunya di kursi kerjanya selama berada di kantor.

Jika kursi di kantor Anda tidak nyaman, kinerja dari orang-orang di kantor tersebut pun sudah pasti akan menurun. Maka dari itu, dapatkan kursi kerja yang ergonomis dan nyaman, Anda bisa melihat

pilihan kursi kerja ergonomis

dari Pexio ini.


2. Meja Kerja dan Meja Rapat

Meja Kerja dan Meja Rapat

Semua pekerjaan Anda akan dilakukan di meja kerja. Anda harus memilih meja kerja yang sempurna untuk kantor Anda. Meja kerja yang ideal biasanya adalah meja yang dapat disesuaikan ketinggiannya.

Baca Juga:  Review Susu Enfagrow 1 3 Tahun

Anda dapat memilih meja apa pun yang Anda inginkan. Namun, Anda harus mempertimbangkan kenyamanan, ukuran, dan desainnya. Meja kantor Anda harus memiliki ruang yang cukup agar Anda dapat bekerja dengan baik. Sangat mengesalkan jika Anda harus bekerja di lingkungan yang berantakan. Jadi, pastikan meja kantor yang Anda pilih ukurannya tepat, seperti

pilihan meja kerja perorangan

dari Pexio ini.

Selain meja perorangan seperti di atas, kantor Anda juga memerlukan meja besar yang bisa digunakan banyak orang sekaligus. Meja seperti ini bisa digunakan untuk
brainstorming
atau rapat internal, maupun rapat dengan klien.

Baca Juga:
7 Jenis Kursi Kantor dan Fungsinya


3. Unit Penyimpanan

Unit Penyimpanan Interior Kantor

Anda selalu membutuhkan ruang penyimpanan di kantor. Baik itu untuk file penting, kertas, atau alat tulis. Namun, Pastikan unit penyimpanan Anda tidak menempati banyak ruang di kantor Anda.

Penempatan objek yang strategis adalah kunci untuk membuat kantor Anda terlihat lebih profesional dan menarik. Anda dapat membeli berbagai jenis unit penyimpanan seperti rak buku atau rak laci yang dapat diperpanjang, dsb. Apa pun yang sesuai dengan gaya kantor Anda dan tidak menempati terlalu banyak area di kantor Anda adalah pilihan yang tepat.


4. Kursi dan Meja Tamu

Kursi dan Meja Tamu

Saat Anda memiliki pengunjung di kantor, Anda perlu mengatur tempat duduk yang tepat untuk mengakomodasi tamu-tamu ini. Hal yang dapat Anda lakukan ialah memilih kursi santai atau sofa yang nyaman jika ingin kasual.

Namun, jika Anda memiliki ruang yang cukup, pilih sofa seperti ottoman adalah pilihan yang tepat. Menaruh meja kopi di pinggir sofa atau di tengah-tengah kursi santai juga merupakan pilihan yang tepat, tamu Anda bisa saja membawa minuman atau makanan dan perlu menyimpannya di atas meja tersebut.

Baca juga:


7 Manfaat Ergonomi yang Besar untuk Furniture Ruang Kerja


Jenis Desain Interior Kantor

Setelah memahami apa itu interior kantor dan macam-macamnya, berikut ini adalah beberapa jenis desain interior kantor yang juga perlu Anda ketahui.

Jadi, jenis desain interior kantor apa saja yang dapat Anda jadikan inspirasi untuk ruang kantor Anda?


1. Desain Interior Kantor Minimalis

Desain Interior Kantor Minimalis

Pemanfaatan ruang yang maksimal membuat desain interior kantor minimalis sangat efektif. Sangat cocok untuk ruang kantor kecil yang Anda miliki.

Rak dan meja kerja dalam desain interior ini menempel di dinding. Berkas atau dokumen penting dapat Anda letakkan di rak, membuatnya menjadi terkesan lebih rapih dan menciptakan suasana yang nyaman.

Pada desain minimalis ini, Anda dapat menempatkan dua bola lampu yang memberikan warna kontras pada dinding berwarna cokelat.

Baca Juga:  Bagaimana Penggunaan Anggota Tubuh Dalam Permainan Sepak Bola

Anda juga dapat memilih
model kursi kerja minimalis
yang ergonomis untuk memberikan kenyamanan dan produktivitas selama Anda bekerja.


2. Desain Interior Kantor
Homey


Desain Kantor Homey

Seperti namanya, desain kantor ini ingin membuat Anda bekerja seakan-akan bekerja dari rumah. Interior kantor
homey
merupakan desain sempurna bagi Anda yang menginginkan situasi bekerja seperti di rumah.

Warna cerah dari dinding putih sederhana dipadukan dengan lantai kayu berwarna cokelat, memperlihatkan betapa desain ini memadukan kenyamanan rumah dan kantor.

Adapun meja kerja untuk desain yang satu ini dapat digunakan untuk berdua, efeknya dapat meningkatkan kerja sama (kolaborasi) untuk mencapai tujuan dalam bekerja.

Walaupun hanya berdua, namun bagi Anda penikmat kopi atau teh, meja tersebut masih memliki
space
untuk menempatkan secangkir kopi bahkan lampu tidur sekalipun.

Hal menarik lainnya, ada dua rak gantung dinding yang bisa menampung
tanaman hias
kecil beserta beberapa piala.

