Apa Akibatnya Kita Membakar Foto Seseorang

Apa Akibatnya Kita Membakar Foto Seseorang


Ketika hubungan bersama pasangan berakhir, ada baiknya tak menyimpan fotonya terus menerus. Ini bisa jadi salah satu cara move-on dari mantan. (Foto: Dimitrios Kambouris/Getty Images/AFP)

Jakarta, CNN Indonesia
— Pasca putus dengan Selena Gomez, penyanyi The Weeknd pun menghapus foto sang mantan dari Instagram pribadinya. Mungkin hal ini tak hanya dipraktikkan selebriti, mereka yang telah berpisah pun pasti enggan menyimpan foto mantan apalagi foto selfie mesra berdua.

Menurut Jesse Fox, asisten profesor di jurusan komunikasi Universitas Negeri Ohio, membersihkan kenangan digital memang cukup rumit.

“Bagian paling berat saat berada di media sosial dalam situasi ini ialah urusan anda jadi sangat publik selama kebanyakan orang memilih untuk menjaganya sebagai privasi. Apapun yang anda kerjakan akan dipelintir atau diinterpretasi orang secara berbeda,” katanya dikutip dari Cosmopolitan, (10/12).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Meski bakal mengundang komentar miring, tapi menghapus foto mantan di media sosial bisa menjadi langkah sehat dan lebih cepat untuk sembuh dari ‘sakit hati’. Berikut beberapa alasannya:

1. Simpan foto bikin stres

Menurut studi yang dilakukan Fox dan Robert S. Tokunaga, terus menatap mantan atau foto bersama mantan di media sosial dapat mengakibatkan stres berkepanjangan akibat perpisahan, perasaan negatif, hasrat seksual yang lebih besar, menjadi lebih menginginkan mantan dan perkembangan diri yang menurun.

Dari studi berjudul “Romantic Partner Monitoring After Breakups” ini, Fox berkata orang akan punya hasrat lebih besar untuk kembali bersama karena orang melihat saat-saat terbaik bersama mantan.

“Anda terjebak pada pemandangan berwarna merah jambu dari hubungan anda dulu, dan jika anda terus mengingatnya, ini akan menyulitkan anda untuk
move on,” ujarnya.

Baca Juga:  Aplikasi Edit Foto Malam Hari

2. Jadi ingat saat bersama

Hubungan yang sudah go public apalagi di media sosial memang membuat situasi jadi rumit. Saat putus, pasti banyak yang menyayangkannya.

“Anda mendapat penguatan secara sosial saat anda berada dalam suatu hubungan, begitu sering ada komentar atau ‘like’ dari teman, keluarga atau orang yang sama sekali tidak anda kenal sebelum bertemu mantan, hal itu bisa juga membuat stres setelah putus,” jelas Fox.

3. Dianggap belum ‘move on’

Saat menjalin hubungan dengan orang baru, ia bisa menganggap orang belum sepenuhnya melupakan mantan alias move on. Menurut Fox, ada bayang-bayang mantan saat orang menyimpan foto bersama, apalagi jika hal ini diketahui pasangan yang sekarang.

“Saya akan bertanya mengapa anda menyimpannya. Apa yang akan orang pikir saat mengetahui informasi ini?” ujarnya.

4. Jadi gampang sedih

Meski tak mengikuti Instagram mantan atau tak lagi berteman di Facebook, orang bakal terus ‘terikat’ pada kenangan bersama mantan saat ia juga ditandai atau dikaitkan di foto. Fox berkata saat diklik, orang akan kembali mengakses kenangan berdua, mungkin saat makan malam dan minum anggur berdua.

“Anda perlu install ulang aplikasi di ponsel, masuk lagi, mengingat password-nya, dan saat anda mengikuti semua proses, harapannya anda akan sedikit demi sedikit menyadari situasinya,” jelas Fox.

5. Masih bawa harapan

Jika mantan adalah orang yang penuh empati, ia akan mengerti kebutuhan emosional orang, Fox menyarankan untuk membicarakan hal ini dengan mantan, mungkin ada baiknya untuk tak berteman di media sosial untuk sementara waktu.

“Kemudian anda sudah berdamai dengan pengalaman anda dan tidak merenungi hubungan yang dulu, lalu anda dapat berhubungan dengannya lagi sebagai teman,” tambah Fox.

Baca Juga:  Apakah Yang Dimaksud Dengan Rumah Tangga

6. Tak sepenuhnya move-on

Sebenarnya, orang tak harus benar-benar menghapus foto-foto bersama mantan. Bisa juga dengan menyimpannya dalam hardisk atau CD, sehingga masih bisa dibuka kembali.

“Itu tidak berarti bahwa mereka harus benar-benar dihilangkan, anda hanya perlu mengeluarkan mereka dari penglihatan atau pemandangan anda sehari-hari jika anda ingin selesai dengan hubungan itu,” kata Fox.

Bukan keputusan bijak untuk menampilkan foto-foto lawas di media sosial apalagi jika punya kebiasaan mengecek atau membuka media sosial. Mulai sesuatu yang baru dengan kembali berkumpul bersama teman-teman yang mungkin lama tak dijumpai. Kenangan bersama mantan kadang hanya jadi penghalang untuk memulai hubungan baru, jadi lebih baik dimulai dengan menghapus atau jauhkan foto-foto bersama.
(rah/rah)




Apa Akibatnya Kita Membakar Foto Seseorang

Source: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20171211193037-282-261661/6-alasan-sebaiknya-tak-simpan-foto-bersama-mantan

About Merry Rianna