Baca juga:

4 Fungsi Interior Kantor yang Jarang Diketahui


3. Desain Interior Kantor Industri

Desain Kantor Industri

Konsep desain interior kantor industrial sangat cocok bagi Anda yang memiliki ruang kerja rustic (banyak terinspirasi dari alam).

Anda dapat menempatkan jendela besar di satu sisi dinding bata. Selain itu, 2 meja panjang pada desain ini dapat Anda satukan di tangah ruangan.

Terdapat rak yang dipasang di dinding untuk menampung buku dan dokumen dengan meja dan
kursi kantor ergonomis
di bawahnya, setidaknya untuk lima orang.

Ciri khas dari desain ini adalah memiliki langit-langit yang tinggi dan sangat cocok untuk menggantungkan lampu berwarna tembaga.


4. Desain Interior Kantor Bohemian

Desain Interior Kantor Bohemian

Gaya Bohemian atau Boho merupakan gaya dekorasi yang sangat
eye-catching. Bagi Anda yang menginginkan kantor penuh dengan berbagai garis dan warna menarik sehingga membuat terkesan orang yang melihatnya, desain interior bohemian layak Anda pertimbangkan.

Desain interior dengan gaya bohemian ini telah menjadi pilihan desain interior kantor yang bagus untuk menghidupkan suasana, semangat, dan penuh perhatian karena keunikannya.

Desain bohemian merupakan desain yang disenangi dan merupakan ciri khas kaum gipsy. Kaum gipsy adalah kaum yang tidak suka menetap di suatu tempat dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga:

6 Cara Menata Meja Kerja di Kantor agar Semakin Apik


5. Desain Interior Kantor Kontemporer

Desain Interior Kantor Kontemporer

Pilihan desain kontemporer untuk kantor telah menjadi trend akhir-akhir ini. Desain interior kantor kontemporer berfokus pada garis membulat dengan potongan
furniture
yang lembut.

Ciri khas dari desain interior kantor kontemporer adalah hanya menggunakan satu warna saja. Warna yang dipilih adalah warna-warna netral seperti abu-abu atau krem, atau monokrom seperti warna hitam dan putih.

Baca Juga:  Sebutkan Tahap Pengumpulan Data Pada Saat Akan Meresensi Buku

Adapun hal yang perlu diperhatikan jika menerapkan desain interior kontemporer yaitu pencahayaan, karena hal ini dapat memperkuat elemen desain interior yang ada. Sehingga
focal point
yang ada pada desain ini dapat terlihat lebih menarik.


6. Desain Interior Kantor
Funky


Desain Interior Kantor Funky

Konsep desain interior kantor selanjutnya adalah
funky.
Interior kantor yang funky dapat mendorong orang untuk bekerja secara efektif.

Meja PVC (PolyVinyl Chloride) ditempatkan di tengah bersama dengan
kursi kerja ergonomis
berwarna orange yang nyaman.

Terdapat dua bola lampu gantung berbentuk bohlam yang terbuat dari bambu tipis. Selain itu, ada dua buah lampu gantung berbentuk bohlam yang terbuat dari bambu tipis dengan lampu
built in
di langit-langitnya. Dinding di salah satu sisi ruangan berlatar belakang hitam dengan lingkaran warna-warni yang penuh dengan representasi seni modern, membuatnya menonjol dari desain lainnya.

Baca juga:


Ukuran Standar Meja dan Kursi Kerja yang Ideal


7. Desain Interior Kantor Victoria

Desain Interior Kantor Victoria

Desain interior selanjutnya adalah konsep yang mengadopsi gaya khas dari kerajaan Inggris. Meskipun tidak sepopuler desain interior kantor lainnya, desain ini memiliki nilai seni dan keunikan tersendiri.

Interior ini menonjolkan ruangan dengan pencahayaan baik yang berasal dari lampu atau lilin. Untuk memaksimalkan desain interior ini, warna yang bisa Anda terapkan adalah warna merah tua, hijau tua, dan emas.

Tambahkan karpet di atas lantai untuk menciptakan kesan elegan dan mewah pada ruangan kantor


8. Desain Interior Kantor IT

Desain Interior Kantor IT

Konsep desain interior kantor yang terakhir adalah interior kantor IT. Ini merupakan contoh sempurna dari desain interior ruang kantor, terutama untuk perusahaan berbasis digital (IT), yang memiliki banyak karyawan.

Konsepnya sederhana, ruang kantor Anda akan memiliki dinding berwarna putih dengan jendela kaca yang besar untuk menjaga aliran udara dan pencehayaan yang cukup.

Hal menarik ada pada mejanya. Sekat di antaranya dapat menempatkan dua orang di kedua sisi meja. Selain itu, dengan
kursi kerja nyaman
yang memiliki roda akan memudahkan pekerjaan karena para karyawan dapat langsung berkomunikasi dengan lebih leluasa.

Baca juga:

7 Rekomendasi Kursi Kerja Terbaik yang Aman untuk Tubuh


Kesimpulan

Itu tadi adalah macam-macam perabot interior yang wajib ada di kantor Anda. Jika Anda sedang mencari furnitur ergonomis, terutama


ergonomic chair

, untuk kantor maupun rumah Anda, Pexio adalah pilihan yang tepat. Kunjungi website kami

di sini

untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Apa Yang Dimaksud Dengan Interior Kantor

Source: https://pexio.co.id/en/blog/macam-macam-interior-kantor/

About Merry Rianna